Nama Generik: Flumazenil Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Flumazenil digunakan?

Flumazenil adalah obat untuk meredakan rasa kantuk, sensasi teler, dan efek lain yang disebabkan oleh benzodiazepin.

Flumazenil merupakan antagonis benzodiazepin. Obat ini bekerja dengan menghalangi reseptor di otak dan sistem saraf pusat dari aktivasi benzodiazepin sehingga membantu mengurangi rasa kantuk dan efek bius.

Bagaimana aturan pakai obat Flumazenil?

Gunakan flumazenil seperti yang diarahkan oleh dokter. Periksa label obat untuk instruksi dosis yang tepat.

Flumazenil biasanya diberikan sebagai suntikan oleh dokter di praktik dokter, rumah sakit, atau klinik. Jika Anda menggunakan flumazenil di rumah, ikuti prosedur injeksi yang diajarkan kepada Anda oleh penyedia layanan kesehatan Anda dengan hati-hati.

Jangan menggunakan flumazenil jika obat ini mengandung partikel asing atau berubah warna, atau jika botol retak atau rusak dengan alasan apapun.

Jika flumazenil tidak sengaja mengenai kulit Anda, cucilah segera dengan sabun dan air.

Jauhkan produk, serta suntik dan jarum suntik obat ini, dari jangkauan anak-anak dan dari hewan peliharaan. Jangan menggunakan kembali suntikan, jarum suntik, atau bahan lainnya. Buang dengan benar setelah digunakan. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk menjelaskan peraturan  untuk pembuangan peralatan medis yang benar.

Jika Anda melewatkan dosis flumazenil, segera hubungi dokter Anda.

Tanyakan dokter Anda setiap pertanyaan yang Anda miliki tentang bagaimana menggunakan flumazenil.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Flumazenil?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Flumazenil?

Sebelum menggunakan Flumazenil, beri tahu dokter jika:

  • Anda alergi untuk setiap bahan dalam flumazenil atau benzodiazepin (misalnya, alprazolam)
  • Anda telah diberikan benzodiazepin untuk mengontrol kondisi yang berpotensi mengancam jiwa (misalnya, peningkatan tekanan di kepala, kejang)
  • Anda mengalami efek samping akibat overdosis obat yang digunakan untuk mengobati depresi

Apakah obat Flumazenil aman bagi ibu hamil dan menyusui?

  • Kehamilan

Flumazenil telah dimasukan ke kategori kehamilan C oleh FDA. Penelitian pada hewan telah gagal mengungkapkan bukti efek teratogenik. Peningkatan kematian embrio telah dilaporkan pada kelinci yang diobati dengan dosis lebih besar dari 60 kali dosis manusia maksimum yang disarankan. Tidak ada data dalam kehamilan manusia. Flumazenil hanya direkomendasikan untuk digunakan selama kehamilan ketika manfaat melampaui risiko. Penggunaan flumazenil selama persalinan dan melahirkan tidak dianjurkan.

  • Menyusui:

Tidak ada data pada ekskresi flumazenil ke dalam susu manusia. Produsen merekomendasikan untuk hati-hati  saat pemberian flumazenil untuk wanita menyusui.

Efek Samping

Apa efek samping Flumazenil yang mungkin terjadi?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini: mual, muntah, berkeringat, gatal-gatal, gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan, atau merasa seperti Anda akan pingsan.

Hentikan menggunakan Flumazenil dan hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping yang serius berikut ini:

  • Kejang
  • Pernapasan lemah atau dangkal
  • Terus mengantuk selama lebih dari 2 jam setelah menerima flumazenil
  • Kebingungan, ketakutan, serangan panik
  • Detak jantung cepat atau tidak rata

Efek samping yang kurang serius termasuk:

  • Rasa sakit atau iritasi di mana obat disuntikkan
  • Agitasi atau tremor (gemetar)
  • Kehangatan, kemerahan, atau geli di bawah kulit Anda
  • Pusing
  • Berkeringat atau menggigil
  • Sakit kepala
  • Penglihatan kabur
  • Telinga berdenging

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Flumazenil?

Beberapa OBAT MUNGKIN BERINTERAKSI dengan flumazenil. Namun, tidak ada interaksi tertentu dengan flumazenil yang diketahui saat ini.

Daftar ini mungkin bukan daftar lengkap dari semua interaksi yang mungkin terjadi. Tanyakan dokter Anda jika flumazenil dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain yang Anda gunakan. Periksalah dengan dokter Anda sebelum Anda mulai, berhenti, atau mengubah dosis obat apapun.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Flumazenil?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Flumazenil?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti:

  • Jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui
  • Jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep (terutama benzodiazepin), herbal, atau suplemen makanan
  • Jika Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan, makanan, atau zat lain
  • Jika Anda memiliki riwayat kejang, gangguan panik, gangguan hati, penyalahgunaan alkohol atau penyalahgunaan zat lain, atau Anda memiliki cedera kepala baru-baru ini

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Flumazenil untuk dewasa?

Dosis Dewasa Biasa untuk Melawan Efek Sedasi

Dosis awal: 0,2 mg IV satu kali selama 15 detik.

Dosis ulangan: 0,2 mg dapat diulang setiap menit sampai tingkat yang  kesadaran diinginkan dicapai. Total dosis maksimum 1 mg. Kebanyakan pasien menerima dosis 0,6-1 mg.

Dosis resedasi: 0,2 mg setiap menit hingga total 1 mg/dosis dan 3 mg/jam.

Dosis Dewasa Biasa untuk  Overdosis Benzodiazepine

Dosis awal: 0,2 mg IV satu kali selama 30 detik.

Dosis ulangan: 0,5 mg dapat diulang setiap menit. Total dosis maksimum 3 mg. Sebagian pasien yang menerima dosis 3 mg mungkin menerima dosis tambahan hingga 5 mg. Kebanyakan pasien menerima dosis 1-3 mg.

Dosis resedasi: 0,5 mg setiap 20 menit untuk total 1 mg/dosis dan 3 mg/jam.

Berapa dosis obat Flumazenil untuk anak-anak?

Dosis Anak-anak Biasa untuk Pembalikan Sedasi

IV:

Bayi dan Anak-anak: Penawar benzodiazepine bila digunakan dalam sedasi sadar atau anestesi umum:

Dosis awal: 0,01 mg/kg (dosis maksimum: 0,2 mg) diberikan selama 15 detik; dapat diulang 0,01 mg/kg (maksimum dosis: 0,2 mg) setelah 45 detik, dan kemudian setiap menit dengan total dosis kumulatif maksimum 0,05 mg/kg atau 1 mg, dipilih yang yang lebih rendah; Dosis total yang umum digunakan: 0,08-1 mg (rata-rata: 0.65 mg)

Pengelolaan overdosis benzodiazepine: informasi yang  tersedia minim;

Dosis awal: 0,01 mg/kg (maksimum dosis: 0,2 mg) dengan dosis berulang dari 0,01 mg/kg (maksimum dosis: 0,2 mg) diberikan setiap menit dengan total dosis kumulatif maksimum 1 mg; sebagai alternatif untuk dosis bolus ulangan, infus kontinyu 0,005-0,01 mg/kg/jam dapat digunakan; studi lebih lanjut diperlukan.

Dosis Anak-anak biasa untuk Overdosis Benzodiazepine

1-17 tahun:

Dosis awal: 0,01 mg/kg IV lebih dari 15 detik.

Dosis ulangan: 0,01 mg/kg diberikan selama 15 detik; dapat diulangi 0,01 mg/kg setelah 45 detik, kemudian setiap menit dengan total dosis kumulatif maksimum 0,05 mg/kg. Infus IV kontinyu: 0,005-0,01 mg/kg/hr digunakan dalam kondisi prematur (usia kehamilan: 32 minggu) yang terkena dosis tinggi diazepam intrapartum.

Mioklonus diinduksi benzodiazepine:

IV:

0,078 mg / kg efektif pada neonatus tunggal jangka penuh  yang menerima infus midazolam menerus.

Dalam dosis dan sediaan apa Flumazenil tersedia?

Larutan, intravena: 0,5 mg / 5 mL (5 mL), 1 mg / 10 ml (10 ml)

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 28, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan