Nama Generik: Glukagon Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa Glukagon?

Glukagon adalah hormon yang berfungsi meningkatkan kadar gula darah. Obat ini juga berfungsi memperlambat pergerakan otot tak sadar di perut dan usus yang membantu pencernaan.

Glukagon digunakan untuk mengobati hipoglikemia (gula darah rendah) . Glukagon juga digunakan untuk pemeriksaan radiologis (x-ray) untuk membantu mendiagnosis gangguan tertentu dari perut atau usus.

Glukagon juga dapat digunakan untuk tujuan pengobatan tertentu yang  tidak tercantum dalam panduan pengobatan.

Bagaimana cara penggunaan Glukagon?

Glukagon disuntikkan di bawah kulit, di otot, atau di dalam pembuluh darah. Anda akan dirahkan bagaimana cara menyuntikkan glukagon dalam keadaan darurat untuk penyakit hipoglikemia yang parah. Informasikan dokter Anda setelah Anda menyuntikkan obat ini.

Obat ini dilengkapi dengan petunjuk penggunaan yang aman dan efektif untuk Anda dan pendamping Anda. Bacalah petunjuk penggunaan obat ini dengan saksama sebelum menyuntikkan glukagon.  Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter dan apoteker.

Penyakit Hipoglikemia harus diobati sesegera mungkin. Jika gula darah Anda terlalu rendah dapat menyebabkan kejang, koma, dan bahkan kematian.

Setelah menyuntikkan glukagon, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung sumber gula (seperti jus buah, jelly glukosa, kismis, soda non-diet), kemudian konsumsilah makanan ringan seperti keju, keripik, atau sandwich daging.

Pastikan Anda mengetahui cara menyuntikkan glukagon yang benar sebelum menggunakannya. Suntikkan setengah dosis glukagon pada anak-anak di bawah umur 6 tahun, atau pada orang yang memiliki berat badan kurang dari 20 kg.

Glukagon adalah obat bubuk yang harus dicampur dengan cairan (pengencer) sebelum digunakan. Siapkan obat hanya jika waktunya sudah tiba. Jangan gunakan obat ini jika warnanya telah berubah dan terdapat partikel lain di dalamnya. Segera hubungi dokter Anda jika masih terdapat partikel lain dalam obat setelah mencampurkan dosis glukagon yang baru.

Jika Anda seorang pendamping pasien, carilah bantuan medis segera setelah Anda menyuntikkan glukagon pada pasien. Jika pasien masih belum sadar dalam kurun waktu 15 menit, Anda sebaiknya menyuntikkan glukagon lagi pada pasien.

Anda harus mengetahui dan mengenali tanda-tanda terjadinya penurunan kadar gula darah, seperti: sakit kepala, muncul rasa lapar, tubuh melemah, berkeringat, kejang, iritabilitas menurun dan konsentrasi berkurang.

Selalu sediakan makanan yang mengandung sumber gula jika gejala di atas sering kambuh. Jika Anda menderita hipoglikemia yang tidak bisa mengonsumsi obat oral, gunakan glukagon yang disuntikkan. Pastikan keluarga atau teman dekat Anda tahu bagamana cara membantu Anda dalam keadaan darurat.

Lakukan pengecekan gula darah jika Anda sedang sakit atau stress, jika Anda sedang berpergian, berolahraga lebih banyak dari biasanya, setelah mengonsumsi alkohol, atau saat lupa makan. Hal tersebut dapat memengaruhi kadar glukosa Anda. Kemungkinan dosis pengobatan diabetes Anda akan berubah.

Tanyakan pada dokter Anda bagaimana cara mengatur dosis obat diabetes Anda. Jangan pernah mengganti dosis atau jadwal mengonsumsi obat tanpa sepengetahuan dokter Anda.

Atur pola makan anda, lakukan pengobatan secara rutin, dan berolahraga secara teratur dapat mencegah penyakit Hipoglikemia menjadi parah.

Bagaimana cara penyimpanan Glukagon?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Glukagon untuk orang dewasa?

Orang dewasa yang menderita Hipoglikemia

Berat badan kurang dari 20 kg: 0.5 mg (0.5 unit) subkutan, IM atau IV

Berat badan 20 kg atau lebih: 1 mg (1 unit) subkutan, IM atau IV

 

Dosis untuk keperluan pemeriksaan (diagnostik)

Obat ini sangat bermanfaat untuk pemeriksaan radiografi pada bagian perut, duodenum, dan usus kecil ketika motilitas usus berkurang.

0.25 mg sampai 2 mg IV atau 1 sampai 2 mg IM

Obat ini sangat bermanfaat untuk pemeriksaan usus besar ketika motilitas usus berkurang.

2 mg (2 units) IM, diberikan sesuai petunjuk penggunaan.

 

Bagaimana dosis Glukagon untuk anak-anak?

Anak-anak yang menderita Hipoglikemia

Neonatus: 0.02 – 0.2 mg/kg subkutan, IM atau IV (disosi maksimum: 1 mg);

Catatan: Ingat tanggal produksi dan kedaluwarsa obat

Anak-anak :

Berat badan kurang dari 20 kg: 0.5 mg (0.5 unit) atau sama dengan 20 sampai 30 mcg/kg.

Berat badan 20 kg atau lebih:  1 mg (1 unit) subkutan, IM atau IV

Dalam dosis apakah Glukagon tersedia?

Glukagon tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:

Berbentuk tablet atau suntikan: 1 mg

Larutan atau cairan hidrokrida: 1 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Glukagon?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

 

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Glukagon?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat oleh Anda dan dokter Anda. Untuk meminum obat ini, perhatikan hal berikut:

  • Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil atau sedang menyusui.
  • Beri tahu dokter Anda jika ada masalah kelenjar, pembuluh darah, pankreas, insulin atau pheochromocytoma, atau Anda menderita gizi buruk.

 

Alergi

  • Beri tahu dokter Anda jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Apakah Glukagon aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

   A= Tidak berisiko,

  B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,

   C=Mungkin berisiko,

   D=Ada bukti positif dari risiko,

   X=Kontraindikasi,

  N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Glukagon?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Mengonsumsi obat ini dengan obat di bawah ini dapat meningkatkan risiko efek sampingnya, namun pada beberapa kasus, kombinasi dua obat ini mungkin merupakan pengobatan terbaik. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Acenocoumarol
  • Anisindione
  • Dicumarol
  • Phenindione
  • Phenprocoumon
  • Warfarin

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Glukagon?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Glukagon?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Diabetes mellitus — ketika obat ini digunakan untuk melakukan pemeriksaan dengan sinar X pada pasien dengan diabetes yang tak terkendali, gula darah akan naik; atau sebaliknya, glukagon merupakan obat penting untuk mengobati Hipoglikemia (gula darah rendah)
  • Insulinoma (tumor di kelenjar pankreas yang menproduksi insulin dalam jumlah besar) – Konsentrasi gula darah akan turun
  • Feokromositoma – Glukagon dapat menyebabkan tekanan darah tinggi

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan