Ferric Hydroxide Sucrose Complex obat apa?

Oleh

Nama Generik: Ferric Hydroxide Sucrose Complex Merek: Rinofer, Venofer, Dialifer dan Nefrofer.

Penggunaan

Untuk apa ferric hydroxide sucrose complex?

Obat ini digunakan untuk mengobati kekurangan zat besi dalam darah (anemia) pada orang dengan penyakit ginjal berkepanjangan, Anda mungkin membutuhkan zat besi tambahan karena kehilangan darah selama dialisis ginjal. Tubuh Anda juga mungkin perlu lebih banyak zat besi jika Anda menggunakan obat erythropoietin untuk membantu membuat sel-sel darah merah baru.

Besi merupakan bagian penting dari sel darah merah dan diperlukan untuk mengangkut oksigen dalam tubuh. Banyak pasien dengan penyakit ginjal tidak bisa mendapatkan cukup zat besi dari makanan dan membutuhkan suntikan.

Bagaimana cara penggunaan ferric hydroxide sucrose complex?

Obat ini digunakan untuk mengobati kekurangan zat besi dalam darah (anemia) pada orang dengan penyakit ginjal berkepanjangan. Anda mungkin membutuhkan zat besi tambahan karena kehilangan darah selama dialisis ginjal. Tubuh Anda juga mungkin perlu lebih banyak zat besi jika Anda menggunakan obat  erythropoietin untuk membantu membuat sel-sel darah merah baru.

Besi merupakan bagian penting dari sel darah merah dan diperlukan untuk mengangkut oksigen dalam tubuh. Banyak pasien dengan penyakit ginjal tidak bisa mendapatkan cukup zat besi dari makanan dan membutuhkan suntikan.

Bagaimana cara penyimpanan ferric hydroxide sucrose complex?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis ferric hydroxide sucrose complex untuk orang dewasa?

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Defisiensi Zat Besi (Anemia)

Penyakit Ginjal Kronis bergantung Hemodialisis (HDD-CKD):

5 mL (100 mg zat besi) murni IV lambat selama 2 sampai 5 menit. Atau, 5 ml (100 mg zat besi) diencerkan dalam maksimal 100 mL 0,9% natrium klorida IV selama setidaknya 15 menit. Ulangi pada sesi hemodialisis berturut-turut dengan total dosis kumulatif 1000 mg.

Penyakit Ginjal Kronis Tidak Bergantung Dialisis (NDD-CKD):

10 mL (200 mg zat besi), murni, IV lebih dari 2 sampai 5 menit diberikan pada 5 kesempatan yang berbeda dalam jangka waktu 14- hari untuk mencapai dosis kumulatif total 1000 mg dalam periode 14- hari.

Atau, 25 mL (500 mg zat besi), diencerkan dalam maksimal 250 mL natrium klorida 0,9%, IV lebih dari 210 ke 240 menit diberikan pada hari 1 dan hari ke-14 untuk memberikan dosis kumulatif 1000 mg dalam jangka waktu 14- hari . Namun, ada pengalaman yang terbatas dengan regimen dosis ini. Sebuah uji klinis (n = 30) dilaporkan hipotensi pada 2 pasien setelah pemberian regimen dosis ini.

Penyakit Ginjal Kronis Bergantung Peritoneal Dialysis (PDD-CKD):

Dua infus dari 15 mL (300 mg besi elemental) masing-masing diencerkan dalam maksimal 250 mL 0,9% natrium klorida diberikan IV lebih dari 90 menit 14 hari terpisah, diikuti oleh satu infus 20 ml (400 mg besi elemental) diencerkan dalam maksimum 250 mL 0,9% natrium klorida diberikan selama 150 menit 14 hari setelah dosis kedua dengan total dosis kumulatif 1000 mg infus dalam jangka waktu 28 hari.

Bagaimana dosis ferric hydroxide sucrose complex untuk anak-anak?

Perawatan Pengobatan Besi  pada pasien dengan CKD Bergantung Hemodialisis

IV

Anak-anak ≥2 tahun: 0,5 mg/kg (tidak melebihi 100 mg per dosis) setiap 2 minggu selama 12 minggu; dapat dilakukan dengan injeksi IV lambat selama 5 menit atau diencerkan dalam 25 ml 0,9% natrium klorida injeksi lebih 5-60 minutes.1

Ulangi perawatan jika perlu.

Perawatan Pengobatan Besi  pada pasien dengan CKD Penerima ESA Tak Bergantung Hemodialisis

IV

Anak-anak ≥2 tahun: 0,5 mg/kg (tidak melebihi 100 mg per dosis) setiap 4 minggu selama 12 minggu; dapat dilakukan  dengan injeksi IV lambat selama 5 menit atau diencerkan dalam 25 ml 0,9% natrium klorida injeksi lebih 5-60 minutes.1

Ulangi perawatan jika perlu.

Perawatan Pengobatan Besi  pada pasien dengan CKD Penerima ESA Bergantung Peritoneal Dialysis

IV

Anak-anak ≥2 tahun: 0,5 mg/kg (tidak melebihi 100 mg per dosis) setiap 4 minggu selama 12 minggu; dapat dilakykan  dengan injeksi IV lambat selama 5 menit atau diencerkan dalam 25 ml 0,9% natrium klorida injeksi lebih 5-60 minutes.1

Ulangi perawatan jika perlu.

Dalam dosis apakah ferric hydroxide sucrose complex tersedia?

Solusi, intravena: 20 mg/mL (2,5 mL, 5 mL, 10 mL)

Bagian 3: Efek Samping

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena ferric hydroxide sucrose complex?

Efek samping yang umum termasuk kram otot, mual, muntah, rasa aneh di mulut, diare, sembelit, sakit kepala, batuk, sakit punggung, nyeri sendi, pusing, pembengkakan lengan/kaki, atau nyeri, bengkak, atau kemerahan di area injeksi.

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi berikut: gatal-gatal, gatal; mengi, kesulitan bernapas; pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Beritahu dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • nyeri dada
  • perasaan seperti Anda akan pingsan
  • bengkak di tangan Anda, pergelangan kaki, atau kaki
  • kesulitan bernapas; atau
  • tekanan darah tinggi (sakit kepala parah, penglihatan kabur, berdengung di telinga Anda, kecemasan, kebingungan, nyeri dada, sesak napas, detak jantung yang tidak rata, kejang).

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • kram otot
  • kelemahan, perasaan lelah
  • pusing, kecemasan, sakit kepala
  • mual, muntah, sakit perut
  • diare, sembelit
  • sakit telinga
  • sakit tenggorokan, nyeri sinus, atau hidung tersumbat
  • penurunan indra perasa
  • nyeri sendi
  • nyeri, pembengkakan, rasa panas, atau iritasi di sekitar jarum IV.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan ferric hydroxide sucrose complex?

Sebelum menerima injeksi besi sukrosa, beri tahu  dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap zat besi sukrosa injeksi; injeksi besi lainnya seperti ferumoxytol (Feraheme), dekstran besi (Dexferrum, Infed, Proferdex), atau natrium besi glukonat (Ferrlecit); obat lain; atau salah satu bahan dalam injeksi besi sukrosa. Tanyakan apoteker Anda untuk daftar bahan.

Beri tahu dokter dan apoteker apa resep dan obat nonresep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau berencana untuk digunakan. Pastikan untuk menyebutkan suplemen zat besi yang diambil melalui mulut. Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau monitor Anda dengan hati-hati untuk efek samping.
Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki kondisi medis tertentu. Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menerima besi sukrosa pengobatan injeksi, hubungi dokter Anda.

Apakah ferric hydroxide sucrose complex aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Studi pada wanita menunjukkan bahwa obat ini hanya menimbulkan risiko minimal untuk bayi ketika digunakan selama menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan ferric hydroxide sucrose complex?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Eltrombopag

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Minocycline
  • Mycophenolic Acid
  • Zinc

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan ferric hydroxide sucrose complex?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Menggunakan obat ini dengan salah satu dari berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi mungkin tidak dapat dihindari dalam beberapa kasus. Jika digunakan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan obat ini, atau memberikan instruksi khusus tentang penggunaan makanan, alkohol, atau tembakau.

  • makanan yang mengandung asam fitat

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan ferric hydroxide sucrose complex?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • hipotensi (tekanan darah rendah) – gunakan dengan hati-hati. Dapat membuat kondisi ini lebih buruk.
  • kelebihan zat besi – penggunaan tidak dianjurkan pada pasien dengan kondisi ini

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca