Cinoxacin

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . 1 menit baca
Bagikan sekarang

Cinoxacin Obat Apa?

Untuk apa cinoxacin?

Cinoxacin adalah obat yang umumnya digunakan untuk menghindari dan mengobati infeksi saluran kemih. Obat ini tidak dapat digunakan untuk mengobati infeksi lain seperti demam, flu, dll.

Bagaimana cara penggunaan Cinoxacin?

Cinoxacin adalah obat yang dapat diminum dengan makanan, kecuali jika diberikan arahan lain dari dokter.

Jangan memberikan obat ini pada bayi atau anak-anak di bawah usia 18 tahun, kecuali diarahkan oleh dokter. Obat ini terbukti menyebabkan masalah pertumbuhan tulang pada hewan muda.

Untuk membantu membersihkan infeksi Anda sepenuhnya, terus minum obat ini sesuai waktu yang ditentukan, walaupun jika Anda mulai merasa lebih baik setelah beberapa hari. Jika Anda terlalu cepat berhenti mengonsumsi obat ini, gejala-gejala dapat kembali.

Cinoxacin adalah obat ini bekerja paling maksimal bila diminum secara rutin.

jumlahnya konstan di dalam urin. Untuk membantu menjaga jumlah obat tetap konstan di dalam urin, jangan lewatkan dosis sedikitpun. Juga lebih baik bila mengonsumsi obat dengan jarak waktu yang pas yaitu siang dan malam. Sebagai contoh, jika Anda minum 4 dosis sehari, dosis harus berjarak sekitar 6 jam terpisah. Jika hal ini mengganggu waktu tidur atau kegiatan sehari-hari lainnya, atau jika Anda memerlukan bantuan dalam perencanaan waktu yang paling tepat dalam mengonsumsi obat, konsultasikan dengan dokter.

Bagaimana cara penyimpanan Cinoxacine?

Cinoxacin adalah obat yang baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Cinoxacin

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis cinoxacin untuk orang dewasa?

Untuk pencegahan infeksi saluran kemih:
Cinaxocin adalah obat yang bisa dikonsumsi orang dewasa sebanyak 250 miligram (mg) pada waktu tidur selama lima bulan.

Untuk pengobatan infeksi saluran kemih:
Cinaxocin adalah obat yang bisa dikonsumsi orang dewasa sebanyak 250- 500 mg setiap dua belas jam selama tujuh sampai empat belas hari.

Bagaimana dosis Cinoxacin untuk anak-anak?

Cinaxocin adalah obat yang keamanan dan efektivitas belum bisa dipastikan pada anak di bawah 18 tahun.

Dalam dosis apakah Cinoxacin tersedia?

Cinaxocin adalah obat yang bisa tersedia dalam bentuk kapsul.

Efek samping Cinoxacin

Efek samping apa yang dapat dialami karena cinoxacin?

Cinoxacin adalah obat yang dapat menyebabkan efek samping. Segera beri tahu dokter jika Anda mengalami efek samping berikut seperti ruam kulit, gatal, kemerahan. Sedangkan efek samping yang parah bisa berupa:

  • tinja berwarna hitam
  • gusi berdarah
  • darah dalam urin atau tinja
  • Pusing
  • sakit kepala
  • meningkatnya sensitivitas kulit terhadap sinar matahari
  • bintik-bintik merah pada kulit
  • perdarahan yang tidak biasa atau memar

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Peringatan dan Perhatian Obat Cinoxacin

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan cinoxacin?

Cinoxacin adalah obat yang memiliki reaksi dan efek samping. Dalam memutuskan untuk mengonsumsi obat ini harus mempertimbangka manfaat dan efek sampingnya. Hal ini adalah keputusan yang akan ditentukan Anda dan dokter Anda. Untuk obat cinoxacin, berikut hal yang harus dipertimbangkan:

Alergi
Cinoxacin adalah obat yang dapat menyebabkan alergi. Beri tahu dokter jika Anda pernah mengalami alergi terhadap cinoxacin atau obat lain. Juga beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi lain, seperti alergi pada makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk obat non-resep, baca label atau paket bahan dengan teliti.

Anak-anak
Cinoxacin adalah obat yang belum diketahui dosis tepatnya pada anak-anak. Cinoxacin telah terbukti menyebabkan masalah pertumbuhan tulang pada hewan muda,  tidak dianjurkan dikonsumsi pada anak di bawah 18 tahun.

Lansia
Cinoxacin adalah obat yang belum diteliti secara khusus untuk orang tua. Oleh karena itu, belum diketahui apakah obat bekerja dengan cara yang sama pada orang dewasa yang lebih muda. Meskipun tidak ada informasi spesifik perbandingan penggunaan cinoxacin pada orang tua dengan kelompok usia tertentu lainnya, cinoxacin diduga tidak akan menimbulkan efek samping atau masalah yang berbeda pada orang tua daripada yang terjadi  pada orang dewasa yang lebih muda.

Apa yang perlu diketahui mengenai Cinoxacin jika sedang hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori  C.

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Interaksi Obat Cinoxacin

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan cinoxacin?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan cinoxacin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan cinoxacin?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis Cinoxacin

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mitos Seputar Psikoterapi yang Salah Kaprah

Selain anggapan bahwa hal ini hanya dilakukan oleh mereka yang terkena gangguan jiwa, apa lagi mitos-mitos tentang psikoterapi yang kerap muncul?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Psikologi 03/07/2020 . 5 menit baca

Benarkah Ruangan Ber-AC Tingkatkan Risiko Penularan COVID-19?

Studi di Tiongkok menunjukkan bahwa COVID-19 bisa menular lewat AC. Namun, banyak pula ahli yang menyanggahnya. Lantas, mana jawaban yang tepat?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 03/07/2020 . 5 menit baca

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . 4 menit baca

Kenali Perbedaan Protein Soya dan Isolat Protein Soya Serta Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Anak

Terdapat perbedaan formula protein soya dan formula dengan isolat protein soya. Apa saja perbedaan dan manfaatnya masing-masing bagi tumbuh kembang anak?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Parenting, Nutrisi Anak 03/07/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

drunkorexia

Drunkorexia, Fenomena Rela Tak Makan Demi Minum Alkohol

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/07/2020 . 6 menit baca
pria tangguh bunuh diri

Para ‘Pria Tangguh’ Lebih Berisiko Bunuh Diri, Mengapa Begitu?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 04/07/2020 . 4 menit baca
laser lipolysis

Mengenal Seluk Beluk Laser Lipolysis untuk Menyingkirkan Lemak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 04/07/2020 . 5 menit baca
teledermatologi saat pandemi

Teledermatologi, Layanan Konsultasi Masalah Kulit Online di Tengah Pandemi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/07/2020 . 6 menit baca