Albiglutide

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Untuk apa Albiglutide?

Albiglutide merupakan injeksi yang diperuntukkan bagi pasien dengan diabetes tipe dua. Pengobatan menggunakan Albiglutide akan diresepkan apabila obat-obatan jenis lain tidak mampu lagi mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik. Penggunaan injeksi obat ini tidak diperuntukkan bagi pasien dengan diabetes tipe 1 ataupun mereka yang memiliki diabetes ketoasidosis.

Albiglutide merupakan injeksi yang berada di kelas pengobatan inkretin mimetik. Hal itu berarti obat ini bekerja seperti inkretin yang akan membantu pankreas untuk mengeluarkan sejumlah insulin ke dalam darah ketika kadar gula di dalamnya meningkat (seperti yang terjadi pada keadaan setelah makan). Selain itu, injeksi ini juga berperan dalam memperlambat gerak makanan menuju usus untuk dicerna.

Aturan penggunaan Albiglutide

Albiglutide merupakan injeksi dengan sediaan awal berbentuk serbuk. Serbuk Albiglutide harus dicampur dengan air terlebih dahulu pada pena injeksi sebelum disuntikkan ke lapisan subkutan (lapisan bawah kulit). Biasanya, obat ini diberikan satu kali seminggu tanpa harus disertai dengan makan.

Dosis yang diberikan telah menyesuaikan kondisi kesehatan Anda. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter.

Untuk membantu Anda mengingat, suntikkan obat ini pada hari yang sama. Anda diperbolehkan untuk melakukan injeksi pada waktu kapan pun, baik sebelum makan atau setelah makan. Jika Anda ingin mengganti hari penyuntikkan, pastikan bahwa injeksi yang akan diberikan minimal berjarak empat hari dari pemberian injeksi terakhir.

Injeksi Albiglutide dapat dilakukan di daerah lengan atas, paha, atau area perut. Jangan menyuntikkan langsung ke pembuluh darah atau otot untuk mencegah terjadinya perubahan kadar gula darah secara drastis. Anda dapat menyuntikkan Albiglutide dan insulin pada area yang sama, namun jangan menyuntikkannya persis bersebelahan.

Selalu periksa cairan injeksi Albiglutide sebelum menyuntikkannya ke dalam tubuh Anda. Pastikan bahwa cairannya tetap kuning jernih dan bebas dari partikel padat. Obat ini dapat membantu mengontrol diabetes namun tidak menyembuhkannya.  Lanjutkan penggunaan Albiglutide jika Anda merasa lebih baik. Ikutilah petunjuk penggunaan dan resep yang dianjurkan oleh dokter Anda. Jangan mengurangi atau menambah dosisnya sebelum Anda mendiskusikannya dengan dokter Anda.

Cara penyimpanan Albiglutide

Simpan obat ini dalam suhu ruang maksimal selama empat minggu atau di dalam kulkas. Namun, jangan membekukannya. Jauhkan dari cahaya langsung dan ruangan dengan kelembapan tinggi. Jangan menyimpan obat ini di kamar mandi. Perhatikan instruksi penyimpanan obat yang tertera pada kemasan atau konsultasikan dengan apoteker Anda.

Jangan membuang obat-obatan ke dalam toilet atau saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan berikut ini bukanlah pengganti nasihat medis. Selalu konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda sebelum mulai melakukan pengobatan.

Dosis bagi pasien dewasa dengan diabetes tipe dua adalah 30 mg, sekali dalam satu minggu. Dosis dapat ditingkatkan hingga maksimal menjadi 50 mg sekali setiap minggu

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena penggunaan Albiglutide?

Albiglutide mungkin menyebabkan perubahan kadar gula dalam darah. Waspadai tanda-tanda hipoglikemia dan hiperglikemia yang terjadi. Beri tahu dokter Anda jika gejala-gejala berikut tak kunjung sembuh:

  • Mual
  • Diare
  • Rasa panas dan nyeri di dada (heartburn)
  • Radang, bengkak, atau gatal pada titik injeksi
  • Gejala seperti flu dan batuk

Beberapa efek samping yang diakibatkan dapat menjadi sangat serius seperti daftar di bawah ini. Hentikan injeksi Albiglutide dan hubungi dokter Anda untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  • Sakit perut bagian kiri atau tengah yang menjalar sampai ke punggung
  • Muntah
  • Gatal-gatal
  • Ruam
  • Kesulitan bernapas

Efek samping tersebut mungkin tidak terjadi pada semua orang. Tak semua efek samping yang terjadi sudah disebutkan pada daftar di atas. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai efek samping lain yang mungkin muncul.

Peringatan dan Pencegahan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Albiglutide?

  • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki riwayat alergi obat Albiglutide, atau obat-obatan lain.
  • Beri tahu dokter atau apoteker Anda mengenai obat-obatan yang Anda konsumsi atau akan Anda konsumsi, baik yang resep/nonresep maupun obat herbal. Pastikan untuk menyebutkan insulin atau pengobatan oral diabetes yang tengah dijalani, khususnya obat golongan sulfonilurea, termasuk Chlorpropamide, glimepiride, glipizide (Glucotrol), glyburide, tolazamide, dan tolbutamide.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah menderita pankreatitis, masalah pencernaan, termasuk gastroparesis (pergerakan makanan yang lambat dari lambung menuju usus kecil)
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda hamil, berencana hamil, atau menyusui dan membutuhkan kontrol gula darah. Tidak semua obat diabetes aman bagi ibu hamil dan menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai kemungkinan pengobatan yang bisa Anda dapatkan.
  • Tanyakan pada dokter mengenai apa yang harus Anda lakukan jika sakit, mengalami infeksi atau demam, serta terluka. Kondisi tersebut dapat memengaruhi kadar gula darah Anda dan dosis obat ini yang mungkin Anda butuhkan.

Peringatan penting

Injeksi Albiglutide mungkin dapat meningkatkan risiko Anda pada kanker kelenjar tiroid, termasuk kanker tiroid medular. Informasikan kepada dokter Anda jika Anda atau keluarga Anda memiliki riwayat kanker dalam keluarga.

Catatan

Obat ini berhenti diproduksi pada akhir Juli 2018 di Amerika Serikat. Jika Anda masih menggunakan pengobatan ini, konsultasikan dengan dokter Anda untuk kemungkinan penggantian obat. Penghentian obat ini bukan karena alasan keamanan, melainkan peresepan yang semakin jarang dari dokter di Amerika Serikat.

Interaksi Obat

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker, terutama:

  • Chlopropramide
  • Glimepiride
  • Glipizide
  • Glyburide
  • Tolazamide
  • Tolbutamide

Daftar di atas belum mencakup seluruh daftar obat yang mungkin saja dapat berinteraksi dengan Albiglutide. Dokter mungkin saja akan tetap meresepkan kedua obat yang saling berinteraksi jika benar-benar dibutuhkan. Ikuti arahan dokter Anda dalam mengonsumsi obat tersebut untuk meminimalisir risiko efek samping.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Gejala overdosis dapat berupa mual parah dan muntah-muntah.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, lakukanlah injeksi sesegera mungkin. Namun, apabila sudah melebihi tiga hari dari jadwal seharusnya, lewati dosis yang terlupakan dan tetaplah pada jadwal semula. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Obat Alami dan Tanaman Herbal yang Bermanfaat untuk Pengidap Diabetes

Menggunakan obat alami masih jadi favorit orang Indonesia untuk mengatasi diabetes. Ini dia 8 jenis obat herbal yang berpotensi paling baik buat diabetes.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Diabetes 7 September 2020 . Waktu baca 10 menit

Berbagai Pilihan Obat Diabetes yang Biasa Diresepkan Dokter

Meski tidak bisa disembuhkan, gejala diabetes melitus bisa dikendalikan dengan obat kencing manis generik dan pengobatan lain. Apa saja? Lihat di sini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Diabetes 7 September 2020 . Waktu baca 11 menit

3 Gejala Paling Khas Diabetes Insipidus yang Perlu Diwaspadai

Mengenali gejala khasnya sejak dini bisa jadi cara efektif untuk mencegah komplikasi diabetes insipidus di kemudian hari.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 26 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

Sering Dikira Penyakit Gula, Hati-hati Dengan Komplikasi Diabetes Insipidus

Diabetes insipidus tidak ada hubungannya dengan diabetes melitus. Maka, risiko komplikasi dari diabetes insipidus juga berbeda dengan penyakit gula.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 26 Juli 2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

efek samping metformin

Mengenal Efek Samping Metformin, Obat yang Umum Diresepkan untuk Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 8 September 2020 . Waktu baca 6 menit
makanan untuk penderita diabetes

15 Pilihan Makanan dan Minuman untuk Diabetes, Plus Menunya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 7 September 2020 . Waktu baca 13 menit
Pengobatan diabetes melitus

Diabetesi Bisa Hidup Sehat, Ini Pilihan Pengobatan Mengendalikan Gula Darah

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 7 September 2020 . Waktu baca 7 menit
daun insulin

Manfaat Daun Insulin untuk Menurunkan Gula Darah dan Kesehatan Diabetesi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 7 September 2020 . Waktu baca 5 menit