Hyoscine

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Hyoscine Obat Apa?

Untuk apa hyoscine?

Hyoscine adalah obat anticholinergic. Hyoscine memiliki banyak efek pada tubuh termasuk mengurangi sekresi pada cairan, memperlambat perut dan usus, dan pelebaran pada pupil.

Hyoscine digunakan untuk mengurangi mual, muntah, dan pusing yang berhubungan dengan mabuk darat dan pemulihan dari anestesi dan operasi. Hyoscine juga dapat digunakan dalam pengobatan parkinsonisme, kondisi otot spastik, sindrom iritasi usus, diverticulitis, dan kondisi lainnya.

Hyoscine juga dapat digunakan untuk alasan lain daripada yang terdaftar dalam petunjuk pengobatan ini.

Bagaimana cara penggunaan hyoscine?

Gunakan Hyoscine tepat seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jika Anda tidak mengerti petunjuk ini, tanyakan apoteker, perawat, atau dokter untuk menjelaskannya.

Minum obat dengan segelas air penuh.

Simpan Hyoscine di ruangan bersuhu jauh dari lembap dan panas.

Bagaimana cara penyimpanan hyoscine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Hyoscine

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis hyoscine untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa untuk Mual/Muntah:

Penggunaan antiemetic umum: 0.3 – 0.65 mg yang diatur IV, secara intramuscular atau secara subkutan setiap 6-8 jam sesuai yang diperlukan.
Penggunaan setelah mual dan muntah: gunakan satu Hyoscine 1.5 mg disc transdermal di belakang telinga pada sore hari sebelum jadwal operasi. Disc sebaiknya berada di tempat selama 24 jam setelah operasi sebelum dilepas.
Jika menggunakan Hyoscine transdermal pada pasien yang hamil, gunakan disc satu jam tergantung pada jadwal bagian operasi caesar untuk membatasi exposure pada janin.

Dosis Dewasa untuk Mabuk Darat:

Gunakan satu Hyoscine 1.5 mg transdermal disc di belakang telinga setidaknya 4 jam tergantung pada exposure setiap 3 hari sesuai keperluan.

Dosis Dewasa untuk Parkinsonian Tremor:

0.4 – 0.8 mg secara oral setiap 8 jam sesuai keperluan.

Bagaimana dosis hyoscine untuk anak-anak?

Dosis Anak-anak untuk Mual/Muntah:

1 – 12 tahun: 6 mcg/kg/obat (dosis maksimal: 0.3 mg/obat) diatur IV, IM atau subkutan setiap 6-8 jam sesuai kebutuhan.

Dosis Anak-anak untuk Mabuk Darat:

Lebih dari 12 tahun: gunakan satu Hyoscine 1.5 mg transdermal disc di belakang telinga setidaknya 4 jam tergantung pada exposure setiap 3 hari sesuai keperluan.

Dalam dosis apakah hyoscine tersedia?

Patch 72 jam, Transdermal: 1.5 mg
Solution, Suntikan, sebagai hydrobromide: 0.4 mg/mL (1 mL)
Tablet, Oral: 10 mg

Efek samping Hyoscine

Efek samping apa yang dapat dialami karena hyoscine?

Jika Anda mengalami efek samping serius berikut, hentikan menggunakan Hyoscine ophthalmic dan cari perhatian medis darurat:

  • reaksi alergi (sulit bernafas, tutupnya tenggorokan, bengkak pada bibir, lidah, atau wajah, atau gatal-gatal)
  • detak jantun cepat atau tidak teratur
  • halusinasi atau kebiasaan tidak biasa (khususnya pada anak-anak)
  • perut bengkak (pada bayi)

Efek samping kurang serius bisa lebih sering terjadi. Lanjutkan penggunaan Hyoscine ophthalmic dan bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengalami:

  • penglihatan kabur
  • sensitif terhadap cahaya matahari
  • mati rasa dan merasa panas
  • bengkak pada kelopak mata

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir tentang efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Hyoscine

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan hyoscine?

Sebelum menggunakan patch Hyoscine, katakan pada dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadap Hyoscine atau obat lain. Beri tahu dokter atau apoteker Anda apa obat resep dan nonresep yang Anda gunakan, khususnya obat yang mengurangi kepekaan mental, batuk, pilek, dan alergi produk, dan vitamin.

Katakan pada dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki glaukoma, penyakit jantung, hati, atau ginjal, gangguan perut atau usus, sulit buang air kecil.

Katakan pada dokter Anda jika Anda hamil, berencana hamil, atau menyusui. Jika Anda tengah hamil saat menggunakan Hyoscine, segera hubungi dokter Anda.

Jika Anda akan melakukan operasi, termasuk dokter gigi, katakan pada dokter atau dokter gigi Anda bahwa Anda menggunakan patch Hyoscine.

Anda sebaiknya mengetahui kalau obat ini dapat membuat Anda mengantuk. Jangan menyetir atau mengoperasikan mesin beratsampai Anda tahu bagaimana Hyoscine memengaruhi Anda. Ia khususnya penting saat 3-5 hari pertama terapi dan ketika dosis ini meningkat.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang keamanan penggunaan alkohol saat menggunakan obat ini. Alkohol meningkatkan efek samping yang disebabkan patch Hyoscine.

Apakah hyoscine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Studi pada wanita menunjukkan bahwa obat ini hanya memiliki risiko minimal pada bayi saat digunakan oleh ibu menyusui.

Interaksi Obat Hyoscine

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan hyoscine?

Interaksi dengan obat lain dapat memengaruhi cara kerja obat dan meningkatkan risiko efek samping yang berbahaya. Artikel ini tidak memuat semua kemungkinan interaksi obat. Catatlah semua produk obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, nonresep, dan herbal) dan perlihatkan kepada dokter serta apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa seizin dokter.

Berhati-hatilah menggunakan kalium atau potassium jika Anda sedang menggunakan Hyoscine.

Menggunakan obat ini dengan diikuti obat lain biasanya tidak direkomendasikan, tapi dapat dibutuhkan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat diresepkan bersama, dokter Anda mungkin mengganti obat atau berapa sering Anda menggunakan satu atau kedua obat tersebut.

  • Acrivastine
  • Bupropion
  • Morphine
  • Morphine Sulfate Liposome
  • Oxymorphone

Umeclidinium

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan hyoscine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan hyoscine?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat memengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda bilang ke dokter jika Anda memiliki masalah medis lainnya, khususnya:

  • glaukoma, sudut menyempit – sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini
  • glaucoma, sudut terbuka (sudut lebar)
  • penyumbatan usus atau perut
  • psikosis
  • kejang-kejang
  • masalah buang air (contohnya, penyumbatan saluran urin atau masalah buang air) – gunakan dengan hati-hati karena dapat membuat kondisi ini memburuk
  • penyakit hati
  • penyakit ginjal – gunakan dengan hati-hati. Efek samping dapat meningkat karena lambatnya pembuangan obat dari tubuh.

Overdosis Hyoscine

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Salah satu masalah orang thalasemia adalah masalah gizi. Apa saja pilihan makanan dan nutrisi yang tepat untuk penderita thalasemia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Penyakit Kelainan Darah, Thalasemia 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Memahami Prosedur Transplantasi Sumsum Tulang Belakang (BMT)

Transplantasi sumsum tulang belakang (BMT) adalah prosedur penggantian sumsum tulang yang rusak dengan yang sehat. Bagaimana melakukannya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Penyakit Kelainan Darah, Thalasemia 22 Oktober 2020 . Waktu baca 8 menit

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Meski tampaknya selalu bersemangat soal urusan di ranjang, ada banyak juga masalah seks yang dapat mengganggu pria. Yuk, ketahui apa saja!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Ibu hamil makan daging kambing memiliki beragam pendapat di masyarakat. Namun, sebenarnya bolehkah ibu hamil makan daging jenis ini?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

KDRT konflik rumah tangga

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
tips menghindari perceraian

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Apa Benar Kena Air Hujan Bisa Bikin Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
gejala leptospirosis

Cara Mengatasi Gejala Leptospirosis, Penyakit Khas di Musim Hujan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit