Flecainide obat apa?

Oleh

Nama Generik: Flecainide Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa flecainide?

Obat ini digunakan untuk mengobati beberapa jenis serius (mungkin fatal) dari denyut jantung tidak teratur (seperti takikardia ventrikel gigih dan takikardia supraventricular paroxysmal). Obat ini digunakan untuk mengembalikan irama jantung normal dan mempertahankan detak jantung tetap stabil. Obat ini juga digunakan untuk mencegah beberapa jenis denyut jantung tidak teratur (seperti atrial fibrilasi). Flecainide dikenal sebagai obat anti-aritmia. Ia bekerja dengan menghalangi sinyal-sinyal listrik tertentu pada jantung yang dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur. Mengobati detak jantung yang tidak teratur dapat menurunkan risiko pembekuan darah, dan efek ini dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Orang dewasa yang lebih tua harus mendiskusikan risiko dan manfaat dari obat ini dengan dokter mereka atau apoteker, serta pengobatan yang efektif dan mungkin lebih aman lainnya.

Bagaimana cara penggunaan flecainide?

Minum obat ini dengan mulut dengan atau tanpa makanan, biasanya dua kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Dosis didasarkan pada fungsi Anda usia, ginjal dan hati, kondisi medis, obat-obatan lain yang mungkin menggunakan, dan respon terhadap pengobatan.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat optimal. Perlu Anda ingat untuk mengonsumsi obat pada waktu yang sama setiap hari.

Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak memperbaiki atau jika memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan flecainide?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis flecainide untuk orang dewasa?

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Ventricular Tachycardia

Dosis awal: 100 mg diminum setiap 12 jam.

Dosis perawatan: Dapat ditingkatkan dengan penambahan tawaran 50 mg setiap 4 hari sampai khasiat dicapai. Kebanyakan pasien dengan VT TERUS MENERUS tidak memerlukan lebih dari 150 mg setiap 12 jam (300 mg / hari), dan dosis maksimum yang disarankan adalah 400 mg / hari.

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Atrial Fibrilasi

Dosis awal: 50 mg per oral setiap 12 jam.

Dosis pemeliharaan: Dapat ditingkatkan dengan penambahan tawaran 50 mg setiap 4 hari sampai khasiat dicapai.

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Atrial Flutter

Dosis awal: 50 mg sekali minum setiap 12 jam.

Dosis pemeliharaan: Dapat ditingkatkan dengan penambahan tawaran 50 mg setiap 4 hari sampai khasiat dicapai.

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Wolff-Parkinson-White Syndrome

Dosis awal: 50 mg per oral setiap 12 jam.

Dosis pemeliharaan: Dapat ditingkatkan dengan penambahan tawaran 50 mg setiap 4 hari sampai khasiat dicapai.

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Paroxysmal Supraventricular Tachycardia

Dosis awal: 50 mg per oral setiap 12 jam.

Dosis pemeliharaan: Dapat ditingkatkan dengan penambahan tawaran 50 mg setiap 4 hari sampai khasiat dicapai.

Bagaimana dosis flecainide untuk anak-anak?

Dosis Normal untuk Anak-anak Penderita Supraventrikel Takikardia

Kurang dari 1 bulan:

Takikardia supraventricular: Data yang tersedia terbatas: Awal: 2 mg / kg / hari secara oral dibagi setiap 12 jam; titrasi untuk respon klinis, konsentrasi serum monitor; berarti dosis yang diperlukan untuk menekan SVT: 3.35 Â ± 1,35 mg / kg / hari di 17 neonatus (n = 20 neonatus dirawat; berarti PNA: 11,5 hari; berarti GA: 36,8 minggu; berarti berat lahir: 2,8 kg); Penelitian tidak melaporkan konsentrasi serum yang dihasilkan.

1 bulan atau lebih tua:

Awal: 1 sampai 3 mg / kg / hari secara oral atau 50 sampai 100 mg / m2 / hari secara oral terbagi dalam 3 dosis; biasa: 3 sampai 6 mg / kg / hari atau 100 sampai 150 mg / m2 / hari terbagi dalam 3 dosis; hingga 8 mg / kg / hari atau 200 mg / m2 / hari untuk pasien yang tidak terkontrol dengan tingkat subterapeutik; dosis yang lebih tinggi telah dilaporkan, namun mereka mungkin berhubungan dengan peningkatan risiko proarrhythmias; tinjauan literatur dunia melaporkan dosis efektif rata-rata menjadi 4 mg / kg / hari atau 140 mg / m2 / hari.

Dalam dosis apakah flecainide tersedia?

Tablet, Oral, sebagai asetat: 50 mg, 100 mg, 150 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena flecainide?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda  dari reaksi alergi berikut: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • detak jantung lambat, denyut nadi lemah, pingsan, napas lambat (pernapasan mungkin berhenti)
  • pusing, pingsan, detak jantung cepat atau berdebar
  • perasaan sesak napas
  • pembengkakan, kenaikan berat badan yang cepat
  • kalium rendah (kebingungan, denyut jantung tidak merata, rasa haus yang ekstrem, peningkatan buang air kecil, rasa tidak nyaman kaki, kelemahan otot atau perasaan lemas)
  • kalium tinggi (detak jantung lambat, denyut nadi lemah, kelemahan otot, kesemutan)
  • kulit pucat, mudah memar atau perdarahan, kelemahan yang tidak biasa
  • sakit kuning (menguningnya kulit atau mata)

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • pusing
  • tremor atau gemetaran
  • sakit kepala
  • kecemasan  atau depresi
  • masalah penglihatan
  • mual, muntah, sakit perut
  • diare, sembelit
  • mati rasa atau kesemutan

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan flecainide?

Sebelum menggunakan Flecainide,

  • beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap Flecainide atau obat lain
  • beri tahu dokter dan apoteker apa resep dan obat nonresep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau rencana gunakan. Pastikan untuk menyebutkan salah satu hal berikut: acetazolamide (Diamox); amiodarone (Cordarone, Pacerone); amonium klorida; antasida; beta blockers seperti atenolol (Tenormin), labetalol (Trandate), metoprolol (Lopressor, Toprol XL), nadolol (Corgard), dan propranolol (Inderal); carbamazepine (Carbatrol, Tegretol); cimetidine (Tagamet); clozapine (Clozaril); dichlorphenamide; digoxin (Lanoxin); diltiazem (Cardizem, Tiazac); Disopiramid (Norpace); methazolamide; nifedipine (Adalat, Procardia); fenitoin (Dilantin); fenobarbital; quinidine; natrium bikarbonat (baking soda, Citrocarbonate, Soda Mint); dan verapamil (Calan, Verelan). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau monitor Anda dengan hati-hati untuk efek samping.
  • beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki blok jantung (kondisi di mana sinyal listrik tidak lulus biasanya dari ruang atas jantung ke ruang bawah). Dokter Anda mungkin mengatakan kepada Anda untuk tidak menggunakan Flecainide.
  • beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki alat pacu jantung (perangkat yang ditempatkan di bawah kulit untuk mengontrol detak jantung tidak teratur) dan jika Anda memiliki atau pernah mengalami serangan jantung, gagal jantung, atau jenis penyakit jantung; kadar kalium dalam darah rendah atau tinggi; atau penyakit hati atau ginjal. Juga beri tahu dokter Anda jika Anda mengikuti diet vegetarian ketat.
  • beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, merencanakan, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan Flecainide, hubungi dokter Anda.
  • jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beritahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda menggunakan Flecainide.
  • jika Anda memberikan obat ini pada bayi, pastikan untuk berbicara dengan dokter jika akan ada perubahan besar dalam jumlah susu bayi. Susu dapat mempengaruhi bagaimana obat diserap dalam tubuh.

Apakah flecainide aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Studi pada wanita menunjukkan bahwa obat ini menimbulkan risiko minimal untuk bayi ketika digunakan selama menyusui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan flecainide?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan berikut tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti beberapa obat yang sudah Anda konsumsi.

  • antasida
  • antiaritmia
  • beta adrenergik blocking agent
  • depresan sumsum tulang
  • inhibitor anhydrase karbonat
  • cimetidine
  • persiapan digitalis
  • disopiramid doxepin (topikal)
  • inhibitor Enzim
  • nicardipne
  • paroxetine
  • sodium bikarbonat
  • verapamil

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan flecainide?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Hindari mengonsumsi susu maupun produk susu saat Anda sedang dalam pengobatan Flecainide.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan flecainide?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • AV blok (jenis irama jantung yang abnormal), tanpa alat pacu jantung
  • Bundle branch block (masalah irama jantung), tanpa alat pacu jantung
  • syok kardiogenik (shock yang disebabkan oleh serangan jantung)
  • fibrilasi atrium kronis
  • serangan jantung – sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini.
  • gagal jantung kongestif (berat)
  • penyakit jantung (misalnya, kardiomiopati)
  • sindrom sick sinus (jenis irama jantung yang abnormal) – gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • ketidakseimbangan elektrolit  (misalnya, kalium tinggi atau rendah dalam darah) – harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.
  • penyakit ginjal  
  • penyakit hati – gunakan dengan hati-hati. Efek dapat meningkat karena penghapusan obat dari tubuh lebih lambat.
  • jika Anda memiliki alat pacu permanen – gunakan dengan hati-hati. Flecainide dapat mengganggu alat pacu jantung dan memerlukan kewaspadaan atau  tindak lanjut oleh dokter

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis mungkin meliputi:

  • mual
  • muntah
  • kejang
  • detak jantung tidak teratur, lambat, atau cepat
  • hilangnya kesadaran
  • kematian mendadak

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca