Invokamet

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . 1 menit baca
Bagikan sekarang

Fungsi

Apakah kegunaan Invokamet?

Invokamet merupakan kombinasi dua obat oral antihiperglikemik, yaitu canagliflozin dan metformin. Obat ini digunakan untuk membantu kontrol gula darah untuk pasien diabetes tipe dua. Penggunaannya yang diimbangi dengan diet dan latihan fisik secara rutin dapat membantu kontrol gula darah dengan lebih optimal. Invokamet tidak digunakan sebagai terapi pengobatan bagi penderita diabetes tipe satu dan diabetes ketoasidosis.

Obat-obatan ini bekerja dengan cara mengembalikan respons tubuh alami Anda terhadap insulin yang diproduksi. Canagliflozin yang terdapat dalam Invokamet membantu ginjal untuk membuang glukosa dari aliran darah melalui urin. Sementara metformin bekerja dengan menurunkan produksi glukosa yang dihasilkan oleh hati dan menurunkan tingkat penyerapan gula yang dilakukan oleh usus saat mencerna makanan.

Aturan minum Invokamet

Invokamet adalah obat oral yang biasanya diminum dua kali sehari bersamaan dengan waktu makan. Minumlah obat ini dalam keadaan utuh. Jangan menghancurkannya, mengunyah, atau membaginya menjadi beberapa bagian.

Dokter Anda mungkin akan melakukan serangkaian tes fungsi ginjal sebelum meresepkan Invokamet. Dokter Anda dapat mengubah dosis yang telah diberikan jika dibutuhkan. Dosis yang diberikan telah mempertimbangkan respons tubuh Anda terhadap pengobatan, kondisi kesehatan, dan obat-obatan lain yang tengah Anda konsumsi. Jangan mengubah dosisnya atau berhenti meminum sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Aturan penyimpanan Invokamet

Simpan Invokamet pada suhu ruang, 15-30 derajat Celcius. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan tempat yang lembap, seperti kamar mandi. Obat ini harus tetap disimpan di dalam botolnya untuk melindunginya dari temperatur yang lembap. Jika obat ini dikeluarkan dari botolnya dan disimpan dalam kotak obat harian, konsumsilah dalam 30 hari. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Dosis yang dianjurkan untuk pasien dewasa dengan diabetes tipe dua

Dosis awal:

  • Pada pasien yang tidak sedang menggunakan canagliflozin dan metformin: gunakan Invokamet yang mengandung canagliflozin 50 mg dan metformin 500 mg dua kali sehari.
  • Pada pasien yang mengonsumsi metformin: beralihlah ke Invokamet yang mengandung canagliflozin 50 mg dan dosis yang sama atau mendekati dengan dosis metformin harian dua kali sehari
  • Pada pasien yang mengonsumsi canagliflozin: beralihlah ke Invokamet yang mengandung metformin 500 mg dan dosis harian canagliflozin yang sama dua kali sehari
  • Pada pasien yang mengonsumsi canagliflozin-metformin dapat diganti ke Invokamet dengan dosis yang sama untuk kedua komposisi tersebut dua kali sehari.

Penyesuaian dosis didasari efektivitas dan toleransi tubuh. Peningkatan dosis metformin secara bertahap dapat mengurangi efek samping pada sistem pencernaan.

Dosis maksimum harian: 300 mg canagliflozin dan 2.000 mg metformin per hari

Dalam dosis dan sediaan apakah Invokamet tersedia?

Tablet, Oral: 50 mg/500 mg, 50 mg/1.000 mg, 150 mg/500 mg, 150 mg/1.000 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi akibat konsumsi Invokamet?

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat konsumsi dari Invokamet adalah mual, muntah, kram perut, diare, perut kembung, lebih sering buang air kecil, mulut kering, atau rasa lemas. Jika masalah pada perut kembali muncul setelah mengonsumsi Invokamet dengan dosis yang sama setelah beberapa hari atau minggu, hubungi dokter Anda. Gejala tersebut mungkin terjadi pada masa awal pengobatan sebagai tanda asidosis laktat.

Beberapa efek samping serius yang mungkin terjadi akibat obat ini adalah:

  • Rasa sakit, luka, infeksi pada kaki yang berisiko pada amputasi
  • Masalah pada ginjal yang ditandai dengan sedikit buang air kecil, bengkak pada kaki, kelelahan atau sesak napas
  • Gejala infeksi saluran kemih, meliputi rasa sakit atau panas saat buang air kecil, urin yang keruh, sakit pada punggung
  • Gejala infeksi area genital (pada penis atau vagina), seperti rasa sakit, terbakar, gatal, kemerahan, bau tidak sedap, dan produksi cairan yang tidak normal
  • Penggunaan obat yang mengandung canagliflozin dapat membuat tulang Anda menjadi lebih rapuh

Obat ini jarang menimbulkan reaksi alergi yang serius. Namun, jika mendapati reaksi alergi, seperti gatal, kemerahan, bengkak pada area wajah, lidah, atau tenggorokan, dan susah bernapas segera hubungi dokter.

Daftar di atas mungkin belum mencantumkan semua efek samping yang disebabkan oleh konsumsi Invokamet. Konsultasikan dengan dokter Anda terkait kemungkinan efek samping yang Anda khawatirkan.

Peringatan dan Pencegahan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menggunakan obat ini?

  • Beri tahu dokter Anda mengenai seluruh obat-obatan yang Anda konsumsi baik obat yang diresepkan maupun non-resep, termasuk obat-obatan herbal. Beberapa obat dapat menimbulkan interaksi jika diminum bersamaan
  • Beri tahu dokter Anda mengenai alergi obat-obatan yang Anda miliki, termasuk alergi pada canagliflozin dan metformin. Informasikan pula jika Anda memiliki alergi obat lain atau alergi lainnya. Obat ini mungkin mengandung bahan campuran lain yang dapat menyebabkan alergi
  • Jika Anda berencana melakukan pemeriksaan radiologi yang membutuhkan suntik cairan kontras ke dalam tubuh, hentikan penggunaan obat ini. Cairan kontras adalah zat yang dimasukkan ke dalam tubuh dalam proses pemeriksaan radiologi (foto rontgen, MRI, atau CT Scan) untuk melihat kondisi pembuluh darah di dalam tubuh.
  • Informasikan riwayat kesehatan yang Anda miliki, seperti penyakit yang pernah ataupun yang sedang Anda derita sebelum mengonsumsi Invokamet kepada dokter Anda, terutama jika Anda pernah mengalami penyakit ginjal yang cukup parah.
  • Penggunaan obat ini mungkin dapat memicu penimbunan asam laktat dalam tubuh. Risiko ini meningkat pada mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, infeksi serius, pecandu alkohol, atau berusia lebih dari 65 tahun.
  • Metformin juga dapat meningkatkan ovulasi pada perempuan yang dalam masa premenopause sehingga dapat menyebabkan kehamilan yang tidak direncanakan.
  • Dokter Anda mungkin akan meresepkan vitamin B12 tambahan. Hanya konsumsi sesuai yang diresepkan.

Apakah Invokamet aman bagi ibu hamil?

Kandungan canagliflozin yang berada dalam Invokamet dapat berisiko pada janin jika dikonsumsi selama trimester kedua atau ketiga. Bicarakan dengan dokter Anda jika berencana atau tengah hamil sebelum mengonsumsi Invokamet. Ibu menyusui juga dianjurkan untuk tidak memberikan ASI-nya saat mengonsumsi obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa saja yang mungkin berinteraksi dengan Invokamet?

Penggunaan obat tertentu secara bersamaan mungkin tidak dianjurkan karena akan membuat salah satu obat tidak dapat bekerja dengan baik. Meski begitu, dengan penyesuaian dosis, beberapa obat tersebut dapat diresepkan secara bersamaan. Dokter Anda mungkin akan melakukan penyesuaian dosis jika pemberiannya memang dibutuhkan.

Berikut adalah daftar obat yang berinteraksi dengan Invokamet:

  • Rifamycins (rifampin, rifabutin)
  • Obat-obatan untuk kejang, seperti phenobarbital, phenytoin
  • Ritonavir
  • Cairan kontras
  • Diuretik
  • Insulin atau obat diabetes lainnya

Daftar di atas mungkin belum mencakup semua obat-obatan yang berinteraksi. Informasikan seluruh obat-obatan yang sedang Anda konsumsi sebelum mengonsumsi obat ini.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan jika overdosis Invokamet?

Dalam kondisi gawat darurat atau overdosis segera hubungi bantuan darurat medis (119) atau segera ke rumah sakit terdekat. Gejala overdosis Invokamet bisa berupa hipoglikemia yang ditandai dengan lemas, mual, gemetar, kehilangan kesadaran, atau kesulitan bernapas. Cuci darah juga dapat bermanfaat sebagai pertolongan untuk menghilangkan metformin pada pasien yang dicurigai overdosis Invokamet.

Bagaimana jika saya melupakan minum obat?

Jika Anda melewatkan jadwal minum obat, minumlah sesegera mungkin begitu Anda mengingatnya. Jika sudah terlalu dekat dengan jadwal minum obat selanjutnya, abaikan jadwal yang terlewat dan lanjutkan pada jadwal normal. Jangan menggandakan dosis pada satu kali jadwal minum obat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

    Memilih camilan untuk penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Selain perlu memperhatikan kandungan nutrisinya, jumlahnya pun tidak kalah penting.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Diabetes, Health Centers 24/04/2020 . 3 menit baca

    Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

    Risiko diabetes pada orang dengan riwayat keluarga akan meningkat sehingga perlu upaya untuk mencegah diabetes dengan menjaga dan memilih makanan sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Diabetes, Health Centers 23/04/2020 . 4 menit baca

    Apakah Neuropati pada Diabetesi Bisa Disembuhkan?

    Meski belum ada pengobatan untuk menyembuhkan neuropati diabetik, pengidap diabetes dapat meringankan gejala dan menghambatnya menjadi lebih parah.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Diabetes, Health Centers 20/04/2020 . 4 menit baca

    Menyiasati Jadwal Minum Obat saat Puasa Ramadan

    Puasa di bulan Ramadan wajib bagi umat muslim. Keharusan minum obat secara rutin bisa disiasati agar tetap bisa menjalankan puasa dengan tenang.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Hari Raya, Ramadan 19/04/2020 . 4 menit baca

    Direkomendasikan untuk Anda

    penyakit kulit diabetes

    5 Penyakit Kulit yang Umum Menyerang Pasien Diabetes

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . 4 menit baca
    obat sakit maag cair tablet

    Obat Maag Cair dan Tablet: Sama-Sama Efektif, Tetapi…

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020 . 4 menit baca
    diabetesi

    Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . 4 menit baca
    manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes

    6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020 . 4 menit baca