Etidronate

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 15 menit
Bagikan sekarang

Etidronate Obat Apa?

Untuk apa etidronate?

Etidronatedigunakan untuk mengobati jenis penyakit tulang tertentu yang disebut penyakit Paget. Penyakit ini melemahkan dan mengubah bentuk tulang. Etidronatebekerja dengan memperlambat pengeroposan tulang, membantu untuk menjaga tulang kuat dan tidak mudah keropos. Obat ini juga membantu mengurangi nyeri tulang. Obat ini termasuk dalam kelas obat yang disebut bifosfonat.

Etidronatejuga digunakan untuk mencegah atau mengobati masalah tulang yang mungkin terjadi setelah operasi penggantian tulang pinggul atau cedera tulang belakang.

KEGUNAAN LAIN: Bagian ini memuat penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang sudah disetujui, namun mungkin saja diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum di bawah hanya jika sudah diresepkan oleh dokter dan ahli kesehatan Anda.

Etidronatejuga dapat digunakan untuk mengobati tulang keropos (osteoporosis) jika Anda menggunakan obat kortikosteroid (seperti prednison) untuk waktu yang lama. Selain itu, obat ini dapat digunakan untuk mengobati tingkat kalsium tinggi dalam darah yang mungkin terjadi dengan beberapa jenis kanker.

Bagaimana cara penggunaan etidronate?

Minum obat ini dengan mulut tanpa makanan, biasanya sekali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Minum pada saat perut kosong minimal 2 jam sebelum atau 2 jam setelah makan.

Minum etidronate dengan segelas penuh air biasa (6 sampai 8 ons, 180-240 mililiter). Jangan minum dengan minuman lainnya. Setelah mengonsumsi etidronate, tetap tegak (duduk, berdiri, atau berjalan) dan tidak berbaring selama setidaknya 30 menit.

Jangan mengonsumsi etidronate bersamaan dengan saat makanan atau menggunakan obat lain karena hal tersebut dapat mencegah penyerapan. Gunakan obat ini 2 jam sebelum atau 2 jam setelah menggunakan produk-produk yang mengandung aluminium, kalsium, zat besi, magnesium, atau seng. Beberapa contoh termasuk antasida, bentuk-bentuk tertentu ddI (kunyah / terdispersi buffered tablet atau larutan diminum anak), quinapril, vitamin/mineral, produk susu (seperti susu, yogurt), dan jus kalsium yang diperkaya.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, berat badan, dan respon terhadap pengobatan. Jika terjadi tidak enak perut, bicarakan dengan dokter Anda tentang membagi dosis harian Anda menjadi 2 atau 3 lebih kecil dari dosis di siang hari bukannya menggunakan satu dosis harian sekaligus.

Untuk penyakit dan masalah tulang Paget setelah penggantian pinggul atau cedera tulang belakang, Anda biasanya akan menggunakan obat ini selama 3 sampai 6 bulan. Jangan mengonsumsi obat ini berlebihan atau menggunakannya untuk lebih lama dari yang ditentukan karena dapat meningkatkan risiko efek samping.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Perlu Anda ingat untuk mengonsumsi obat ini pada waktu yang sama setiap hari.

Bagaimana cara penyimpanan etidronate?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Etidronate

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis etidronate untuk orang dewasa?

Dosis Normal Untuk Orang Dewasa Penderita Hiperkalsemia

Intravena: 7,5 mg / kg (berat badan ideal) intravena dengan infus lambat selama setidaknya 2 jam sekali sehari selama 3 hari (dosis sampai 25 mg). Beberapa pasien telah diobati sampai 7 hari. Untuk memperpanjang penurunan kalsium serum, etidronate diminum dapat dimulai pada hari berikutnya setelah dosis intravena terakhir. Jika hypercalcemia signifikan berulang, kursus intravena kedua untuk 3 hari dapat dilakikan. Minimal 7 hari harus dilalui antara dosis.

-atau-

Diminum: 20 mg / kg (berat badan ideal) diminum langsung sekali sehari, 2 jam sebelum atau sesudah makan selama 30 hari (putaran dosis terdekat sampai 200 mg). Terapi harus dilanjutkan selama 30 hari. Jika pasien tetap normocalcemic, pengobatan dapat diperpanjang hingga 90 hari.

Makanan, produk susu, vitamin, mineral, dan antasida tidak boleh diberikan dalam waktu dua jam dari dosis etidronate.

-atau-

30 mg / kg (berat badan ideal, dibulatkan menjadi ke dosis terdekat 50 mg) melalui infus intravena terus menerus selama 24 jam dapat diberikan. Dosis ini tampaknya aman dan efektif dan mungkin lebih mudah daripada terapi standar. Namun, dosis etidronate ini tidak disetujui untuk pengobatan keganasan hiperkalsemia.

Dosis Dewasa biasa untuk Penyakit Paget

5 sampai 10 mg / kg (berat badan ideal) secara diminum sekali sehari, 2 jam sebelum atau sesudah makan hingga 6 bulan (dosis bulat untuk terdekat 200 mg). Terapi di kisaran dosis ini tidak boleh melebihi 6 bulan.

-atau-

10 sampai 20 mg / kg (berat badan ideal) secara diminum (dosis bulat untuk terdekat 200 mg) sekali sehari selama 3 bulan jika pasien telah gagal untuk menanggapi menurunkan dosis atau membutuhkan penekanan bone turnover yang cepat.

Makanan, produk susu, vitamin, mineral, dan antasida tidak boleh diberikan dalam waktu dua jam dari dosis etidronate.

Dosis Normal Untuk Orang Dewasa Penderita Osteoporosis

400 mg diminum sekali sehari, 2 jam sebelum atau sesudah makan selama 14 hari. Terapi adalah siklus. Etidronateharus diberikan selama 14 hari pertama setiap siklus 12 minggu. Makanan, produk susu, vitamin, mineral, dan antasida tidak boleh diberikan dalam waktu dua jam dari dosis etidronate.

Dosis Normal Untuk Orang Dewasa Penderita Osifikasi Heterotopic – Spinal Cord

20 mg / kg (berat badan ideal) diminum sekali sehari, 2 jam sebelum atau sesudah makan selama 2 minggu (putaran dosis ke terdekat 200 mg). Dosis harus diikuti dengan 10 mg / kg / hari (berat badan ideal)  diminum untuk tambahan 10 minggu (dosis dibulatkan menjadi 200 mg). Makanan, produk susu, vitamin, mineral, dan antasida tidak boleh diberikan dalam waktu dua jam dari dosis etidronate.

Dosis Normal Untuk Orang Dewasa Penderita Osifikasi Heterotopic – Total Hip Arthroplasty

20 mg / kg (berat badan ideal) diminum sekali sehari, 2 jam sebelum atau sesudah makan (bulatkan ke dosis terdekat 200 mg) mulai 1 bulan sebelum operasi dan berlanjut selama 3 bulan setelah operasi. Makanan, produk susu, vitamin, mineral, dan antasida tidak boleh diberikan dalam waktu dua jam dari dosis etidronate.

Bagaimana dosis etidronate untuk anak-anak?

Dosis Normal Untuk Anak-Anak Penderita Osifikasi Heterotopic – Spinal Cord Injury

Lebih dari 1 tahun:

20 mg / kg (berat badan ideal) diminum sekali sehari, 2 jam sebelum atau sesudah makan selama 2 minggu (Bulatkan ke dosis terdekat 200 mg). Harus diikuti dengan 10 mg / kg / hari (berat badan ideal)  diminum untuk tambahan 10 minggu (bulatkan ke dosis terdekat 200 mg). Makanan, produk susu, vitamin, mineral, dan antasida tidak boleh diberikan dalam waktu dua jam dari dosis etidronate.

Dosis Normal Untuk Orang Dewasa Penderita Osifikasi Heterotopic – Total Hip Arthroplasty

20 mg / kg (berat badan ideal)diminum sekali sehari, 2 jam sebelum atau sesudah makan (bulatkan ke dosis terdekat 200 mg) mulai 1 bulan sebelum operasi dan berlanjut selama 3 bulan setelah operasi. Makanan, produk susu, vitamin, mineral, dan antasida tidak boleh diberikan dalam waktu dua jam dari dosis etidronate.

Dalam dosis apakah etidronate tersedia?

Tablet, Diminum, sebagai disodium: 200 mg, 400 mg

Efek samping Etidronate

Efek samping apa yang dapat dialami karena etidronate?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi berikut: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Berhenti menggunakan etidronate dan hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki salah satu efek samping yang serius:

  • sakit atau sulit menelan
  • mulas parah, nyeri terbakar di perut bagian atas, atau batuk darah
  • nyeri sendi parah, tulang, atau nyeri otot
  • nyeri  rahang, mati rasa, atau pembengkakan
  • diare berat
  • patah tulang
  • kulit memerah, terik, ruam kulit mengupas

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • diare ringan
  • sakit kepala, kebingungan
  • kram otot, nyeri sendi
  • mati ras atau perasaan geli

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Peringatan dan Perhatian Obat Etidronate

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan etidronate?

Sebelum menggunakan etidronate, beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap etidronate atau obat lain.

Beri tahu dokter dan apoteker apa obat resep dan nonresep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau Anda rencanakan. Pastikan untuk menyebutkan antikoagulan ( ‘pengencer darah’) seperti warfarin (Coumadin); kemoterapi kanker; dan steroid diminum seperti deksametason (Decadron, Dexone), methylprednisolone (Medrol), dan prednison (Deltasone). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau monitor Anda dengan hati-hati untuk efek samping.

Jika Anda menggunakan suplemen vitamin dan mineral seperti besi, atau jika Anda menggunakan antasid yang mengandung kalsium, magnesium, atau aluminium (Maalox, Mylanta, Tums, yang lain), konsumsi obat-obat tersebut 2 jam sebelum atau 2 jam setelah Anda mengonsumsi etidronate.

Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki masalah dengan kerongkongan Anda seperti striktur esofagus (penyempitan kerongkongan yang menyebabkan kesulitan menelan) atau akalasia (gangguan yang mempengaruhi kemampuan kerongkongan untuk memindahkan makanan ke perut), atau osteomalacia (pelunakan tulang karena kurangnya mineral). Dokter Anda mungkin mengatakan kepada Anda untuk tidak menggunakan etidronate.

Beri tahu dokter Anda jika Anda tidak dapat duduk atau berdiri tegak dan jika Anda memiliki atau pernah memiliki anemia (kondisi di mana sel-sel darah merah tidak membawa cukup oksigen ke seluruh bagian tubuh); tingkat kalsium dalam darah Anda rendah; kesulitan menelan, mulas, bisul, atau masalah perut lainnya; kanker; enterocolitis (pembengkakan pada usus); setiap jenis infeksi, terutama di mulut Anda; masalah dengan mulut Anda, gigi, atau gusi; kondisi yang berhenti darah dari pembekuan normal; atau penyakit ginjal. Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau monitor Anda dengan hati-hati untuk efek samping.

Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau menyusui. Juga beri tahu dokter Anda jika Anda berencana untuk hamil setiap saat di masa depan karena etidronate mungkin menetap dalam tubuh Anda selama bertahun-tahun setelah Anda berhenti menggunakannya. Hubungi dokter Anda jika Anda hamil selama atau setelah perawatan dengan etidronate.

Anda harus tahu bahwa etidronate dapat menyebabkan masalah serius dengan rahang Anda, terutama jika Anda memiliki operasi gigi atau perawatan saat Anda menggunakan obat. Seorang dokter gigi harus memeriksa gigi Anda dan melakukan perawatan apapun yang diperlukan sebelum Anda mulai untuk menggunakan etidronate. Pastikan untuk menyikat gigi dan membersihkan mulut Anda dengan benar saat Anda menggunakan etidronate. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum melakukan perawatan gigi saat Anda menggunakan obat ini.

Anda harus tahu bahwa etidronate dapat menyebabkan nyeri tulang yang parah, otot, atau nyeri sendi. Anda mungkin mulai merasakan sakit ini dalam beberapa hari, bulan, atau tahun setelah Anda pertama kali menggunakan etidronate. Meskipun jenis nyeri dapat dimulai setelah Anda telah menggunakan etidronate untuk beberapa waktu, penting bagi Anda dan dokter Anda untuk menyadari bahwa hal itu mungkin disebabkan oleh etidronate. Hubungi dokter segera jika Anda mengalami sakit parah setiap saat selama pengobatan dengan etidronate. Dokter Anda mungkin mengatakan kepada Anda untuk berhenti minum etidronate dan rasa sakit Anda mungkin hilang setelah Anda berhenti minum obat.

Apakah etidronate aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak ada penelitian yang memadai pada wanita untuk mencari tahu risiko pada bayi saat sang ibu mengonsumsi obat ini selama menyusui. Pertimbangkan potensi manfaat dan potensi risikonya sebelum mengonsumsi obat ini selama menyusui.

Interaksi Obat Etidronate

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan etidronate?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan etidronate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan etidronate?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • anemia
  • masalah pembekuan darah
  • kanker
  • masalah gigi
  • prosedur gigi (misalnya, pencabutan gigi)
  • infeksi
  • kurangnya kebersihan mulut
  • operasi  (misalnya, operasi gigi) – mungkin meningkatkan risiko untuk masalah rahang yang berat. Risiko ini mungkin juga akan meningkat jika Anda menggunakan obat ini untuk waktu yang lama.
  • enterokolitis (diare berat)
  • hyperphosphatemia (fosfat tinggi dalam darah)
  • masalah perut atau usus (misalnya, esophagus Barrett, kesulitan menelan, nyeri ulu hati, radang kerongkongan, atau ulkus) – gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • masalah kerongkongan (misalnya, akalasia, striktur)
  • osteomalasia (tulang lunak)
  • masalah dengan menelan – sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini
  • penyakit ginjal – gunakan dengan hati-hati. Efek dapat meningkat karena penghapusan lebih lambat dari obat dari tubuh

Overdosis Etidronate

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis mungkin termasuk yang berikut:

  • muntah
  • kram perut
  • diare
  • nyeri, sensasi terbakar, mati rasa, atau kesemutan di tangan atau kaki
  • kejang otot  dan kram

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Inilah Pantangan Makanan dan Minuman Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Ternyata, ada beberapa makanan yang bisa memicu gejala infeksi saluran kemih yang Anda derita, makanan ini juga menjadi pantangan. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Urologi, Urologi Lainnya 07/08/2020 . Waktu baca 5 menit

Pasien Kanker Selama Pandemi: Cegah COVID-19, Rawat Kankernya

Selama masa pandemi, pasien kanker harus menjalani pengobatannya sesuai yang dijadwalkan dokter dengan tetap memperhatikan pencegahan penularan COVID-19.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 07/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK) Kembali Lagi

Cara mencegah infeksi saluran kemih dapat dimulai dengan banyak minum air putih, menjaga kebersihan, mengenakan celana katun, juga minum suplemen cranberry.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Urologi, Urologi Lainnya 07/08/2020 . Waktu baca 7 menit

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

ISK diakibatkan oleh bakteri yang biasanya lebih sering menyerang perempuan. Cari tahu obat dan cara alami sembuhkan infeksi saluran kencing.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Urologi, Urologi Lainnya 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ibu terinfeksi covid-19 bisa menyusui

Ibu Positif COVID-19 Bisa Menyusui Tanpa Menularkan ke Bayi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 08/08/2020 . Waktu baca 4 menit
seks infeksi saluran kencing pasangan

Bolehkah Berhubungan Seks Saat Kena Infeksi Saluran Kemih?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 5 menit
rileksasi tubuh

5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit
penularan covid-19 di transportasi umum kereta

Risiko Penularan COVID-19 di Kereta dan Pencegahannya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit