Trimetrexate Obat Apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Trimetrexate Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Trimetrexate digunakan?

Trimetrexate adalah obat untuk mengobati pneumonia carinii Pneumocystis (PCP) sedang sampai parah pada pasien dengan sistem kekebalan tubuh lemah, termasuk orang-orang dengan AIDS yang tidak mampu dirawat dengan pengobatan yang standar. Penggunaan Trimetrexate dikombinasikan dengan leucovorin.

Trimetrexate merupakan agen anti infeksi. Obat ini bekerja dengan menghambat DNA, RNA, dan sintesis protein, menyebabkan kematian sel.

Bagaimana aturan pakai obat Trimetrexate?

Gunakan Trimetrexate seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Periksa label pada obat untuk instruksi dosis yang tepat.

Trimetrexate biasanya diberikan sebagai suntikan di tempat praktik dokter, rumah sakit, atau klinik. Jika Anda menggunakan Trimetrexate di rumah, ikuti prosedur injeksi yang diajarkan kepada Anda oleh penyedia layanan kesehatan Anda dengan hati-hati.

Trimetrexate tidak boleh diberikan pada waktu yang sama dengan fluorouracil. Dosis harus dipisahkan seperti yang diarahkan.

Jika Trimetrexate mengandung partikel atau berubah warna, atau jika botol retak atau rusak dengan kondisi apapun, jangan menggunakannya.

Trimetrexate harus digunakan dengan leucovorin, sebagai perlindungan terhadap reaksi yang serius atau yang mengancam jiwa. Pengobatan dengan leucovorin harus diperpanjang hingga 72 jam setelah dosis terakhir Trimetrexate. Gunakan semua dosis leukovorin seperti yang diarahkan. Jika Anda tidak menggunakan dosis yang tepat dan semua dosis leucovorin, dapat menyebabkan keracunan fatal.

Jauhkan produk ini, serta jarum dan suntikan, dari jangkauan anak-anak dan jauh dari hewan peliharaan. Jangan menggunakan kembali jarum, suntikan, atau bahan lainnya. Buang dengan benar setelah digunakan. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk menjelaskan peraturan untuk pembuangan obat ini.

Jika Anda melewatkan dosis Trimetrexate, segera hubungi dokter Anda.

Tanyakan dokter Anda setiap pertanyaan yang Anda miliki tentang bagaimana menggunakan Trimetrexate.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Trimetrexate?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Trimetrexate?

Beberapa kondisi medis dapat berinteraksi dengan Trimetrexate. Beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki kondisi medis, terutama jika salah satu dari kondisi berikut terjadi pada Anda:

  • Jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui
  • Jika Anda menggunakan obat resep atau obat nonresep,  herbal, atau suplemen makanan
  • Jika Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan, makanan, atau zat lain

 Apakah obat Trimetrexate aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D menurut US Food and Drugs Administration (FDA). (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Trimetrexate yang mungkin terjadi?

Semua obat dapat menyebabkan efek samping, tetapi banyak orang tidak mengalaminya, atau sedikit efek samping. Periksakan dengan dokter Anda jika salah satu dari efek samping yang paling UMUM ini menerus atau menjadi mengganggu:

  • Kebingungan; kelelahan

Dapatkan bantuan medis segera jika salah satu dari efek samping berat ini terjadi:

  • Reaksi alergi parah (ruam; gatal-gatal, kesulitan bernafas, sesak di dada, pembengkakan mulut, wajah, bibir, atau lidah); panas dingin; jumlah sel darah berkurang; demam; gatal; mual; luka di mulut; gejala infeksi baru; memar yang tidak biasa atau perdarahan; kelelahan yang tidak biasa atau kelemahan; muntah; perubahan warna kuning pada kulit atau mata

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Trimetrexate?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sekaligus, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin dapat mengubah dosis atau melakukan tindakan pencegahan lainnya mungkin diperlukan. Beritahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep lainnya yang beredar di pasaran.

Beberapa OBAT MUNGKIN BERINTERAKSI dengan Trimetrexate. Beritahu dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, terutama salah satu dari obat berikut:

  • Cisplatin, kortikosteroid (misalnya prednisone), siklosporin, etretinate, NSAID (misalnya, ibuprofen), penisilin (misalnya, amoksisilin), pristinamycin, probenesid, kuinolon (misalnya, ciprofloxacin), salisilat (misalnya, aspirin), sulfonamid (misalnya sulfametoksazol ), tetrasiklin (misalnya, doxycycline), atau trimethoprim karena tindakan dan efek samping dari Trimetrexate dapat ditingkatkan, mungkin menyebabkan toksisitas
  • Digoxin atau hydantoins (misalnya fenitoin) karena efektivitas obat-obatan ini mungkin akan menurun.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Trimetrexate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Trimetrexate?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti:

  • Penekanan sumsum tulang
  • Kelainan darah
  • Masalah ginjal atau hati

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Trimetrexate untuk dewasa?

Rekomendasi dosis Trimetrexate dari dokter akan didasarkan pada hal-hal berikut (salah satu atau semuanya berlaku):

  • Kondisi yang sedang diobati
  • Kondisi medis lain yang Anda miliki
  • Obat lain yang Anda gunakan
  • Bagaimana Anda merespon obat ini
  • Berat badan Anda
  • Tinggi Anda
  • Usia Anda
  • Jenis kelamin Anda

Berapa dosis obat Trimetrexate untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum diketahui pada pasien anak-anak (kurang dari 18 tahun).

Dalam dosis dan sediaan apa Trimetrexate tersedia?

Bubuk untuk injeksi 5 mL, 30 mL

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca