Kazano

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Fungsi

Apakah kegunaan Kazano?

Kazano adalah obat oral yang mengandung gabungan dua obat, yaitu alogliptin dan metformin. Kazano digunakan untuk mengontrol kadar gula darah pada pasien dengan diabetes tipe dua. Penggunaannya yang diimbangi dengan diet dan latihan fisik dapat menjaga kadar gula darah dengan lebih optimal. Obat ini tidak digunakan sebagai terapi pengobatan pada pasien diabetes tipe satu dan diabetes ketoasidosis.

Kazano terdiri atas alogliptin dan metformin. Alogliptin pada Kazano bekerja dengan cara meningkatkan produksi inkretin dalam tubuh. Inkretin adalah hormon alami tubuh yang membantu mengontrol gula darah dengan meningkatkan pelepasan insulin, khususnya setelah makan. Alogliptin juga menurunkan jumlah glukosa yang diproduksi oleh hati.

Kandungan metformin yang berada pada Kazano bekerja dengan cara memperbaiki respons tubuh Anda terhadap insulin. Selain sama-sama mengurangi produksi gula oleh hati, metformin dalam Kazano juga bekerja dengan cara menurunkan jumlah gula yang diserap oleh usus saat proses pencernaan.

Aturan minum Kazano

Konsumsilah Kazano sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh dokter Anda. Kazano merupakan obat oral yang biasanya dikonsumsi dua kali sehari bersamaan dengan waktu makan untuk menghindari efek samping yang melibatkan masalah pencernaan. Jangan membelah, mengunyah, atau menghancurkan Kazano untuk mengonsumsinya. Minumlah obat ini dalam keadaan utuh.

Pastikan Anda cukup minum ketika mengonsumsi obat ini, kecuali dokter Anda menginstruksikan sebaliknya. Dosis yang diberikan sudah disesuaikan dengan kondisi kesehatan, respons tubuh terhadap pengobatan, dan obat-obatan yang Anda konsumsi. Jangan mengubah dosis tanpa berdiskusi dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin akan memulai dengan dosis rendah terlebih dulu dan meningkatkannya secara bertahap untuk menghindari efek samping berupa sakit perut.

Aturan menyimpan Kazano

Simpan obat ini dalam suhu ruangan tidak lebih dari 30 derajat Celcius. Jangan menyimpan obat ini di ruangan yang lembap, seperti kamar mandi. Hindari menyimpan obat ini dalam ruangan yang terpapar sinar matahari langsung.

Jangan membuang obat ini ke toilet atau saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang obat ini jika sudah mencapai masa kedaluwarsa atau sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai cara yang aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Dosis Kazano (Alogliptin – Metformin) untuk pasien dewasa dengan diabetes tipe 2

Dosis awal: 12,5 mg/500 mg atau 12.5 mg/1.000 mg dua kali sehari

Dosis pemeliharaan: disesuaikan dengan respons tubuh dan efektivitas obat

Dosis maksimal harian: 25 mg/2.000 mg

Dalam dosis dan sediaan apakah Kazano tersedia?

Tablet, oral: 12.5 mg/500 mg, 12.5 mg/1.000 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi akibat konsumsi Kazano?

Mual, muntah, sakit perut, diare, perut kembung mungkin terjadi akibat konsumsi obat ini. Jika gejala ini tidak kunjung hilang atau bahkan memburuk, hubungi dokter Anda. Sakit perut dapat terjadi pada awal penggunaan Kazano setelah mengonsumsi dalam dosis yang sama selama beberapa hari. Itu  mungkin pertanda munculnya kelebihan asam laktat akibat konsumsi metformin.

Beberapa efek samping yang mungkin muncul akibat konsumsi Kazano adalah:

  • Pankreatitis yang ditandai dengan mual dan muntah, kehilangan selera makan, mata dan kulit yang menguning
  • Gagal jantung yang ditandai dengan sesak napas, pembengkakkan pada kaki, kelelahan yang tidak wajar, dan penambahan berat badan secara tiba-tiba
  • Reaksi alergi seperti gatal, ruam, kemerahan, bengkak pada area wajah, lidah, dan tenggorokan, serta sesak napas
  • Peningkatan tekanan darah (sakit kepala hebat, pandangan kabur, telinga berdesir)
  • Nyeri otot

Daftar di atas mungkin belum mencantumkan seluruh efek samping yang mungkin muncul. Konsultasikan dengan dokter Anda terkait efek samping yang Anda khawatirkan.

Peringatan dan Pencegahan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi Kazano?

  • Beri tahu dokter Anda mengenai seluruh obat-obatan yang Anda konsumsi baik obat yang diresepkan maupun non-resep, termasuk obat-obatan herbal. Beberapa obat dapat menimbulkan interaksi jika diminum bersamaan
  • Beri tahu dokter Anda mengenai alergi obat-obatan yang Anda miliki, termasuk alergi pada alogliptin dan metformin. Informasikan pula jika Anda memiliki alergi lain. Obat ini mungkin mengandung bahan campuran lain yang berpotensi menyebabkan alergi jika Anda memilikinya
  • Beri tahu dokter Anda mengenai riwayat kesehatan dan penyakit yang pernah Anda derita, terutama penyakit ginjal, jantung, penyakit hati, pankreatitis, dan batu empedu
  • Penggunaan obat ini mungkin dapat memicu penimbunan asam laktat dalam tubuh. Risiko ini meningkat pada mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, infeksi serius, pecandu alkohol, atau berusia lebih dari 65 tahun
  • Metformin juga dapat meningkatkan ovulasi pada perempuan yang dalam masa premenopause sehingga dapat menyebabkan kehamilan yang tidak direncanakan. Konsultasikan dengan dokter Anda apabila sedang melakukan perencanaan kelahiran
  • Jika Anda berencana melakukan pemeriksaan radiologi yang membutuhkan suntik cairan kontras ke dalam tubuh, hentikan penggunaan obat ini

Apakah Kazano aman dikonsumsi oleh ibu hamil?

Belum ada penelitian yang memadai yang menginformasikan mengenai kaitan penggunaan Kazano dengan risiko keguguran atau cacat lahir pada ibu hamil. Konsultasikan dengan dokter Anda jika berencana hamil atau tengah hamil dan membutuhkan kontrol gula darah. Dokter Anda mungkin akan memberikan dosis yang berbeda. Penggunaan obat ini bagi ibu hamil hanya diberikan apabila terbukti memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan risiko yang akan menimpa janin.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa saja yang mungkin berinteraksi dengan Kazano?

Beberapa obat tertentu tidak dapat digunakan bersama karena akan menimbulkan interaksi yang mengganggu kerja salah satu obat. Namun, dokter terkadang meresepkan keduanya jika memang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa obat yang berinteraksi dengan Kazano:

Sangat banyak obat yang mungkin berinteraksi dengan alogliptin dan metformin. Daftar di atas belum mencakup semua obat yang menimbulkan interaksi. Informasikan seluruh obat-obatan yang Anda konsumsi termasuk obat herbal untuk mencegah terjadinya efek samping.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan jika overdosis Kazano?

Dalam kondisi gawat darurat atau overdosis segera hubungi bantuan darurat medis (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Gejala overdosis Kazano berupa rasa kantuk yang berat, mual dan muntah yang parah, diare, dan detak jantung yang tidak biasa.

Bagaimana jika saya melupakan minum obat?

Jika Anda melewatkan jadwal minum obat, minumlah sesegera mungkin begitu Anda mengingatnya. Jika sudah terlalu dekat dengan jadwal minum obat selanjutnya, abaikan jadwal yang terlewat dan lanjutkan pada jadwal normal. Jangan menggandakan dosis pada satu kali jadwal minum obat.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Beragam Pilihan Obat Asam Urat dan Kolesterol Tinggi yang Ampuh

Kolesterol tinggi termasuk faktor risiko sakit asam urat. Begitu juga sebaliknya. Lantas, adakah obat tertentu untuk mengatasi asam urat dan kolesterol?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Tips Panjang Umur Jika Anda Menderita Diabetes

Diabetes dulu disebut "penyakit orang tua" karena banyak menyerang orang-orang usia senja. Tapi sekarang lebih banyak penderita diabetes yang mati muda.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M

Diabetes Tidak Bisa Disembuhkan, Lalu Bagaimana Cara Mengontrolnya?

Meski cara mengontrol diabetes kedengarannya sulit, sebenarnya ada langkah-langkah sederhana yang bisa Anda ikuti. Cari tahu di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Panduan Tepat Merawat Anak yang Mengidap Diabetes

Menghadapi diabetes pada anak tentu tidak mudah. Namun, tak berarti mustahil dilakukan. Simak dulu 4 tips cerdas saat mengasuh anak dengan diabetes berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020
minum obat puasa

Menyiasati Jadwal Minum Obat saat Puasa Ramadan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 19/04/2020
jenis obat sirup yang harus dikocok

Mengapa Obat Sirup Harus Dikocok Sebelum Diminum?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020
minum obat dengan air dingin

Bolehkah Minum Obat dengan Air Dingin? Apakah Ada Dampaknya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 03/04/2020