Alfentanil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Alfentanil digunakan?

Alfentanil adalah obat untuk mematikan rasa jenis narkotik yang umumnya digunakan sebelum dan/atau selama operasi.

Bagaimana aturan pakai obat Alfentanil?

Obat ini diberikan lewat vena (injeksi IV lambat atau infus kontinu) seperti yang diarahkan oleh dokter. Alfentanil harus digunakan hanya di rumah sakit atau pengaturan klinis yang memiliki monitoring yang tepat dan peralatan pendukung. pernapasan pasien (saturasi oksigen), tekanan darah, dan denyut/irama jantung (EKG) harus dipantau sementara obat ini sedang digunakan dan selama periode pemulihan. Dosis didasarkan pada kondisi medis pasien dan respon terhadap obat. Jika ada pertanyaan mengenai pencampuran, cairan atau pemberian obat ini, konsultasikan pada apoteker. Sebelum digunakan, cairan tersebut harus diperiksa, apakah didalamnya terdapat partikel atau terjadi perubahan warna. Jika ada, maka cairan harus dibuang.

Bagaimana cara menyimpan Alfentanil?

Simpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Alfentanil?

Sebelum menerima Alfentanil

  • Beritahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap alfentanil, morphine, codeine (atau obat-obatan yang mengandung codeine seperti Tylenol dengan Codeine), hydrocodone (misalnya, Vicodin), hydromorphone (misalnya Dilaudid), oxycodone (misalnya Percocet), oxymorphone (Numorphan), atau obat-obatan lainnya.
  • Beritahu dokter dan apoteker mengenai obat-obatan yang Anda gunakan baik yang berdasarkan resep ataupun yang tidak menggunakan resep, terutama antidepresan, obat penenang, obat tidur, obat penenang, dan vitamin.
  • Beritahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit ginjal, hati, jantung, atau penyakit tiroid; kejang; asma; bronkitis; atau penyakit pernapasan lainnya.
  • Beritahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menerima Alfentanil, hubungi dokter Anda.
  • Anda harus tahu bahwa obat ini mungkin akan membuat Anda mengantuk. Jangan mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin hingga Anda tahu bagaimana obat ini mempengaruhi Anda.
  • Ingat bahwa alkohol dapat menambah rasa kantuk yang disebabkan oleh obat ini.

Apakah obat Alfentanil aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C. (A= Tidak berisiko, B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C=Mungkin berisiko, D=Ada bukti positif dari risiko, X=Kontraindikasi, N=Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Alfentanil yang mungkin terjadi?

Alfentanil dapat menyebabkan efek samping. Beritahu dokter jika ada gejala efek samping berikut ini semakin parah dan tidak mau hilang:

  • Perut
  • Muntah
  • Mengantuk
  • Tidak stabil dan kebingungan
  • Sembelit
  • Nafsu makan menurun
  • Mulut kering
  • Sulit buang air kecil
  • Berkeringat

Jika Anda mengalami salah satu gejala berikut, segera hubungi penyedia layanan kesehatan Anda:

  • Tidak stabil
  • Kesulitan bernapas
  • Halusinasi
  • Sulit bangun
  • Kejang

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Alfentanil?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Dokter harus diberitahu dari semua resep dan obat non resep yang digunakan pasien, terutama dari: MAO inhibitor digunakan dalam 2 minggu terakhir (misal, furazolidone, linezolid, phenelzine, procarbazine, selegiline, tranylcypromine), erythromycin, cimetidine. Laporkan penggunaan obat pasien yang menyebabkan kantuk, seperti: pil tidur, obat penenang, obat penenang, obat anti Рkecemasan, narkotika penghilang rasa sakit lainnya (misalnya, codein) obat untuk mengatasi masalah emosional, obat anti kejang, relaksan otot, anti-histamines yang menyebabkan kantuk (misalnya, diphenhydramine).  Selain itu, banyak obat batuk-dan-demam yang mengandung bahan-bahan yang menyebabkan kantuk. Tanyakan pada pasien jika mereka menggunakan jenis obat-obatan seperti itu. Jika diperlukan, konsultasikan pada apoteker tentang penggunaan yang aman dari produk tersebut. Obat-obat lain tidak boleh dimulai tanpa persetujuan dari dokter atau apoteker.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Alfentanil?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Alfentanil?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama

  • Riwayat pernah menderita penyakit ginjal, hati, jantung atau thyroid
  • Kejang
  • Asma
  • Radang paru-paru

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Alfentanil untuk dewasa?

Melalui pembuluh darah

Anestesi umum

Dewasa: Respirasi spontan: Dosis awal hingga 500 mcg Inj da lam30 detik dengan dosis tambahan 250 mcg. Ventilasi bantuan: 30-50 mcg/kg dengan dosis tambahan 15 mcg/kg; alternatif, dosis awal 50-100 mcg/kg dalam infus selama 10 menit atau melalui injeksi bolus diikuti dengan infus dengan kecepatan 0,5-1 mcg/kg/menit sebagai pemeliharaan. Infus pemeliharaan harus dihentikan 10-30 menit guna mengantisipasi operasi yang akan segera berakhir.

Melalui pembuluh darah

Induksi anestesi

Dewasa: Pada pasien dengan ventilasi bantuan yang harus menjalani prosedur yang berlangsung setidaknya 45 menit: 130-245 mcg/kg diikuti dengan dosis pemeliharaan 0,5-1,5 mcg/kg/menit atau anestetik inhalasi.

Melalui pembuluh darah

Analgesia pada pasien dengan pernapasan spontan

Dewasa: Awalnya, 3-8 mcg/kg diikuti dengan dosis tambahan 3-5 mcg/kg setiap 5-20 menit atau infus 0,25-1 mcg/kg/menit. Pasien harus di bawah pengawasan perawatan anestesi.

Berapa dosis obat Alfentanil untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis dan sediaan apa Aldesleukin tersedia?

Larutan, injeksi: 500 ug/Ml

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Prosedur Tummy Tuck, Menciptakan Perut yang Rata dan Kencang dengan Operasi

Tummy tuck adalah bedah kosmetik untuk memperbaiki bentuk dan tampilan perut. Seperti apa prosedurnya dan siapa saja yang boleh melakukannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Kecantikan 27 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Operasi Usus Buntu (Appendektomi)

Usus buntu yang mengalami infeksi dan berisiko pecah harus dikeluarkan lewat operasi. Apa saja yang harus Anda ketahui sebelum masuk kamar operasi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Operasi A-Z, Kesehatan A-Z 3 September 2019 . Waktu baca 7 menit

Efek Kokain Terhadap Otak dan Tubuh yang Harus Anda Ketahui

Kokain adalah narkotika yang paling berbahaya karena daya adiktifnya sangat tinggi. Penyalahgunaan obat ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 30 Oktober 2018 . Waktu baca 7 menit

Kapan Seseorang Harus Dibius Total, Lokal, Atau Spinal?

Ada tiga bentuk obat bius, yaitu total, lokal, dan regional. Nah, kapan seseorang biasanya akan diberikan bius total, lokal, dan regional?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Juni 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Makanan setelah operasi

Jenis Makanan Setelah Operasi yang Dapat Membantu Pemulihan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 3 menit
prostatektomi

Mengenal Prostatektomi, Operasi untuk Masalah Penyakit Prostat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 5 Agustus 2020 . Waktu baca 7 menit
efek narkoba pada otak

Efek Narkoba Pada Otak: Dari Kebutaan Sampai Kerusakan Saraf

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 27 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit