Butenafine

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Butenafine Obat Apa?

Untuk apa butenafine?

Butenafine adalah obat anti jamur yang bekerja untuk mencegah pertumbuhan jamur di kulit. Obat ini umumnya digunakan untuk mengobati berbagai infeksi kulit akibat jamur seperti tinea corporis (kurap), tinea pedis (kutu air), dan tinea cruris (jok itch). Obat ini juga digunakan untuk mengobati kondisi kulit yang dikenal sebagai pityriasis (panu) yaitu infeksi jamur yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap atau terang pada bagian leher, dada, lengan atau kaki . 

Jangan gunakan obat ini untuk mengobati infeksi kuku oleh jamur.

Bagaimana cara penggunaan butenafine?

Gunakan obat ini hanya pada kulit. Bersihkan dan keringkan secara menyeluruh bagian yang akan diobati.

Aplikasikan lapisan tipis obat di sekitar bagian yang terinfeksi dan secara lembut. Oleskan obat 1 sampai 2 kali sehari sesuai petunjuk pada produk kemasan. Jangan dililit, atau diperban bagian tersebut kecuali bila dokter menyarankan.

Cuci tangan setelah menggunakannya kecuali bila tangan termasuk bagian yang diobati. Jangan aplikasikan obat pada mata, hidung, atau mulut, bagian dalam vagina, atau pada kulit kepala. Bila Anda terkena obat pada bagian tersebut, cuci dengan air.

Dosis dan lamanya pengobatannya tergantung pada jenis infeksi yang diobati. Jangan digunakan lebih sering atau lama dari yang disarankan. Hal ini berisiko meningkatkan efek samping.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan pada waktu yang sama setiap harinya.

Lanjutkan penggunaan obat ini sampai periode waktu pengobatan selesai, bahkan jika gejala menghilang setelah beberapa hari. Menghentikan dini penggunaan obat ini bisa menyebabkan infeksi kembali.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda. Selain itu, informasikan dokter Anda bila kondisi Anda memburuk atau tidak berkembang setelah pengobatan.

Bagaimana cara penyimpanan butenafine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Butenafine

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis butenafine untuk orang dewasa?

Untuk orang dewasa, standar dosis butenafine adalah:

Untuk mengobati kutu air

  • Oleskan krim butenafine dalam jumlah yang cukup untuk menutupi daerah yang terkena dan kulit di sekitarnya sekali sehari selama 4 minggu.

Untuk mengobati kurap

  • Oleskan krim butenafine dalam jumlah yang cukup untuk menutupi daerah yang terkena dan kulit di sekitarnya sekali sehari selama 2 minggu, tergantung pada sifat dan parahnya infeksi.

Untuk mengobati tinea cruris

  • Oleskan krim butenafine dalam jumlah yang cukup untuk menutupi daerah yang terkena dan kulit di sekitarnya sekali sehari selama 2 minggu, tergantung pada sifat dan parahnya infeksi.

Dalam dosis apakah butenafine tersedia?

Sediaan dosis obat butenafine adalah :

Krim

  • Lotrimin Ultra: 1% (30 g)
  • Mentax: 1% (15 g, 30 g)

Efek samping Butenafine

Efek samping apa yang dapat dialami karena butenafine?

Efek samping paling umum penggunaan obat butenafine adalah:

  • Iritasi
  • Rasa terbakar
  • Kemerahan
  • Gatal-gatal pada bagian yang diterapkan krim obat

Efek samping serius penggunaan Butenafine topikal tidak diharapkan. Hentikan penggunaan Butenafine topikal dan temui dokter jika Anda mengalami kulit melepuh yang tidak biasa atau parah, gatal, kemerahan, mengelupas, kering, bengkak, atau iritasi pada kulit.

Tidak semua orang mengalami efek samping yang sama. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Butenafine

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan butenafine?

Beberapa hal yang harus Anda ketehui sebelum mengonsumsi obat butenafine adalah:

  • Jangan gunakan Butenafine bila Anda memiliki riwayat reaksi alergi terhadap obat ini.
  • Tidak diketahui apakah Butenafine topikal akan membahayakan janin.
  • Jangan gunakan Butenafine topikal tanpa membicarakannya lebih dulu kepada dokter bila Anda sedang hamil.
  • Tidak diketahui apakah Butenafine dapat diturunkan ke ASI. Jangan gunakan obat ini tanpa membicarakannya lebih dulu kepada dokter bila Anda sedang menyusui.

Apakah butenafine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A = Tidak berisiko,
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C = Mungkin berisiko,
  • D = Ada bukti positif dari risiko,
  • X = Kontraindikasi,
  • N = Tidak diketahui

Interaksi Obat Butenafine

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan butenafine?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan butenafine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan butenafine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis Butenafine

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Oral Thrush, Infeksi Jamur pada Mulut Bayi dan Cara Aman Mengobatinya

Infeksi jamur di mulut bisa dialami siapa pun, termasuk bayi. Lalu apa saja gejala dan penyebab mulut bayi berjamur? Apakah kondisi ini berbahaya bagi bayi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Gigi Anak, Gigi dan Mulut 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Impetigo

Impetigo adalah penyakit infeksi kulit bagian paling atas yang sangat menular. Apa penyebab dan gejalanya? Bagaimana mengobati kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Kulit pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 3 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Pruritus

Prutitus atau kulit gatal merupakan kondisi yang umum terjadi. Penyebab penyakit ini cukup banyak. Apa saja itu? Bagaimana cara meredakannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 3 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Heloma

Heloma adalah lapisan kulit yang menebal dan terbentuk saat kulit sering berada di bawah tekanan. Biasanya muncul pada kaki dan tangan. SImak info selengkapnya Hanya di Hello Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 2 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Penyebab Vagina Gatal

11 Penyebab yang Membuat Vagina Anda Terasa Gatal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit
jamur kuku tinea unguium

Jamur Kuku (Tinea Unguium)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
Jamur pada Kulit Kandida, Jamur yang Bisa Melompat

Berbagai Penyebab Jamur pada Kuku yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
penyakit kuku paronikia paronychia

Paronikia

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit