Nama Generik: Canesten Merek: . Reviews:

Penggunaan

Apa fungsi Canesten?

Canesten (Clotrimaxole) adalah obat luar antijamur yang biasa digunakan untuk mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh ragi (misalnya Candida), dermatofita (misalnya Trichophyton, Tinea), dan jamur lain, seperti:

  • Athlete’s foot (tinea pedis)
  • infeksi jamur pada selangkangan, yaitu gatal pada selangkangan(tinea cruris)
  • Kurap (tinea corporis)
  • Jamur ruam popok yang disebabkan oleh infeksi Candida albicans
  • Biang keringat yang disebabkan oleh infeksi Candida albicans..

Bagaimana cara pakai Canesten?

Krim Canesten harus diberikan secara oles ke daerah yang terkena dari kulit secara tipis dua sampai tiga kali sehari dan digosok dengan lembut.

Anda harus mencuci tangan Anda setelah menerapkan krim untuk menghindari penyebaran infeksi ke daerah lain.

Lama pengobatan tergantung kondisi Anda, sehingga, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum berhenti menggunakan obat ini bahkan jika gejala benar-benar menghilang. Sebaliknya, jika gejala menetap meskipun telah melakukan pengobatan, dapatkan saran medis dari dokter atau apoteker.

Bagaimana cara menyimpan Canesten?

Canesten (Clotrimaxole) paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram Canesten (Clotrimaxole) ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Canesten?

Sebelum menggunakan Canesten (Clotrimaxole), beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki:

  • Reaksi alergi: terhadap Canesten (Clotrimaxole), eksipien untuk bentuk sediaan yang mengandung Canesten (Clotrimaxole). informasi ini secara rinci tercantum dalam leaflet.
  • Reaksi alergi terhadap obat-obatan lain, makanan, pewarna, pengawet, atau hewan.
  • Anak-anak
  • Usia lanjut
  • Penggunaan untuk setiap kondisi kesehatan lainnya, obat-obatan yang memiliki risiko interaksi dengan Canesten (Clotrimaxole) tercantum di bawah ini.

Apakah Canesten aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan Canesten (Clotrimaxole)pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Efek Samping

Apa efek samping Canesten yang mungkin terjadi?

Seperti penggunaan obat-obatan lainnya, penggunaan Canesten (Clotrimaxole) dapat menyebabkan beberapa efek samping. Kebanyakan dari efek samping berikut jarang terjadi dan tidak memerlukan pengobatan tambahan. Namun, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki masalah apapun setelah minum obat ini.

Beberapa efek samping adalah iritasi pada daerah penggunaan, misalnya rasa terbakar, menyengat, gatal, kemerahan, ruam, melepuh atau mengelupas.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Canesten?

Canesten (Clotrimaxole) dapat berinteraksi dengan obat lain yang sedang Anda gunakan yang dapat mengubah cara obat Anda bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Untuk menghindari interaksi obat, Anda harus menyimpan daftar semua obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat nonresep dan produk herbal) dan beritahu dokter dan apoteker. Untuk keamanan Anda, jangan mulai menggunakan, berhenti menggunakan, atau mengubah dosis obat-obatan yang tercantum di bawah ini tanpa persetujuan dokter Anda.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Canesten?

Canesten (Clotrimaxole) dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol sehingga dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Silakan diskusikan dengan dokter atau apoteker Anda memgenai potensi interaksi makanan atau alkohol  sebelum menggunakan obat ini.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Canesten?

Canesten (Clotrimaxole) dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau mengubah cara kerja obat. Penting untuk selalu membiarkan dokter dan apoteker tahu semua kondisi kesehatan Anda saat ini.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Canesten.

Berapa dosis Canesten untuk orang dewasa??

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi tentang dosis Canesten (Clotrimaxole) hidroklorida.

Biasanya, Canesten (Clotrimaxole) dianjurkan untuk oleh diterapkan dalam jumlah yang secukupnya untuk menutupi daerah yang terkena untuk jangka waktu bervariasi tergantung pada sifat dan tingkat keparahan infeksi, seperti:

  • Untuk Tinea Cruris: dua kali sehari selama 2 minggu
  • Untuk Tinea Pedis: dua kali sehari selama 4 sampai 8 minggu
  • Untuk Cutaneous Candidiasis: dua kali sehari selama 2 sampai 4 minggu
  • Untuk Tinea Versicolor: dua kali sehari selama 2 sampai 4 minggu

Berapa dosis Canesten untuk anak?

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi tentang dosis Canesten (Clotrimaxole) hidroklorida.

Untuk anak-anak berusia lebih dari 3 tahun, Canesten (Clotrimaxole) umumnya direkomendasikan dengan diterapkan dalam jumlah yang secukupnya untuk menutupi daerah yang terkena untuk jangka waktu bervariasi tergantung pada sifat dan tingkat keparahan infeksi, seperti:

  • Untuk Tinea Corporis: dua kali sehari selama 4 minggu
  • Untuk Tinea Cruris: dua kali sehari selama 2 minggu
  • Untuk Tinea Pedis: dua kali sehari selama 4 sampai 8 minggu
  • Untuk Cutaneous Candidiasis: dua kali sehari selama 2 sampai 4 minggu
  • Untuk Tinea Versicolor: dua kali sehari selama 2 sampai 4 minggu

Dosis belum ditetapkan pada anak usia kurang dari 3 tahun. Obat ini mungkin tidak aman untuk anak Anda. Penting untuk selalu memahami keamanan obat sebelum menggunakannya. Silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam bentuk apa saja Canesten tersedia?

Canesten (Clotrimaxole) tersedia dalam bentuk sediaan  dan kadar berikut : Krim 1%, 2%

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016