Pemirolast

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Pemirolast digunakan?

Pemirolast adalah obat untuk mengobati alergi (anti-alergi). Obat ini menghambat proses dalam tubuh yang menyebabkan gejala alergi setelah terpapar alergen.

Pemirolast mata digunakan untuk mengobati dan mencegah gatal-gatal pada mata yang disebabkan oleh alergi.

Pemirolast mata tidak boleh digunakan untuk mengobati gangguan mata yang disebabkan oleh penggunaan lensa kontak.

Pemirolast mata juga dapat digunakan untuk tujuan lain yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan.

Bagaimana aturan pakai obat Pemirolast?

Ikuti semua petunjuk pada label obat resep Anda. Jangan menggunakan obat ini dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan.

Cuci tangan Anda sebelum menggunakan obat tetes mata.

Untuk menerapkan obat tetes mata:

  • Tengadahkan kepala Anda ke belakang sedikit dan tarik ke bawah kelopak mata bawah Anda untuk membuat kantung kecil. Pegang pipet diatas mata dengan bagian ujung ke arah bawah. Lihatlah ke arah lain dari pipet dan tekan setetes obat.
  • Tutup mata Anda selama 2 atau 3 menit dengan kepala mengarah ke bawah, tanpa berkedip atau menyipitkan mata. Beri tekanan lembut pada sudut dalam mata Anda selama sekitar 1 menit, agar cairan obat tidak mengalir keluar dari mata Anda.
  • Gunakan jumlah tetesan sesuai dengan yang dokter Anda telah resepkan. Jika Anda menggunakan lebih dari satu tetes, tunggu sekitar 5 menit antara tetesan berikutnya.
  • Tunggu minimal 10 menit sebelum menggunakan obat tetes mata lainnya yang telah diresepkan dokter Anda.

Jangan menggunakan obat ini saat memakai lensa kontak. Obat tetes mata Pemirolast mengandung pengawet yang dapat diserap oleh lensa kontak yang lunak. Tunggu minimal 10 menit setelah menggunakan obat ini sebelum menggunakan lensa kontak Anda.

Jangan menyentuh ujung penetes mata atau menempatkannya langsung pada mata Anda. Pipet yang terkontaminasi dapat menginfeksi mata Anda dan dapat menyebabkan masalah penglihatan yang serius.

Bagaimana cara menyimpan Pemirolast?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Pemirolast?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat ini, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan terhadap manfaatnya. Hal ini adalah keputusan Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, berikut yang harus dipertimbangkan:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Selain beri tahu ahli kesehatan jika Anda memiliki jenis alergi lain, seperti terhadap makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, bacalah label atau daftar bahan penyusun obat pada kemasan dengan hati-hati.

Anak-anak

Obat ini telah diuji pada anak usia 3 tahun dan lebih tua dalam dosis yang efektif, belum terbukti menyebabkan efek samping yang berbeda atau masalah dibandingkan pada orang dewasa.

Orang tua

Tidak ada informasi spesifik yang tersedia membandingkan penggunaan pemirolast pada lansia dengan yang digunakan dalam kelompok usia lainnya.

Apakah obat Pemirolast aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA). (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Pemirolast yang mungkin terjadi?

Efek samping yang serius diharapkan tidak terjadi dengan penggunaan obat tetes mata pemirolast.

Umumnya beberapa kondisi seperti rasa terbakar, iritasi, gatal, mata kering, atau ketidaknyamanan mata lainnya dapat terjadi.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Pemirolast?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sekaligus, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin dapat mengubah dosis atau melakukan tindakan pencegahan lainnya mungkin diperlukan. Beri tahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep lainnya yang beredar di pasaran.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Pemirolast?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Pemirolast?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti:

  • Iritasi terkait dengan kontak lensa-Pemirolast tidak boleh digunakan untuk mengobati kondisi ini.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Pemirolast untuk dewasa?

1-2 tetes di setiap mata yang terkena, 4 kali sehari.

Berapa dosis obat Pemirolast untuk anak-anak?

Usia <3 tahun: Keamanan dan kemanjuran belum diketahui.

Dalam dosis dan sediaan apa Pemirolast tersedia?

Larutan: 0.1%

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tes Tempel (Skin Patch Test)

Tes tempel (skin patch test) adalah metode untuk memastikan apa pemicu alergi Anda. Cari tahu persiapan, proses, dan cara baca hasilnya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan, Informasi Kesehatan 3 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit yang diderita banyak orang di Indonesia. Cari tahu obat sinusitis, penyebab, ciri, pengobatan dan gejala sinusitis lainnya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 28 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Pityriasisrosea

Pityriasisrosea merupakan ruam kulit yang lebih sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan. Kapan harus mengunjungi dokter bila merasakan gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Infeksi Kulit 25 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah peradangan pada selaput tipis antara kelopak mata dan sklera (konjungtiva). Kondisi ini menyebabkan mata merah, gatal, dan berair.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 21 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

polip hidung

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
hidung meler

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
gejala alergi kulit

Selain Gatal, Ini Gejala Alergi pada Kulit Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Syok Anafilaktik

Syok Anafilaktik

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit