Terpin Hydrate

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Terpin Hydrate digunakan?

Terpin hydrate adalah obat untuk mengencerkan dahak. Kodein akan mengurangi batuk. Kombinasi pengobatan ini dapat digunakan untuk mengontrol batuk yang berkaitan dengan flu atau penyakit pernapasan lainnya.

Bagaimana aturan pakai obat Terpin Hydrate?

Konsumsi obat ini melalui mulut seperti yang disarankan. Pastikan Anda mengikuti instruksi secara benar. Jangan meningkatkan dosis Anda atau mengkonsumsi obat ini lebih banyak dari yang disarankan. Penggunaan jangka panjang atau berlebihan dari pengobatan ini dapat menimbulkan ketergantungan. Pengobatan ini paling baik dikonsumsi dengan segelas air setelah makan atau camilan.

Bagaimana cara menyimpan Terpin Hydrate?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Terpin Hydrate?

Beri tahu dokter Anda apabila Anda memiliki: masalah paru-paru (asma, emphysema), depresi, masalah dengan konstipasi, sejarah ketergantungan obat, alergi (terutama pada obat nyeri narkotik atau alkohol). Peringatan termasuk pemberitahuan bahwa obat ini menyebabkan kantuk. Pengobatan ini seharusnya digunakan jika diperlukan selama kehamilan. Diskusikan risiko dan keuntungannya dengan dokter Anda. Karena ada sedikit kandungan obat yang ditemukan pada ASI, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Apakah obat Terpin Hydrate aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Terpin Hydrate yang mungkin terjadi?

Kantuk, pusing, kehilangan nafsu makan, mual atau sakit perut dapat terjadi. Jika efek samping terus berlanjut atau semakin mengganggu, beritahu dokter anda. Untuk menghindari pusing saat bangun dari posisi duduk atau berbaring, bangunlah secara perlahan. Peringatkan dokter Anda jika mengalami: denyut nadi lemah, kebingungan mental, perubahan suasana hati, ruam kulit, masalah pernapasan. Jika Anda mengira ada efek samping lain yang tidak ada di daftar, kontak dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Terpin Hydrate?

Walaupun beberapa obat tidak seharusnya digunakan bersamaan sekaligus, pada kasus lain 2 jenis obat yang berbeda mungkin dapat digunakan bersamaan walaupun ada kemungkinan terjadi interaksi. Pada kasus ini, dokter Anda mungkin akan mengubah dosis, atau resep lain yang diperlukan. Beri tahu dokter Anda jika Anda menggunakan obat resep atau non resep.

Beri tahukan dokter Anda tentang semua obat yang Anda konsumsi termasuk: antidepresan, sedatif, penenang, obat tidur, cimetidine. Pengobatan ini mengandung alkohol. Hindari konsumsi minuman beralkohol ketika akan mengonsumsi obat ini. Jangan memulai atau memberhentikan obat apapun tanpa persetujuan dokter atau apoteker.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Terpin Hydrate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Terpin Hydrate?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Terpin Hydrate untuk dewasa?

Biasanya digunakan dalam persiapan kombinasi. Dosis dapat diberikan dalam rentang 85-130 mg, dikonsumsi 3-4 kali dalam sehari.

Berapa dosis obat Terpin Hydrate untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas obat belum dapat ditentukan pada pasien anak di bawah 18 tahun.

Dalam dosis dan sediaan apa Terpin Hydrate tersedia?

Bubuk

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis dapat berupa napas lambat, kantuk, tidur lelap atau kehilangan kesadaran, menggigil dan kulit berkeringat dingin, mulut kering, dan denyut lambat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyakit Pernapasan pada Anak, Kenali Jenis dan Cara Mengatasinya

Penyakit pernapasan pada anak adalah kondisi yang sangat umum dialami si kecil. Agar tidak panik, orangtua perlu mengetahui jenis dan cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Gangguan Pernapasan pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 28 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Saat Anda sakit, makan dan minum apapun jadi tak selera. Hal ini karena mulut dan lidah terasa pahit. Nah, ini dia alasan dan cara ampuh mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 28 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Listeriosis

Listeriosis muncul karena bakteri Listeria yang menyerang perut. Kenali lebih lanjut seputar definisi, gejala, hingga pengobatan penyakit ini berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Pencernaan, Keracunan Makanan 22 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Viral Syndrome

Infeksi Virus Mudah Menyebar Melalui Udara dan Dipakai Bersama. Gejala nya pun Bervariasi. Ketahui Info Resiko & Pengobatan Hanya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Penyakit Infeksi, Infeksi Virus 14 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan yang dilarang dan dihindari saat batuk

Batuk Makin Parah? Hindari Makanan yang Dilarang dan Pantangannya Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
penyakit difteri pada anak

Difteri

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Apa Benar Kena Air Hujan Bisa Bikin Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
sinusitis adalah

Sinusitis

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 28 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit