Mafenide

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Mafenide Obat Apa?

Untuk apa mafenide?

Obat ini digunakan sendiri atau dengan obat lain untuk membantu mencegah dan mengobati infeksi luka pada pasien dengan luka bakar yang parah. Mafenide merupakan obat kulit yang termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai antibiotik sulfa. Ia bekerja dengan membunuh bakteri yang dapat menginfeksi luka terbuka. Membunuh bakteri ini dapat membantu untuk mempromosikan penyembuhan luka dan mengurangi risiko bakteri menyebar ke kulit di sekitarnya atau ke darah, sehingga dapat membantu mencegah infeksi darah yang serius (sepsis).

Bagaimana cara penggunaan mafenide?

Cuci tangan sebelum dan setelah menggunakan obat ini. Gunakan obat ini pada kulit saja. Setelah membersihkan daerah yang terkena, oleskan obat ini untuk luka dengan mengenakan sepasang sarung tangan medis bersih (misalnya, lateks, vinyl), biasanya sekali atau dua kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Tebal lapisan krim harus sekitar satu-enam belas inci (1 sampai 2 milimeter).

Luka harus dilapisi dengan obat ini setiap saat. Perban tidak perlu digunakan untuk menutupi luka. Jika beberapa krim tidak menutupi luka, oleskan kembali segera. Lamanya pengobatan didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan.

Jangan berhenti menggunakan obat ini sampai diperintahkan untuk melakukannya oleh dokter Anda. Jika memungkinkan, mandi setidaknya sekali sehari untuk membantu menghilangkan kulit mati dari luka untuk membantu penyembuhan. Pastikan untuk menggunakan ulang obat ini setelah mandi. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk membantu Anda ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari. Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau semakin memburuk atau jika Anda mengalami kemerahan / kelembutan kulit di sekitar luka. Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan mafenide?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Mafenide

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis mafenide untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa untuk Luka Bakar – Eksternal

Larutan: tutupi luka bakar dan daerah pencangkokan dengan larutan mafenide. Kasa harus tetap basah dengan menyuntikkan larutan ke dalam tabung larutan setiap 4 jam atau membasahi kasa setiap 6 sampai 8 jam, sesuai kebutuhan.

Krim: Terapkan untuk debridement luka bakar yang telah dibersihkan sekali atau dua kali sehari, dengan ketebalan tidak lebih dari 1/16 inci. Krim harus diterapkan kembali setiap kali krim menipis untuk menjaga luka bakar tertutup setiap saat. Lapisan tipis kasa dapat digunakan, jika perlu. Pengobatan harus dilanjutkan sampai penyembuhan berlangsung dengan baik atau kulit siap untuk pencangkokan.

Bagaimana dosis mafenide untuk anak-anak

Dosis Anak-anak untuk Luka Bakar – Eksternal

Larutan:

> 3 bulan: tutupi luka bakar dan daerah pencangkokan dengan larutan mafenide. Kasa harus tetap basah dengan menyuntikkan larutan ke dalam tabung larutan setiap 4 jam atau membasahi kasa setiap 6 sampai 8 jam, sesuai kebutuhan.

Krim: Terapkan untuk debridement luka bakar yang telah dibersihkan sekali atau dua kali sehari, dengan ketebalan tidak lebih dari 1/16 inci. Krim harus diterapkan kembali setiap kali krim menipis untuk menjaga luka bakar tertutup setiap saat. Lapisan tipis kasa dapat digunakan, jika perlu. Pengobatan harus dilanjutkan sampai penyembuhan berlangsung dengan baik atau kulit siap untuk pencangkokan.

Dalam dosis apakah mafenide tersedia?

Bubuk untuk larutan, topikal: 50 g.

Efek samping Mafenide

Efek samping apa yang dapat dialami karena mafenide?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini: mual, muntah, berkeringat, gatal-gatal, gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan, atau merasa seperti Anda akan pingsan.

Beri tahu dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • kulit pucat atau kulit menguning, urin berwarna gelap, demam, kebingungan atau kelemahan
  • nyeri dada, detak jantung cepat atau berdebar , sakit kepala, kebingungan
  • mual, muntah, sakit perut, perubahan nafsu makan, lemah otot, nyeri tulang, dan penurunan berat badan
  • napas cepat, terengah-engah, atau merasa sesak napas
  • ruam parah pada kulit, memar, kesemutan yang parah, mati rasa, atau nyeri.

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • ruam ringan pada kulit, kemerahan, atau gatal-gatal
  • rasa sakit atau pembakaran daerah kulit yang diobati

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Mafenide

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan mafenide?

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter Anda jika Anda alergi terhadap mafenide.

Apakah mafenide aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Studi pada wanita menunjukkan bahwa obat ini menimbulkan risiko yang minimal untuk bayi bila digunakan selama menyusui.

Interaksi Obat Mafenide

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan mafenide?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan mafenide?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan mafenide?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • masalah darah – penggunaan mafenide dapat membuat kondisi lebih buruk
  • glukosa-6-fosfat dehidrogenase (kurangnya enzim G6PD) – penggunaan mafenide pada orang dengan kondisi ini dapat mengakibatkan anemia hemolitik
  • masalah ginjal
  • masalah paru-paru
  • asidosis metabolik – penggunaan mafenide pada orang dengan kondisi ini dapat meningkatkan risiko efek samping yang disebut asidosis metabolik.

Overdosis Mafenide

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Karena obat ini diberikan oleh petugas medis, Anda tidak akan melewatkan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Memanjangkan kuku seringkali menjadi pilihan bagi kaum hawa untuk mempercantik diri. Namun, kuku yang panjang ternyata memiliki segelintir risiko.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan untuk Jalani Hari yang Lebih Aktif

Menjaga kesehatan tenggorokan penting dilakukan di masa pandemi. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan tenggorokan.

Ditulis oleh: Nadhila Erin
Kesehatan THT, Gangguan Tenggorokan 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Alasan Mengapa Radang Tenggorokan Itu Tanda Sistem Imun yang Lemah

Ketahui alasan mengapa radang tenggorokan bisa menjadi salah satu tanda yang menunjukan bahwa sistem imun Anda sedang lemah dan tidak bekerja optimal.

Ditulis oleh: Roby Rizki
Kesehatan THT, Gangguan Tenggorokan 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Hal Wajib yang Anda Bersihkan setelah Berhubungan Intim

Membersihkan Miss V setelah berhubungan intim penting, tetapi jangan lupa untuk menjaga kebersihan hal lainnya. Misalnya, sex toy juga perlu dibersihkan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Kesehatan Seksual, Tips Seks 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat peterseli

Kaya Antioksidan dan Penuh Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Peterseli

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
merawat kaki pecah-pecah

Merawat Kaki Pecah-Pecah Agar Kembali Mulus, Ini Caranya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
hypertrichosis, hipertrikosi, werewolf syndrom

Hipertrikosis, Kelainan Langka yang Membuat Sekujur Tubuh Ditumbuhi Bulu Lebat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
makanan yang tidak boleh dimakan saat perut kosong

7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit