Sulconazole

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . 8 mins read
Bagikan sekarang

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Sulconazole digunakan?

Sulconazole adalah obat untuk mengobati infeksi kulit seperti gatal dan kurap. Obat ini juga digunakan untuk mengobati panu, infeksi jamur yang menyebabkan pemudaran atau penggelapan kulit di bagian leher, dada, lengan, atau kaki. Sulconazole adalah antijamur azol yang bekerja dengan cara mencegah pertumbuhan jamur.

Bagaimana aturan pakai obat Sulconazole?

Gunakan obat ini pada kulit saja. Bersihkan dan keringkan dengan benar area kulit yang akan diobati. Aplikasikan obat ini pada kulit yang terkena infeksi, biasanya sekali atau dua kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Dosis dan lamanya pengobatan tergantung pada jenis infeksi dirawat. Jangan mengaplikasikan obat ini lebih sering daripada yang disarankan. Kondisi Anda bukannya akan lebih cepat membaik malah yang terjadi Anda akan dapat meningkatkan efek samping dari obat tersebut.

Aplikasikan obat secukupnya untuk menutupi area kulit yang terkena infeksi dan sekitarnya. Setelah mengaplikasikan obat tersebut, cuci tangan Anda. Jangan membungkus, menutup atau membalut area kulit yang baru saja diobati, kecuali Anda diarahkan dokter untuk melakukannya.

Jangan mengaplikasikan obat tersebut pada mata, hidung, mulut, atau vagina.

Gunakan obat tersebut secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan obat tersebut di waktu yang sama setiap hari

Terus gunakan obat tersebut hingga jumlah yang ditentukan telah terpenuhi, bahkan jika gejala infeksi hilang setelah Anda baru saja memulai menggunakan Sulconazole. Menghentikan pengobatan terlalu dini memungkinkan jamur untuk terus tumbuh, yang dapat mengakibatkan infeksi muncul lagi.

Informasikan dokter Anda jika kondisi Anda tetap tidak ada perubahan setelah 4 minggu pengobatan atau malah semakin memburuk.

Bagaimana cara menyimpan Sulconazole?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Sulconazole?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Studi pada obat ini telah dilakukan hanya pada pasien dewasa, dan tidak ada informasi spesifik membandingkan penggunaan Sulconazole pada anak-anak dengan yang digunakan dalam kelompok usia lainnya.

Lansia

Banyak obat-obatan belum diteliti secara khusus pada lansia. Oleh karena itu, mungkin tidak diketahui apakah mereka bekerja dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan pada orang dewasa yang lebih muda. Meskipun tidak ada informasi spesifik membandingkan penggunaan Sulconazole topikal pada lansia dengan yang digunakan dalam kelompok usia lainnya, obat ini tidak diharapkan untuk menimbulkan efek samping yang berbeda atau masalah pada lansia.

Apakah obat Sulconazole aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Sulconazole yang mungkin terjadi?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan Sulconazole topikal dan hubungi dokter Anda jika Anda mengalami kulit yang melepuh parah, gatal, kemerahan, mengelupas, kering, atau iritasi di area kulit yang diaplikasikan obat.

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk kulit kering ringan atau iritasi.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Sulconazole?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Sulconazole?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Sulconazole?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter Anda bila Anda memiliki masalah medis lainnya.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Sulconazole untuk dewasa?

Dosis Dewasa biasa untuk Tinea Corporis:

Krim topikal atau solusi: Gunakan krim secukupnya dan harus dipijat lembut ke area kulit yang terkena infeksi dan sekitarnya sekali atau dua kali sehari.

Untuk mengurangi kemungkinan muncul lagi, pengobatan harus dilanjutkan selama 3 minggu.

Dosis Dewasa biasa untuk Tinea Cruris:

Krim topikal atau solusi: Gunakan krim secukupnya dan harus dipijat lembut ke area kulit yang terkena infeksi dan sekitarnya sekali atau dua kali sehari .

Untuk mengurangi kemungkinan muncul lagi, pengobatan harus dilanjutkan selama 3 minggu.

Dosis Dewasa biasa untuk Tinea Versicolor:

Krim topikal atau solusi: Gunakan krim secukupnya dan harus dipijat lembut ke area kulit yang terkena infeksi dan sekitarnya sekali atau dua kali sehari .

Untuk mengurangi kemungkinan muncul lagi, pengobatan harus dilanjutkan selama 3 minggu.

Dosis Dewasa biasa untuk Tinea Pedis:

Krim topikal atau solusi: Gunakan krim secukupnya dan harus dipijat lembut ke area kulit yang terkena infeksi dan sekitarnya sekali atau dua kali sehari .

Untuk mengurangi kemungkinan muncul lagi, pengobatan harus dilanjutkan selama 4 minggu.

Berapa dosis obat Sulconazole untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum ditentukan pada pasien anak kurang dari 18 tahun.

Dalam dosis dan sediaan apa Sulconazole tersedia?

Krim 1% (15 g, 30 g, 60 g)

Solusi 1% (5mL): 1% (30 mL)

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kapan Harus Menggunakan Obat Antijamur Saat Muncul Gatal pada Kulit?

Gatal-gatal dapat mengganggu aktivitas harian. Temukan kapan obat oles atau salep berguna untuk mengatasi gatal-gatal karena jamur kulit.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Penyakit Kulit, Health Centers 22/05/2020 . 4 mins read

Kenali Penyebab Scabies dan Faktor Risiko Kudis yang Perlu Diwaspadai

Infeksi tungau di kulit merupakan penyebab scabies atau kudis. Ketahui bagaimana tungau berkembang di dalam kulit dan dampak kesehatan yang ditimbulkannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit Kulit, Health Centers 16/05/2020 . 7 mins read

Pilihan Obat Alami Oral Thrush atau Infeksi Jamur di Mulut

Mengalami infeksi jamur di mulut atau oral thrush sangatlah mengganggu. Namun, selain obat dari dokter, ada juga obat alami yang bisa mengatasi oral thrush.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 20/04/2020 . 5 mins read

4 Penyebab Bercak Putih Pada Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

Bercak putih pada kulit bayi bisa menandakan masalah kesehatan. Apa saja, ya? Lantas, bagaimana cara mengibatinya? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 28/02/2020 . 5 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 mins read
bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . 5 mins read
gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . 5 mins read
obat untuk infeksi jamur kulit

Cara Memilih Obat untuk Kulit yang Gatal Karena Infeksi Jamur Kulit

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020 . 6 mins read