Emtricitabine obat apa?

Oleh

Nama Generik: Emtricitabine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa emtricitabine?

Obat ini umumnya digunakan bersamaan dengan obat-obatan HIV lainnya untuk membantu menangani penyakit HIV. Obat ini membantu Anda untuk mengurangi jumlah virus HIV dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan lebih baik. Dengan obat ini yang bekerja menurunkan jumlah virus HIV dalam tubuh maka dampaknya pun akan menurunkan risiko Anda untuk terkena komplikasi HIV (seperti infeksi dan kanker) serta dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Obat ini tergolong kelas obat yang dikenal dengan nucleoside reverse transcriptase inhibitor-NRTI.

Tapi perlu diingat bahwa obat ini bukanlah obat untuk infeksi HIV. Untuk mengurangi risiko penyebaran HIV kepada orang lain, coba lakukan hal berikut: (1) Lanjutkanlah menggunakan semua obat HIV persis seperti yang disarankan oleh dokter Anda, (2) selalu menggunakan metode penghalang yang efektif (lateks atau poliuretan kondom/dental dam) selama Anda melakukan aktivitas seksual, dan (3) tidak meminjamkan barang pribadi seperti jarum/jarum suntik, sikat gigi, dan pisau cukur yang mungkin telah terkontaminasi darah atau cairan tubuh lainnya. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk informasi lebih jelasnya.

KEGUNAAN LAIN: Bagian ini memuat penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang sudah disetujui, namun mungkin saja diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum di bawah hanya jika sudah diresepkan oleh dokter dan ahli kesehatan Anda.

Obat ini juga dapat digunakan sebagai kombinasi obat HIV lain yang bisa mengurangi risiko terkena infeksi HIV setelah Anda kontak dengan virus HIV. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih jelasnya.

Bagaimana cara penggunaan emtricitabine?

Anda dapat mengonsumsi obat ini sebelum atau setelah makan atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jika Anda menggunakan obat berbentuk cairan, berhati-hatilah saat Anda mengukur dosis, pastikan Anda menggunakan alat pengukur khusus/sendok. Jangan gunakan sendok makan biasa untuk mengurangi risiko salah takar.

Pemberian dosis didasarkan pada kondisi medis dan respon Anda terhadap pengobatan. Pada anak-anak, dosis didasarkan pada berat badan. Jangan ganti obat Anda dari cairan ke kapsul.

Obat ini bekerja paling baik bila jumlah obat dalam tubuh Anda disimpan pada tingkat yang konstan. Oleh karena itu, mengambil obat ini pada waktu yang sama setiap hari.

Sangat penting untuk terus minum obat ini (dan obat HIV lain) persis seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Jangan melewatkan dosis apapun. Refill obat Anda sebelum Anda kehabisan.
Jangan menggunakan obat ini terlalu sedikit atau melebihi dosis yang disarankan atau jangan berhenti mengambil obat ini (atau obat-obatan HIV lainnya) bahkan untuk waktu yang singkat kecuali jika Anda disarankan oleh dokter Anda. Melewatkan atau mengubah dosis tanpa persetujuan dari dokter dapat menyebabkan peningkatan jumlah virus, membuat infeksi lebih sulit untuk diobati (jadi kebal), atau efek samping yag lebih buruk.

Bagaimana cara penyimpanan emtricitabine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis emtricitabine untuk orang dewasa?

Dosis dewasa untuk infeksi HIV

Kapsul: 200 mg diminum sekali sehari

Larutan: 240 mg (24 mg) diminum sekali sehari

Indikasi yang disetujui: Dalam kombinasi dengan obat ARV lain, untuk pengobatan infeksi HIV-1

Bagaimana dosis emtricitabine untuk anak-anak?

Dosis anak untuk infeksi HIV

Larutan oral:

0-3 bulan: 3 mg / kg diminum sekali sehari

3 bulan sampai 17 tahun: 6 mg / kg diminum sekali sehari

Dosis maksimum: 240 mg (24 mL)

Kapsul:

3 bulan sampai 17 tahun, berat Anak lebih dari 33 kg, dan mampu menelan kapsul utuh: 200 mg diminum sekali sehari
Indikasi yang disetujui: kombinasi dengan ARV lain, untuk pengobatan infeksi HIV-1

Dalam dosis apakah emtricitabine tersedia?

Kapsul, diminum: 200 mg

Larutan, diminum: 10 mg / mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena emtricitabine?

Efek samping yang sering terjadi termasuk kesemutan/mati rasa, mual, lemas, mengantuk, atau pusing.

Hentikan penggunaan obat ini dan cari bantuan medis jika Anda mengalami tanda-tanda dari reaksi alergi seperti gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Obat ini dapat menyebabkan asidosis laktat (penumpukan asam laktat dalam tubuh) yang bisa berakibat fatal. Asidosis laktat muncul perlahan-lahan dan akan memburuk dari waktu ke waktu. Cari bantuan medis jika Anda mengalami gejala asidosis laktat ringan, seperti:

  • nyeri otot atau lemas
  • mati rasa atau rasa dingin di lengan dan kaki
  • kesulitan bernapas
  • merasa pusing, pusing, lelah, atau sangat lemah
  • perut sakit, mual dengan muntah
  • detak jantung tidak teratur

Hentikan penggunaan obat ini dan cari bantuan medis jika Anda mengalami efek samping serius berikut:

  • tanda-tanda infeksi seperti demam, menggigil, sakit tenggorokan, gejala flu, mudah memar atau perdarahan yang tidak biasa, kehilangan nafsu makan, mulut luka
  • mual, nyeri perut bagian atas, gatal-gatal, kehilangan nafsu makan, urin gelap, tinja berwarna tanah liat, sakit kuning
  • berkeringat banyak, tangan Anda gemetar, cemas, perasaan mudah marah, masalah tidur (insomnia)
  • diare, turun berat badan tanpa sebab, perubahan menstruasi, impotensi, kehilangan minat pada seks
  • pembengkakan di leher atau tenggorokan (pembesaran tiroid)
  • perasaan menusuk di jari tangan atau kaki
  • masalah saat berjalan, bernapas, berbicara, menelan, atau gerakan mata
  • nyeri punggung bawah yang parah, kehilangan kontrol kandung kemih atau usus.

Efek samping ringan seperti:

  • sakit kepala, pusing
  • diare ringan, mual ringan, sakit perut
  • bekas gelap di kulit pada telapak tangan atau telapak tangan
  • mimpi aneh
  • batuk, pilek
  • ruam kulit ringan
  • perubahan bentuk tempat lemak tubuh (terutama di lengan, kaki, wajah, leher, dada, dan batang).

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan emtricitabine?

Sebelum memulai pengobataman, Anda sebaiknya menghubungi dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap emtricitabine, salah satu bahan dari obat ini, atau terhadap obat lain.

Beri tahu dokter dan apoteker mengenai obat dengan resep atau tanpa resep apa saja yang Anda minum beserta vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda sedang atau ingin minum.

Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki kondisi yang disebutkan dalam bagian PERINGATAN PENTING, jenis infeksi yang tidak benar-benar hilang atau yang bisa kambuh seperti tuberkulosis (TBC) atau sitomegalovirus (CMV; infeksi virus yang dapat menyebabkan gejala pada pasien dengan sistem kekebalan yang lemah) atau penyakit ginjal.

Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, sedang dalam proses hamil, atau saat menyusui. Jangan menyusui saat meminum obat ini. Jika Anda hamil sewaktu meminum obat, hubungi dokter Anda.

Lemak tubuh Anda dapat meningkat atau pindah ke daerah yang berbeda dari tubuh Anda seperti payudara dan punggung atas.

Apakah emtricitabine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan emtricitabine?

Meskipun ada obat-obat tertentu yang tidak boleh digunakan bersama-sama dengan obat ini, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis, atau melakukan tindakan pencegahan lainnya yang mungkin diperlukan.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan emtricitabine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan emtricitabine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • infeksi virus Hepatitis B (HBV) Sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini. Anda atau anak Anda mungkin mendapatkan obat ini untuk mengobati infeksi HIV bahkan jika Anda juga memiliki infeksi virus hepatitis B. Dokter Anda akan memantau Anda dengan ketat selama beberapa bulan setelah Anda berhenti minum emtricitabine
  • penyakit ginjal. Gunakan dengan hati-hati. Efeknya dapat meningkat karena pengeluaran obat dari tubuh lebih lambat.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca