Actos

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 9 menit
Bagikan sekarang

Actos Obat Apa?

Apa itu Actos?

Actos adalah obat diabetes yang masuk ke dalam golongan glitazone. Obat ini mengandung pioglitazone sebagai bahan utamanya. Actos digunakan untuk membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada pasien diabetes tipe dua bersamaan dengan program diet dan olahraga. Actos tidak digunakan untuk membantu pengelolaan kadar gula darah pada pasien dengan diabetes tipe satu.

Actos adalah obat oral yang bekerja dengan cara membantu memperbaiki sensitivitas tubuh Anda dalam merespons insulin. Ketika tubuh mampu menerima insulin dengan baik, glukosa akan dipecah menjadi energi, sehingga tidak akan mengalir di dalam darah dan menghasilkan kadar gula darah yang normal.

Kontrol gula darah dapat membantu mencegah kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, amputasi, dan masalah fungsi seksual. Kontrol gula darah yang tepat juga menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke pada pasien diabetes tipe dua.

Aturan minum Actos

Ikuti petunjuk dokter Anda dalam mengonsumsi Actos. Actos adalah obat oral diabetes yang dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan, sesuai dengan arahan yang diberikan oleh dokter Anda. Obat ini biasanya diminum satu kali sehari.

Dosis yang diberikan mungkin akan berubah selama Anda mengonsumsinya. Dokter Anda mungkin memberikan dosis rendah pada awal pengobatan sebelum meningkatkannya secara bertahap bergantung dengan kadar gula darah yang Anda miliki, respons tubuh terhadap pengobatan, dan kondisi kesehatan Anda. Jangan menghentikan dosis atau memberhentikan konsumsi obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Jika Anda mengonsumsi obat anti-diabetes lain, seperti metformin atau golongan sulfonilurea lainnya, informasikan hal ini kepada dokter Anda. Perhatikan dengan saksama instruksi yang diberikan dokter Anda mengenai kapan harus menghentikan pengobatan lama dan beralih ke Actos.

Actos mungkin membutuhkan dua sampai tiga bulan sampai benar-benar menunjukkan hasil yang optimal. Minumlah obat ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang Anda harapkan. Untuk memudahkan Anda mengingat, minumlah obat ini pada jam yang sama setiap harinya. Jika Anda tak kunjung mengalami perbaikan atau semakin memburuk, segera hubungi dokter Anda.

Bagaimana cara menyimpan Actos?

Simpan obat ini pada suhu ruangan yang berkisar antara 15-30 derajat Celcius. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan tempat yang panas. Jangan menyimpan obat ini di kamar mandi dan jangan membekukannya. Merek lain dari pioglitazone mungkin membutuhkan perlakuan yang berbeda. Baca dengan saksama pada label kemasan yang tercantum. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Jangan menyiram obat-obatan ini ke dalam toilet atau saluran pembuangan kecuali jika diinstruksikan demikian. Buang produk ini ketika masa berlakunya telah habis atau sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai cara aman membuang produk Anda.

Dosis Actos

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Actos untuk pasien dewasa?

  • Dosis awal untuk pasien tanpa keluhan gagal jantung kongestif: 15 mg atau 30 mg, satu kali sehari
  • Dosis awal untuk pasien dengan keluhan gagal jantung kongestif: 15 mg, satu kali sehari
  • Dosis pemeliharaan: 15 – 45 mg, satu kali sehari bergantung kadar gula darah yang dilihat dari hasil tes HbA1C
  • Dosis maksimum harian: 45 mg

Bagaimana dosis Actos untuk pasien anak-anak?

Penggunaan Actos tidak direkomendasikan bagi pasien anak-anak yang berusia kurang dari 18 tahun.

Dalam dosis dan sediaan apakah Actos tersedia?

Tablet, Oral: 15 mg, 30 mg, 45 mg

Efek samping Actos

Efek samping apa yang mungkin terjadi akibat konsumsi Actos?

Radang tenggorokan, nyeri otot, penambahan berat badan, atau masalah pada gigi mungkin terjadi akibat konsumsi Actos. Jika gejala itu tak kunjung hilang atau bahkan memburuk, segera beri tahu dokter Anda.

Dokter Anda memberikan obat ini karena manfaatnya yang dinilai lebih besar dari kemungkinan risiko yang akan muncul. Penggunaan Actos sendiri diketahui jarang menimbulkan reaksi alergi yang serius.

Segera hubungi dokter Anda, jika mendapati tanda efek samping serius, seperti masalah penglihatan/penglihatan yang memburuk, patah tulang, urin yang berwarna kemerahan, tak mampu menahan buang air kecil, sakit saat buang air kecil, rasa sakit tanpa sebab pada kaki, tangan, dan lengan.

Pioglitazone yang terkandung dalam Actos, pada kasus yang jarang, menyebabkan munculnya penyakit lever. Informasikan kepada dokter Anda jika mendapati gejala penyakit hati yang ditandai dengan warna urin yang pekat, kuning pada mata atau kulit, mual dan muntah yang tak kunjung hilang, sakit perut bagian atas.

Reaksi alergi serius jarang terjadi akibat konsumsi obat ini. Meski begitu, jika Anda mendapati tanda-tanda reaksi alergi serius, seperti ruam, gatal, bengkak (pada area wajah, lidah, dan tenggorokan), pusing, dan kesulitan bernapas, segera hubungi dokter.

Daftar di atas bukan merupakan daftar lengkap dari efek samping yang terjadi akibat konsumsi Actos. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai kemungkinan efek samping yang Anda khawatirkan akan terjadi.

Peringatan dan Perhatian Obat Actos

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi Actos?

  • Informasikan kepada dokter Anda mengenai alergi obat yang Anda miliki, termasuk pioglitazone, dan juga obat-obatan lainnya. Actos mungkin mengandung bahan lain yang dapat menimbulkan reaksi alergi jika Anda memilikinya
  • Sebelum menggunakan obat ini, informasikan kepada dokter Anda mengenai riwayat kesehatan yang Anda miliki termasuk penyakit yang pernah dan sedang Anda derita, terutama gagal jantung kongestif atau penyakit jantung, penimbunan cairan, riwayat kanker kandung kemih, riwayat serangan jantung atau stroke, serta penyakit lever
  • Informasikan seluruh produk pengobatan yang sedang Anda konsumsi, termasuk obat yang diresepkan, nonresep, vitamin, atau obat herbal lainnya. Beberapa obat mungkin akan berinteraksi
  • Anda mungkin akan mengalami masalah penglihatan, pusing, atau rasa kantuk akibat penurunan gula darah yang terlalu ekstrem atau gula darah yang terlalu tinggi. Jangan melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan tinggi usai mengonsumsi obat ini sebelum Anda mengetahui dampaknya pada tubuh Anda
  • Jika Anda berencana menjalankan prosedur operasi, termasuk operasi gigi, informasikan kepada dokter/dokter gigi Anda mengenai pengobatan yang sedang Anda jalani
  • Pioglitazone dalam Actos mungkin dapat meningkatkan risiko patah tulang pada wanita. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai langkah pencegahan yang bisa Anda ambil
  • Pioglitazone dalam Actos dapat memicu terjadinya ovulasi sekalipun pada wanita yang telah memasuki masa menopause dan meningkatkan peluang terjadinya kehamilan yang tak direncanakan. Konsultasikan dengan dokter Anda terkait penggunaan alat kontrol kelahiran yang tepat ketika mengonsumsi obat ini
  • Informasikan kepada dokter Anda jika tengah hamil atau merencanakan kehamilan. Penggunaan obat ini pada ibu hamil hanya diberikan jika manfaat yang diberikan lebih besar dibandingkan risiko yang akan menimpa janin

Apakah Actos aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko Pioglitazone yang terkandung dalam Actos bagi ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C (mungkin berisiko) menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Interaksi Obat Actos

Obat-obatan apa saja yang mungkin berinteraksi dengan Actos?

Beberapa obat tidak dapat digunakan secara bersamaan karena akan menimbulkan interaksi obat. Interaksi obat mungkin mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping serius. Informasikan kepada dokter Anda mengenai seluruh produk obat-obatan yang Anda gunakan, baik yang diresepkan/nonresep, vitamin, maupun obat herbal.

Jika Anda menggunakan insulin, informasikan kepada dokter Anda sebelum mengonsumsi Actos. Mengonsumsi pioglitazine ketika menggunakan insulin dapat meningkatkan risiko penyakit jantung yang serius.

Beberapa obat yang mungkin menimbulkan interaksi dengan Actos adalah:

  • Gemfibrozil
  • Rifampin
  • Aspirin
  • Insulin
  • Vitamin B12
  • Pengobatan oral diabetes lainnya, seperti acetohexamide, chlorpropamide, glimepiride, glipizide, tolbutamide

Daftar di atas mungkin belum mencakup seluruh obat-obatan yang berinteraksi dengan Actos. Sampaikan kepada dokter Anda terkait produk yang Anda konsumsi.

Kondisi kesehatan apa saja yang dapat berinteraksi dengan Actos?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Diabetes tipe satu
  • Kanker kandung kemih
  • Edema
  • Penyakit pada organ hati
  • Anemia

Overdosis Actos

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan gawat darurat atau overdosis?

Segera hubungi bantuan darurat medis (119) atau segeralah ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan dalam keadaan overdosis. Overdosis bisa ditandai dengan turunnya gula darah atau hipoglikemia, yang ditandai dengan lemas parah, penglihatan kabur, berkeringat, kesulitan dalam berbicara, tremor, sakit perut, kebingungan, dan kejang.

Bagaimana jika saya lupa minum obat?

Segera konsumsi dosis yang terlewat begitu Anda mengingatnya. Jika waktunya sudah terlalu dekat dengan jadwal selanjutnya, abaikan jadwal yang terlewat dan lanjutkan pada jadwal selanjutnya. Jangan menggandakan dosis pada satu kali jadwal minum obat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Obat Alami dan Tanaman Herbal yang Bermanfaat untuk Pengidap Diabetes

Menggunakan obat alami masih jadi favorit orang Indonesia untuk mengatasi diabetes. Ini dia 8 jenis obat herbal yang berpotensi paling baik buat diabetes.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Diabetes 7 September 2020 . Waktu baca 10 menit

Berbagai Pilihan Obat Diabetes yang Biasa Diresepkan Dokter

Meski tidak bisa disembuhkan, gejala diabetes melitus bisa dikendalikan dengan obat kencing manis generik dan pengobatan lain. Apa saja? Lihat di sini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Diabetes 7 September 2020 . Waktu baca 11 menit

Concor

Concor adalah obat penurun tekanan darah tinggi dengan bahan aktif bisoprolol. Cari tahu tentang dosis, aturan pakai, dan interaksi obat ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 1 Maret 2019 . Waktu baca 8 menit

Tidak Boleh Menyuntikkan Insulin Selalu di Lokasi yang Sama, Kenapa?

Lokasi suntik insulin idealnya di perut karena banyak lemaknya. Namun, Anda sebetulnya tidak boleh mengulang suntikan di tempat yang itu-itu saja.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 November 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

efek samping metformin

Mengenal Efek Samping Metformin, Obat yang Umum Diresepkan untuk Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 8 September 2020 . Waktu baca 6 menit
makanan untuk penderita diabetes

15 Pilihan Makanan dan Minuman untuk Diabetes, Plus Menunya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 7 September 2020 . Waktu baca 13 menit
Pengobatan diabetes melitus

Diabetesi Bisa Hidup Sehat, Ini Pilihan Pengobatan Mengendalikan Gula Darah

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 7 September 2020 . Waktu baca 7 menit
daun insulin

Manfaat Daun Insulin untuk Menurunkan Gula Darah dan Kesehatan Diabetesi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 7 September 2020 . Waktu baca 5 menit