Nama Generik: Insulin Glargine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa insulin glargine?

Insulin glargine adalah obat yang umumnya digunakan dengan pola diet yang tepat dan program latihan fisik untuk mengontrol kadar gula darah. Obat ini diperuntukan bagi pasien diabetes tipe 1 (ketergantungan dengan insulin) dan pasien diabetes tipe 2. Obat ini merupakan obat buatan manusia yang bentuknya mirip dengan insulin manusia. Obat ini bekerja lebih cepat dan tidak bertahan lama seperti insulin biasa.

 

Insulin merupakan zat alami yang memungkinkan tubuh untuk menggunakan gula dalam pola makan harian Anda. Obat ini menggantikan insulin tubuh Anda yang tidak lagi diproduksi, sehingga dapat menurunkan gula darah Anda. Mengontrol tingginya gula darah dapat membantu mencegah kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, kehilangan anggota tubuh, dan masalah fungsi seksual. Kontrol diabetes yang tepat juga dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Bagaimana cara penggunaan insulin glargine?

Ikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan mengenai penggunaan/penyuntikan/penyimpanan beberapa alat/obat yang Anda gunakan. Perawat akan memberitahukan cara yang benar untuk menyuntikkan obat ini.  Jika ada petunjuk dan informasi yang kurang jelas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

 

Jangan suntikkan obat ini dalam keadaan dingin karena akan terasa sakit. Tempat untuk menaruh obat ini harus berada atau disimpan pada suhu ruangan (lihat aturan penyimpanan). Cuci tangan Anda sebelum menakar dan menyuntikkan obat ini. Sebelum melakukan pengobatan, periksalah produk Anda untuk melihat apakah ada zat asing atau perubahan warna. Jika salah satu dari dua hal tersebut ada, jangan gunakan obat ini. Obat ini seharusnya bening dan tidak berwarna. Untuk menghindari kerusakan obat, jangan kocok botol penyimpanan obat ini.

 

Dosis obat ini dapat ditentukan berdasarkan kondisi kesehatan Anda dan respon tubuh terhadap pengobatan. Takarlah dosis dengan hati-hati karena perubahan dosis sedikit saja dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda. Jika Anda menggunakan cartridge atau alat lainnya dalam penyuntikan obat, hadapkan layar penunjuk ke arah atas agar Anda dapat melihat dengan jelas, jika Anda mengarahkan layar penunjuk ke bawah, ada kemungkinan Anda salah menakar jumlah suntikan obat. Tanya apoteker Anda jika Anda kurang yakin tentang penggunaan alat.

 

Sebelum memulai pengobatan, pastikan alat suntik bersih dan kering. Suntikkan obat di kulit area perut, lengan atas, atau paha sekali sehari atau sesuai saran dokter Anda. Jangan suntikan obat ini di area pembuluh darah atau otot. Ganti jarum suntik setiap Anda selesai agar mengurangi luka di bawah area kulit dan untuk menghindari masalah di bawah kulit yang mungkin timbul.

 

Gunakan obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Anda dapat menyuntikkan obat ini sekali saja dalam sehari dan bisa dilakukan kapan saja (misalnya sebelum sarapan atau sebelum tidur). Perlu diingat, Anda harus menyuntikkan obat ini di waktu yang sama setiap hari. Ikuti dengan saksama semua rencana perawatan, rencana asupan makanan, dan rencana olahraga fisik yang sudah disarankan dokter Anda.

 

Jangan campur obat ini dengan insulin lain, kecuali jika Anda menggunakan pompa insulin.

 

Rutin pantau kadar gula darah Anda. Hal ini sangat penting untuk dokter dapat menentukan dosis insulin yang benar. Beri tahu dokter Anda jika level gula darah Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah, sehingga dokter Anda dapat mengubah dosis obat.

 

Jika Anda menakar dosis menggunakan botol kecil, jangan gunakan jarum atau suntikan tersebut lagi. Jika Anda menggunakan catridge atau ampul, pastikan untuk mengganti jarumnya setiap kali selesai. Konsultasikan dengan apoteker jika Anda perlu informasi lain.

 

Bagaimana cara penyimpanan insulin glargine?

Simpan botol obat yang belum dibuka di dalam kulkas. Jangan biarkan sampai beku; dan jangan pernah gunakan obat yang beku lalu dicairkan. Obat yang belum dibuka dan disimpan di dalam kulkas dapat tahan sampai tanggal kedaluwarsa yang tercantum di kemasan.

 

Jika Anda tidak sedang memiliki kulkas/pendingin (misalnya saat sedang liburan), simpan botol, catridge, dan ampul dalam suhu ruangan dan jauhkan dari sinar matahari langsung maupun panas tinggi. Botol, cartridge, dan ampul yang tidak disimpan dalam kulkas dapat digunakan selama 28 hari dan setelah itu harus dibuang. Ampul yang sudah dibuka dapat disimpan dalam suhu ruangan hingga 28 hari setelah pemakaian pertama. Buang obat yang sudah terpapar cuaca panas atau dingin.

 

Masing-masing merek memiliki cara penyimpanan yang berbeda. Periksa kotak untuk melihat petunjuk penyimpanan atau tanyalah apoteker Anda. Jauhkan obat Anda dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan.

 

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis insulin glargine untuk orang dewasa?

Dosis umum dewasa untuk Diabetes Tipe 1

 

Total kebutuhan insulin sehari-hari:

Dosis awal: injeksi subkutan 0,5 – 0,8 unit/kg/hari

Fase remisi: injeksi subkutan 0,2 – 0,5 unit/kg/hari

Terapi dosis terpisah: injeksi subkutan 0,5 – 1,2 unit/kg/hari

Resistensi insulin: injeksi subkutan 0,7 – 2,5 unit/kg/hari

 

Dosis umum dewasa untuk Diabetes Tipe 2

 

Dosis awal, monoterapi: injeksi subkutan 0,5 – 1,5 unit/kg/hari

Dosis perawatan, monoterapi: Jumlah kebutuhan insulin setiap hari dapat bertambah hingga 2,5 unit/kg atau lebih tinggi pada pasien obesitas dan resistensi insulin.

Bagaimana dosis insulin glargine untuk anak-anak?

Dosis umum anak untuk Diabetes Tipe 1

 

>6 tahun

 

Dosis awal: injeksi subkutan 0,5 – 0,8 unit/kg/hari

Fase remisi: injeksi subkutan 0,2 – 0,5 unit/kg/hari

Dosis terapi terpisah: injeksi subkutan 0,5-1,2 unit/kg/hari

Remaja selama puncak pertumbuhan: injeksi subkutan 0,8-1,5 unit/kg/hari

 

Dosis umum anak untuk Diabetes Tipe 2

 

Dosis awal, monoterapi: injeksi subkutan 0,5 – 1,5 unit/kg/hari

Dosis perawatan, monoterapi: Jumlah kebutuhan insulin setiap hari dapat bertambah hingga 2,5 unit/kg atau lebih tinggi pada pasien obesitas dan resistensi insulin.

 

Dalam dosis apakah insulin glargine tersedia?

Injeksi, subkutan: 100 unit / mL.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena insulin glargine?

Efek samping meliputi rasa sakit, kemerahan, pembengkakan, atau gatal-gatal setelah penyuntikan. Efek samping ini mungkin hilang setelah beberapa hari atau minggu. Jika efek samping memburuk, hubungi dokter atau apoteker Anda.

 

Ingatlah bahwa dokter Anda telah memberikan resep obat karena ia telah menilai bahwa manfaatnya lebih besar daripada risiko atau efek samping. Kebanyakan orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

 

Terlalu banyak insulin dapat menyebabkan gula darah rendah (hipoglikemia). Hal ini juga dapat terjadi jika Anda tidak mengonsumsi kalori yang cukup. Gejala-gejala yang muncul termasuk menggigil, berkeringat dingin, penglihatan kabur, pusing, mengantuk, gemetar, detak jantung cepat, lemah, sakit kepala, pingsan, kesemutan tangan / kaki, atau kelaparan. Biasakan untuk membawa tablet glukosa (gula) untuk mengobati gula darah rendah. Jika Anda tidak memiliki bentuk glukosa tersebut, Anda dapat dengan cepat meningkatkan gula darah dengan makan makana yang mengandung gula seperti gula pasir, madu, permen, atau jus buah atau soda non-diet. Beri tahu dokter Anda segera tentang reaksi yang Anda dapat. Untuk membantu mencegah gula darah rendah, makanlah dengan jadwal teratur dan jangan melewatkan makan.

 

Terlalu sedikit insulin dapat menyebabkan gula darah tinggi (hiperglikemia). Gejala gula darah tinggi termasuk haus,sering buang air kecil, kebingungan, mengantuk, wajah memerah, napas cepat, atau bau napas seperti bau buah. Jika gejala ini terjadi, segera beri tahu dokter Anda. Rencana pengobatan Anda mungkin perlu diubah.

 

Obat ini dapat menyebabkan kadar kalium rendah dalam darah (hipokalemia). beri tahu dokter Anda segera jika kemungkinan ada efek samping tidak serius yang muncul: kram otot, kelelahan, denyut jantung tidak teratur.

 

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, carilah bantuan medis segera jika Anda mengalami salah satu reaksi alergi yang serius berikut: ruam, gatal/bengkak (terutama wajah/lidah/tenggorokan), pusing berat, kesulitan bernapas.

 

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan insulin glargine?

Sebelum memulai pengobatan, Anda sebaiknya:

 

  • beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap insulin (Humulin, Novolin, lainnya), salah satu bahan dari obat ini, atau terhadap obat lain. Tanyakan apoteker atau periksa brosur informasi pasien untuk melihat daftar komposisi produk

 

  • beri tahu dokter dan apoteker mengenai obat dengan resep atau tanpa resep apa saja yang Anda minum beserta vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda sedang atau ingin minum. Pastikan untuk menyebutkan obat-obatan berikut:  obat antivirus AIDS; inhibitor angiotensin-converting enzyme (ACE inhibitor) seperti benazepril (Lotensin), captopril (Capoten), enalapril (Vasotec), fosinopril (Monopril), lisinopril (Prinivil, Zestril), moexipril (Univasc), perindopril (Aceon), quinapril ( Accupril), ramipril (Altace), dan Trandolapril (Mavik); beta-blocker seperti atenolol (Tenormin), labetalol (Normodyne), metoprolol (Lopressor, Toprol XL), nadolol (Corgard), dan propranolol (Inderal); obat penurun kolesterol tertentu seperti fenofibrate (Antara, Lofibra, TriCor, Triglide), gemfibrozil (Lopid), dan niasin (Niacor, Niaspan, di Advicor); clonidine (Catapres, Catapres-TTS, di Clorpres); danazol; Disopiramid (Norpace); diuretik ( ‘pil air’); fluoxetine (Prozac, Sarafem, di Symbyax); glukagon; terapi penggantian hormon; isoniazid (INH, Nydrazid); lithium (Eskalith, Lithobid); obat untuk asma dan pilek; obat untuk penyakit mental dan mual; monoamine oxidase (MAO) inhibitor, termasuk isocarboxazid (Marplan), phenelzine (Nardil), selegiline (Eldepryl) dan tranylcypromine (Parnate); octreotide (Sandostatin); kontrasepsi oral (pil KB); obat oral untuk diabetes; steroid oral seperti deksametason (Decadron, Dexone), methylprednisolone (Medrol), dan prednison (Deltasone); pentamidin (NebuPent, Pentam); pentoxifylline (Trental); pramlintide (Symlin); reserpin; penghilang salisilat nyeri seperti aspirin, kolin magnesium trisalicylate (TRICOSAL, Trilisate), kolin salisilat (Arthropan), diflunisal (Dolobid), magnesium salisilat (Doan ini, orang lain), dan salsalat (Argesic, Disalcid, Salgesic); somatropin (Nutropin, Serostim, orang lain); sulfa antibiotik; sulfinpyrazone (Anturane); dan obat tiroid. Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau mengamati kondisi Anda selama terapi untuk menghindari efek samping

 

  • beri tahu dokter Anda jika Anda sedang atau pernah mengalami kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes; gagal jantung; atau jika Anda memiliki kondisi kesehatan lainnya, termasuk jantung, ginjal, atau penyakit hati

 

  • hubungi dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk menjadi hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan obat ini, hubungi dokter Anda

 

  • jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda sedang menggunakan obat ini

 

  • alkohol dapat menyebabkan perubahan dalam gula darah. Tanyakan kepada dokter Anda tentang penggunaan yang aman jika Anda minum minuman beralkohol saat Anda menggunakan insulin glargine

 

  • tanya dokter Anda apa yang harus dilakukan jika Anda sakit, mengalami stres yang tidak biasa, atau mengubah pola diet, olahraga, atau jadwal kegiatan Anda. Perubahan ini dapat mempengaruhi jadwal pemberian dosis dan jumlah insulin Anda

 

  • tanya dokter Anda tentang seberapa sering Anda harus memeriksa gula darah Anda. Pahami bahwa hipoglikemia dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas seperti mengemudi. Serta minta dokter Anda jika Anda perlu memeriksa gula darah Anda sebelum mengemudi atau mengoperasikan mesin

Apakah insulin glargine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini adalah kategori risiko kehamilan C menurut Food and Drug Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:
• A = tidak ada risiko
• B = tidak ada risiko dalam beberapa studi
• C = mungkin ada beberapa risiko
• D = bukti positif dari risiko
• X = kontraindikasi
• N = tidak diketahui

 

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan insulin glargine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

 

  • Balofloxacin
  • Besifloxacin
  • Ciprofloxacin
  • Dulaglutide
  • Enoxacin
  • Fleroxacin
  • Flumequine
  • Gatifloxacin
  • Gemifloxacin
  • Levofloxacin
  • Lomefloxacin
  • Metreleptin
  • Moxifloxacin
  • Nadifloxacin
  • Norfloxacin
  • Ofloxacin
  • Pazufloxacin
  • Pefloxacin
  • Prulifloxacin
  • Rufloxacin
  • Sparfloxacin
  • Tosufloxacin

 

Penggunaan obat ini bersamaan dengan salah satu obat-obatan berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping, tetapi jika Anda menggunakan kedua oba secara bersamaan, mungkin dapat  memberikan hasil terbaik untuk Anda. Jika kedua obat diresepkan bersamaan, maka dokter Anda dapat mengubah dosis salah satu atau kedua obat Anda.

 

  • Iproniazid
  • Isocarboxazid
  • Linezolid
  • Methylene Blue
  • Moclobemide
  • Nialamide
  • Phenelzine
  • Procarbazine
  • Rasagiline
  • Selegiline
  • Tranylcypromine

 

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan insulin glargine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan insulin glargine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • guncangan emosi

 

  • infeksi atau penyakit lainnya

 

  • stress (misalnya, fisik atau emosional) – dapat meningkatkan gula darah dan dapat meningkatkan jumlah insulin aspart yang Anda butuhkan

 

  • penyakit ginjal

 

  • penyakit hati –efek samping dari obat ini dapat meningkat, karena proses pembersihan sisa obat dari tubuh lebih lambat

 

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Overdosis dapat terjadi jika Anda terlalu banyak menggunakan obat ini, atau jika Anda menggunakan obat ini dalam jumlah yang tepat namun Anda makan lebih sedikit atau tidak berolahraga. Overdosis obat ini dapat mengakibatkan hipoglikemia. Jika Anda mengalami gejala hipoglikimia, ikuti perintah yang dokter Anda berikan. Gejala overdosis lainnya adalah sebagai berikut:

  • hilang kesadaran
  • kejang

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Sebelum Anda memulai pengobatan, tanya pada dokter Anda apa yang harus dilakukan jika Anda melupakan satu dosis. Tulis semua instruksinya sehingga Anda dapat merujuk kepada dokter Anda nanti.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan