Hydroquinone

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Hydroquinone Obat Apa?

Untuk apa Hydroquinone?

Hydroquinone adalah obat dengan fungsi untuk mencerahkan bercak hitam di kulit (disebut juga hiperpigmentasi, melasma, vlek) yang disebabkan oleh kehamilan, pil KB, pengobatan hormon, dan luka di kulit.

Krim ini bekerja dengan menghadang proses di kulit yang menyebabkan perubahan warna.

Dosis hydroquinone dan efek samping hydroquinone akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Hydroquinone?

Ikuti segala petunjuk yang ada di bungkus produk ini atau gunakan sesuai arahan dokter. Sebelum menggunakan krim ini, oleskan sedikit di bagian kulit yang lain dan perhatikan jika ada efek samping yang serius selama 24 jam. Jika terasa gatal dan berubah kemerahan atau terlihat terbakar, jangan gunakan produk ini, dan hubungilah dokter Anda. Jika hanya muncul kemerahan yang halus, berarti krim ini sedang bekerja.

Oleskan ke seluruh area di kulit yang terkena dampak, biasanya dua kali sehari atau sesuai arahan dokter. Pengobatan ini hanya digunakan untuk kulit saja. Jika digunakan sembarangan, krim ini bisa membuat kulit yang tidak rusak menjadi lebih cerah. Hindari penggunaan krim ini di area mata atau di hidung dan mulut. Jika sudah terlanjur, segera bersihkan dengan sedikit air.

Pengobatan ini dapat membuat area kulit yang dioles obat terasa lebih sensitif dengan matahari. Hindari paparan sinar matahari langsung, tanning booth, dan sinar x-ray. Gunakan tabir surya dan kenakan pakaian yang menutupi kulit Anda saat berada di luar.

Gunakan krim ini secara rutin untuk mendapatkan khasiat yang sempurna. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan krim ini di waktu yang sama setiap hari.

Bicarakan kepada dokter Anda jika kondisi Anda memburuk dalam 2 bulan.

Bagaimana cara penyimpanan Hydroquinone?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Hydroquinone

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Hydroquinone untuk orang dewasa?

Dosis biasa bagi orang dewasa untuk gangguan dermatologi seperti chloasma, melasma, bintik-bintik, senile lentigines, area hiperpigmentasi melanin: oleskan di area yang terinfeksi sebanyak dua kali sehari.

Bagaimana dosis Hydroquinone untuk anak-anak?

Dosis biasa bagi anak-anak untuk gangguan dermatologi: Chloasma, melasma, bintik-bintik, senile lentigines, Area hiperpigmentasi melanin. Di atas 13 tahun: oleskan di area yang terinfeksi sebanyak dua kali sehari.

Dalam dosis apakah Hydroquinone tersedia?

Krim, Eksternal: 4%

Emulsi, Eksternal: 4%

Gel, Eksternal: 4%

Solusi, Eksternal: 3%

Efek samping Hydroquinone

Efek samping apa yang dapat dialami karena Hydroquinone?

Segera minta pertolongan medis saat Anda memiliki gejala seperti alergi, gatal-gatal, berhenti bernafas, pembengkakan di wajah, bibir, lidah dan tenggorokan.

Hentikan penggunaan dari Hydroquinone dan hubungi dokter Anda jika kulit Anda terasa panas, perih, dan iritasi lainnya di kulit Anda usai menerapkan pengobatan ini.

Efek samping yang mungkin timbul antara lain sedikit rasa panas, gatal, kemerahan dan iritasi di kulit. Tidak semua orang mengalami efek samping seperti itu. Namun, ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di dalam daftar tersebut. Jika Anda memiliki pertanyaan soal efek samping, silahkan konsultasikan dengan dokter atau petugas obat Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Hydroquinone

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Hydroquinone?

Sebelum menggunakan Hydroquinone, katakan kepada Dokter Anda atau petugas obat jika Anda memiliki alergi terhadap obat tersebut atau jika Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan lain. Produk ini mengandung bahan aktif seperti sulfit yang dapat menyebabkan alergi dan masalah lainnya. Bicarakan kepada petugas obat Anda untuk keterangan lebih lanjut.

Sebelum menggunakan pengobatan ini, katakan kepada dokter atau petugas obat Anda perihal riwayat medis Anda khususnya jika memiliki asma dan gangguan kulit lainnya.

Apakah Hydroquinone aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Tidak ada data yang menyebutkan apakah hydroquinone topikal dapat dikeluarkan lewat ASI. Produsen obat ini merekomendasikan agar penggunaan hydroquinone topikal pada ibu yang sedang menyusui dilakukan secara hati-hati.

Interaksi Obat Hydroquinone

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Hydroquinone?

Interaksi dengan obat lain dapat memengaruhi cara kerja obat dan meningkatkan risiko efek samping yang berbahaya. Artikel ini tidak memuat semua kemungkinan interaksi obat. Catatlah semua produk obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, nonresep, dan herbal) dan perlihatkan kepada dokter serta apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa seizin dokter.

Sebelum menggunakan pengobatan ini, bicarakan kepada dokter maupun apoteker Anda mengenai apa saja produk yang Anda gunakan, baik dengan maupun tanpa resep.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Hydroquinone?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Hydroquinone?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Gangguan hati dan ginjal
  • Asma dan alergi sulfit
  • Jika Anda tengah menggunakan obat antibiotik

Overdosis Hydroquinone

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Antibodi Pasien Sembuh COVID-19 Hanya Bertahan 3 Bulan

Antibodi yang terdapat di dalam tubuh pasien COVID-19 sembuh menunjukkan penurunan secara cepat hanya dalam kurun waktu 2-3 bulan. Apa bisa infeksi duakali?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

WHO Ingatkan Krisis Oksigen Konsentrator, Apa Artinya Bagi COVID-19?

WHO mengatakan adanya krisis oksigen konsentrator mengingat alat tersebut penting untuk menyelamatkan nyawa pasien COVID-19.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 09/07/2020 . Waktu baca 3 menit

5 Cara Menghadapi Anak yang Suka Menunda Mengerjakan Tugas

Jika dibiarkan, kebiasaan menunda-nunda pekerjaan bisa berpengaruh pada performa anak di sekolah dan menghambat produktivitasnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Parenting, Tips Parenting 09/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Jangan Takut Makan Malam, Lebih Awal Justru Lebih Sehat

Banyak orang menghindari makan malam karena takut menjadi gemuk. Padahal, makan malam lebih awal justru memberikan manfaat bagi kesehatan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tanda cacingan

Perlu Tahu! Segudang Tanda Cacingan yang Sering Diabaikan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 5 menit
penyebab stunting

Benarkah Cacingan Bisa Menyebabkan Stunting pada Anak?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 5 menit
tanggal kedaluwarsa

4 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tanggal Kedaluwarsa

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit