Nama Generik: Moclobemide Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa moclobemide?

Moclobemide adalah obat yang sering diresepkan untuk penderita depresi atau kelainan kecemasan sosial, terutama bila perawatan lainnya tidak terbukti sukses.

Bagaimana cara penggunaan moclobemide?

Sebelum memulai pengobatan, bacalah pamflet informasi yang tercetak dari dalam kemasan dan informasi tambahan apapun yang diberikan. Pamflet ini akan memberikan lebih banyak informasi tentang moclobemide dan akan menyediakan daftar lengkap efek samping yang mungkin Anda alami setelah meminumnya.

Minum moclobemide tepat sesuai dengan saran dokter. Biasanya diresepkan dua dosis setiap hari. Anda mungkin disuruh minum satu atau dua tablet untuk setiap dosis. Ada dua kadar tablet yang tersedia – 150 mg dan 300 mg.

Minum moclobemide dengan makanan, atau setelah makan camilan.

Jika Anda lupa satu dosis, minumlah segera setelah Anda ingat (kalau bukan hampir waktunya untuk dosis selanjutny). Jangan minum dua dosis sekaligus untuk menggantikan dosis yang terlupakan.

Bagaimana cara penyimpanan moclobemide?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis moclobemide untuk orang dewasa?

Oral

Depresi

Dewasa: Awalnya, 300 mg per hari dalam dosis terpisah; tingkatkan sampai 600 mg per hari menurut respon pasien.

Perawatan: 150 mg per hari.

Kelainan hati: kurangi sampai ½ atau 1/3 dosis yang disarankan.

Oral

Social anxiety disorder

Dewasa: awalnya, 300 mg per hari; tingkatkan sampai 600 mg per hari dalam 2 dosis terpisah setelah 3 hari. Lanjutkan sampai 8-12 minggu.

Kelainan hati: kurangi sampai ½ atau 1/3 dosis yang disarankan.

Bagaimana dosis moclobemide untuk anak-anak?

Dosis untuk anak-anak belum dipastikan. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah moclobemide tersedia?

Tablet, oral: 150 mg, 300 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena moclobemide?

Obat ini mungkin awalnya menyebabkan pusing, gugup, sakit kepala ringan, sulit tidur dan mual karena tubuh menyesuaikan diri dengan obat.

Efek samping lainnya yang dilaporkan termasuk berkeringat, kehilangan nafsu makan, mulut kering, cemas, atau penglihatan buram.

Bila efek ini berlanjut atau mengganggu, beritahu dokter.

Untuk menghindari pusing dan perasaan hendak pingsan ketika bangkit dari posisi duduk atau berbaring, bangun secara perlahan.

Beri tahu dokter jika Anda mengalami detak jantung cepat/tidak teratur, sakit perut, dada sesak, sakit kepala mendadak dan parah, leher kaku, kebingungan, disorientasi, berbicara dengan tidak jelas, perubahan kebiasaan, demam, dan ruam.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda ingin tahu tentang efek samping, konsultasikan kepada dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan moclobemide?

Sebelum menggunakannya, beritahu dokter dan apoteker jika:

  • Anda hamil, berencana hamil atau menyusui.
  • Anda memiliki masalah tiroid.
  • Kerja hati bermasalah.
  • Anda mengidap kelainan bipolar atau terutama merasa mudah marah atau bingung.
  • Anda diberitahu memiliki tumor di kelenjar adrenal, disebut phaeochromocytoma.
  • Anda pernah memiliki reaksi alergi obat.
  • Anda sedang minum obat lainnya, termasuk obat tanpa resep seperti obat herbal dan tradisional.

Apakah moclobemide aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan moclobemide?

Interaksi obat mungkin mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Dokumen ini tidak terdiri dari semua interaksi obat yang mungkin terjadi. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/tanpa resep dan produk herbal) dan berikan kepada dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

Obat ini tidak boleh digunakan bersamaan dengan obat berikut karena interaksi yang sangat serius mungkin terjadi: apraclonidine, brimonidine, bethanidine, bupropion, buspirone, carbamazepine, dextromethorphan, entacapone, produk herbal (misalnya ma huang), indoramin, meperidine, papaverine, sibutramine, antidepresan SSRI (misalnya fluoxetine, citalopram), sympathomimetic (misalnya methylphenidate, ephedrine), tolcapone, antidepresan tricyclic (misalnya amitriptyline, doxepin), “triptan” (misalnya sumatriptan, zolmitriptan). Bila Anda sedang menggunakan obat di atas, beritahu dokter atau apoteker sebelum memulai moclobemide.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter tentang semua obat yang Anda gunakan (baik resep maupun tanpa resep), terutama: levodopa, insulin, dan obat diabetes oral, penghambat MAO lainnya (contoh: furazolidone, linezolid, phenelzine, tranylcypromine), sedatif, pil tidur, obat tekanan darah. Jangan memulai atau menghentikan obat tanpa persetujuan dokter atau apoteker.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan moclobemide?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan ahli penyedia layanan kesehatan profesional tentang penggunaan obat Anda bersama makanan, alkohol, atau rokok.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan moclobemide?

Adanya masalah medis lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • Hipertensi—mungkin memperparah kondisi
  • Penyakit hati—efek mungkin meningkat karena pembuangan obat dari dalam tubuh yang lebih lambat

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis untuk menggantikan dosis yang terlewatkan.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan