Nama Generik: Omalizumab Merek: Xolair.

Penggunaan

Untuk apa omalizumab?

Omalizumab adalah obat yang digunakan untuk mengobati asma sedang sampai berat, atau gatal-gatal yang sedang berlangsung dari penyebab yang tidak diketahui (kronis idiopatik urticaria-CIU) pada orang dewasa dan anak di atas usia 12 tahun. Obat ini bekerja menghalangi respon alami sistem imun Anda terhadap pemicu alergi yang dapat menyebabkan serangan asma akut atau gatal-gatal. Obat ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda (khususnya imunoglobulin E-IgE) dengan membantu menjaga saluran udara terbuka dan, seiring waktu, membantu mengontrol asma Anda dengan baik. Untuk CIU, omalizumab membantu mengurangi rasa gatal dan jumlah gatal-gatal pada kulit Anda.
Obat ini tidak bekerja dengan cepat dan tidak boleh digunakan untuk bantuan darurat untuk serangan asma akut.

Bagaimana cara penggunaan omalizumab?

Untuk pengobatan asma, obat ini disuntikkan di bawah kulit (subkutan-SC) oleh ahli kesehatan, biasanya setiap 2 atau 4 minggu seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Dosis didasarkan pada berat tubuh Anda dan tingkat darah dari antibodi IgE, serta kondisi medis Anda dan respon terhadap terapi. Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki perubahan yang signifikan dalam berat badan selama pengobatan. Dosis Anda mungkin perlu disesuaikan.

Untuk pengobatan CIU, obat ini disuntikkan di bawah kulit oleh seorang profesional kesehatan. Hal ini diberikan sebagaimana yang diarahkan oleh dokter, biasanya setiap 4 minggu. Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik. Untuk membantu Anda mengingat penggunaannya, gunakanlah pada hari yang sama dalam seminggu sesuai dengan jadwal Anda. Ini bisa memakan waktu hingga beberapa bulan penggunaan untuk melihat perbaikan dalam kondisi Anda.

Jangan menghentikan pengobatan asma atau CIU tanpa konsultasi dengan dokter Anda. Kondisi Anda mungkin dapat menjadi lebih buruk jika pengobatan asma atau CIU Anda tiba-tiba dihentikan. Setiap pengurangan obat (seperti kortikosteroid, antihistamin) harus dilakukan secara bertahap, di bawah pengawasan dokter.

Bagaimana cara penyimpanan omalizumab?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis omalizumab untuk orang dewasa?

Dosis untuk Asma (Terapi Perawatan) pada orang dewasa
150-300 mg subkutan setiap 4 minggu atau 225-375 mg setiap 2 minggu, tergantung pada kadar IgE sebelum perawatan dan berat pasien.

Bagaimana dosis omalizumab untuk anak-anak?

Dosis untuk Asma (Terapi Perawatan) pada anak-anak
Usia >12 tahun: 150-300 mg subkutan setiap 4 minggu atau 225-375 mg setiap 2 minggu, tergantung pada kadar IgE sebelum perawatan dan berat badan pasien.

Dalam dosis apakah omalizumab tersedia?

Injeksi, bubuk lyophilized untuk larutan: 202,5 mg (150 mg per 1,2 ml setelah pemulihan).

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena omalizumab?

Beberapa orang yang menggunakan omalizumab dilaporkan memiliki reaksi alergi parah yang mengancam nyawa terhadap obat ini, baik tepat setelah suntikan atau beberapa jam kemudian. Reaksi alergi dapat terjadi bahkan setelah menggunakan obat secara teratur selama satu tahun atau lebih.

Segera cari bantuan medis jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini:

  • suara mengi, sesak di dada, kesulitan bernapas
  • gatal-gatal atau ruam kulit
  • merasa cemas atau pusing, pingsan
  • kehangatan dan kesemutan di bawah kulit Anda; atau
  • pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan
  • efek samping yang serius lainnya termasuk mudah memar atau perdarahan, mati rasa, atau kelemahan yang tidak biasa.

Efek samping yang lebih ringan, termasuk:

  • nyeri
  • sakit kepala, perasaan lelah
  • nyeri otot atau sendi
  • pusing
  • sakit telinga
  • rambut rontok
  • gatal ringan atau ruam kulit
  • sakit tenggorokan atau gejala flu; atau
  • kemerahan, memar, kehangatan, terbakar, menyengat, gatal, nyeri, atau bengkak pada kulit Anda di mana injeksi diberikan

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan omalizumab?

Sebelum menerima injeksi Omalizumab,

  • beri tahu dokter dan apoteker Anda jika Anda alergi terhadap obat atau unsure yang terdapat dalam injeksi omalizumad. Tanyakan apoteker atau periksa Petunjuk Kesehatan untuk daftar komposisi dalam omalizumab.
  • beri tahu dokter anda dan apoteker obat resep dan nonresep apa, beserta vitamin, dan superemen nutrisi dan produk herbal yang Anda gunakan saat ini atau akan Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan salah satu hal berikut: suntikan alergi (serangkaian suntikan yang diberikan secara teratur untuk mencegah tubuh dari mengembangkan reaksi alergi terhadap zat-zat tertentu) dan obat-obatan yang menekan sistem kekebalan tubuh Anda. Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau mengawasi Anda dengan hati-hati untuk efek samping yang bisa terjadi
  • beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah menderita kanker
  • beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau sedang menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan injeksi omalizumab, hubungi dokter Anda.
  • diskusikan dengan dokter Anda seputar kemungkinan timbul risiko di mana Anda akan mempunyai cacing tambang, cacing gelang, cacing cambuk, atau infeksi cacing benang (infeksi cacing yang hidup di dalam tubuh). Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki jenis infeksi yang disebabkan oleh cacing. Jika Anda berisiko tinggi mendapatkan infeksi, menggunakan injeksi omalizumab dapat meningkatkan peluang terinfeksi. Dokter akan mengawasi Anda dengan hati-hati selama dan setelah perawatan.

Apakah omalizumab aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan omalizumab?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan omalizumab?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan omalizumab?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • serangan asma
  • bronkospasme (masalah pernapasan) akut
  • kondisi alergi lainnya (selain asma) – tidak boleh digunakan untuk pasien dengan kondisi ini
  • kanker, atau riwayat kanker
  • infeksi parasit – gunakan dengan hati-hati. Obat ini dapat memperburuk kondisi Anda

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, hubungi dokter anda sesegera mungkin.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan