Elkana

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Kegunaan

Untuk apa obat Elkana?

Elkana adalah suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada anak-anak dan orang dewasa. Suplemen ini mengandung vitamin A, vitamin D, minyak ikan kod, AA-DHA, ekstrak kurkuma (temulawak), dan berbagai multivitamin lainnya.

Pada anak-anak, suplemen ini dapat digunakan untuk membantu merangsang pertumbuhan dan tinggi badan si kecil. Tak hanya itu, suplemen ini juga bisa membantu memperbaiki nafsu makan serta baik untuk perkembangan otak dan kecerdasan anak.

Suplemen ini dijual bebas tanpa resep dokter dan tersedia dengan berbagai macam varian serta kegunaan. Anda bisa mendapatkan suplemen ini dengan mudah di berbagai toko obat, apotek, maupun supermarket.

Meski dijual bebas, Anda tetap harus hati-hati sebelum menggunakannya. Pasalnya, tidak semua anak butuh suplemen. Jadi, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum Anda memberikan suplemen ini untuk si kecil

Bagaimana aturan pakai Elkana?

Suplemen ini bisa diminum sebelum atau sesudah makan. Gunakan suplemen ini sesuai dengan aturan minum yang tertera pada label kemasan atau resep.

Jangan gunakan obat ini melebihi dosis yang dianjurkan, lebih sedikit, lebih lama dari yang disarankan.

Segera beri tahu dokter jika kondisi anak Anda tidak membaik atau justru semakin memburuk.

Bagaimana cara menyimpan suplemen ini?

Elkana adalah suplemen yang sebaiknya disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan suplemen ini dari paparan sinar matahari langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari suplemen ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram vitamin Elkana ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Elkana untuk orang dewasa?

  • 5 mL untuk 1 kali sehari.

Bagaimana dosis Elkana untuk anak-anak?

  • Anak di bawah 6 tahun: 2,5 mL diminum 1  kali sehari.
  • Anak di atas 6 tahun: 5 mL diminum 1 kali sehari.

Dalam sediaan apakah suplemen ini tersedia?

Vitamn Elkana tersedia dalam bentuk emulsi, suspensi, dan tablet.

Efek Samping

Apa saja efek samping yang dapat timbul akibat mengonsumsi Elkana?

Sama seperti suplemen dan obat-obatan pada umumnya, Elkana mungkin saja menimbulkan efek samping obat pada beberapa orang. Tingkat keparahan dan gejala efek samping yang muncul mungkin akan bervariasi.

Dokter Anda mungkin bisa memberi tahu Anda tentang cara mencegah atau mengurangi beberapa efek samping ini.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah minum suplemen ini adalah:

  • mual
  • muntah
  • pusing
  • diare
  • sakit kepala

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini:

  • gatal-gatal
  • kesulitan bernapas
  • pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan

Efek samping mungkin berbeda-beda pada setiap pasien. Jadi, tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Elkana?

Sebelum pakai suplemen ini, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan segala manfaat dan risiko yang ada. Pasalnya, obat ini tidak boleh digunakan secara sembarangan. Beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui sebelum menggunakan obat ini adalah:

  • Bagi Anda yang memiliki gangguan sistem pencernaan atau sistem pencernaan yang sensitif, sebaiknya minum suplemen ini setelah makan.
  • Elkana bisa menimbulkan kontraindikasi pada orang yang memiliki alergi terhadap komponen yang terkandung di dalam suplemen ini.
  • Hindari penggunaan suplemen ini dalam jangka panjang. Gunakan sesuai jangka waktu yang ada pada kemasan obat atau resep dokter.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap obat-obatan tertentu, terutama Elkana atau bahan lainnya yang terkandung dalam suplemen ini.

Mungkin ada hal-hal lain yang tidak disebutkan di atas. Jika ada pertanyaan lain, maka silakan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut. Dokter mungkin akan memberikan informasi yang lebih lengkap, termasuk dosis, keamanan, serta interaksi obat ini.

Simak dengan baik semua informasi yang dijelaskan dokter agar pengobatan yang Anda lakukan berjalan secara optimal.

Apakah suplemen ini aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan suplemen ini.

Elkana termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B (tidak berisiko pada beberapa penelitian) menurut Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, setara dengan Badan POM di Indonesia. Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apapun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi

Obat lain apa yang mungkin berinteraksi dengan Elkana?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam artikel ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Elkana?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter, tim medis, atau apoteker.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan suplemen ini?

Sebelum mengonsumsi suplemen ini, pastikan Anda memberitahu dokter kalau Anda atau anak Anda memiliki masalah medis tertentu, khususnya:

  • alergi terhadap komponen dalam suplemen ini
  • hiperkalemia

Mungkin ada beberapa kondisi kesehatan yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda ragu dengan kondisi kesehatan Anda, maka jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat lain yang sesuai dengan kondisi Anda.

Overdosis

Bagaimana gejala overdosis Elkana dan apa efeknya?

Salah satu efek samping yang bisa terjadi akibat penggunaan multivitamin secara berlebihan yaitu bisa menyebabkan hipervitaminosis.

Menurut Medical News Today, hipervitaminosis adalah kondisi kelebihan jenis vitamin tertentu, yang tersimpan dalam tubuh sehingga memungkinkan terjadi keracunan.

Selain itu, penggunaan multivitamin yang berlebihan ini bisa menyebabkan Anda mengalami hiperkalsemia. Hiperkalsemia adalah tingginya kadar kalsium di dalam darah.

Kelebihan atau overdosis vitamin juga dapat menyebabkan terjadi gejala-gejala berikut ini:

  • gangguan pencernaan
  • refluks asam lambung
  • susah tidur atau insomnia
  • batu ginjal
  • gula darah naik

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118 dan 119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis obat dalam satu kali minum.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Bolehkah Minum Obat dengan Air Dingin? Apakah Ada Dampaknya?

    Mungkin sebagian dari Anda belum sadar jika minum obat sebaiknya tidak menggunakan air dingin. Mengapa demikian? Temukan alasannya pada artikel ini.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Hidup Sehat, Fakta Unik 03/04/2020 . Waktu baca 4 menit

    Panduan Memilih Suplemen Vitamin agar Terlindung dari Infeksi Virus

    Mencegah infeksi virus dapat dilakukan dengan memilih suplemen vitamin yang tepat. Namun, pemilihannya tidak boleh sembarangan. Berikut panduannya.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Maria Amanda
    Konten Bersponsor
    mencegah infeksi virus
    Nutrisi, Hidup Sehat 24/03/2020 . Waktu baca 4 menit

    Beragam Pilihan Obat Asam Urat dan Kolesterol Tinggi yang Ampuh

    Kolesterol tinggi termasuk faktor risiko sakit asam urat. Begitu juga sebaliknya. Lantas, adakah obat tertentu untuk mengatasi asam urat dan kolesterol?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Hidup Sehat, Tips Sehat 27/01/2020 . Waktu baca 4 menit

    Saat Sedang Rutin Minum Obat Tidur Resep, Bolehkah Tiba-tiba Menghentikan Konsumsinya?

    Segala jenis obat, termasuk obat tidur, punya aturan minumnya masing-masing. Lantas, bolehkah berhenti minum obat tidur resep di tengah jalan?

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Hidup Sehat, Gangguan Tidur 12/11/2019 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    vitamin c dan zinc untuk puasa

    Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020 . Waktu baca 4 menit
    minum obat puasa

    Menyiasati Jadwal Minum Obat saat Puasa Ramadan

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Dipublikasikan tanggal: 19/04/2020 . Waktu baca 4 menit
    vitamin untuk anak balita

    Kebutuhan Vitamin untuk Balita Usia 2-5 Tahun

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Dipublikasikan tanggal: 13/04/2020 . Waktu baca 8 menit
    jenis obat sirup yang harus dikocok

    Mengapa Obat Sirup Harus Dikocok Sebelum Diminum?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020 . Waktu baca 4 menit