home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Trichlormethiazide

Fungsi & Penggunaan|Pencegahan & Peringatan|Efek Samping|Interaksi Obat|Dosis
Trichlormethiazide

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Trichlormethiazide digunakan?

Trichlormethiazide adalah obat untuk mengurangi reabsorpsi elektrolit pada tubulus ginjal, sehingga meningkatkan ekskresi ion natrium dan ion klorida yang pada akhirnya akan meningkatkan keluarnya air. Obat ini juga mengurangi laju filtrasi glomerulus.

Bagaimana aturan pakai obat Trichlormethiazide?

Baca Panduan Pengobatan yang diberikan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan obat ini dan setiap kali Anda mendapatkan obat ini kembali. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Trichlormethiazide?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Trichlormethiazide?

Gangguan cairan dan elektrolit; sirosis hati; encok; DM; SLE; gagal jantung parah; gangguan ginjal. Awasi konsentrasi glukosa darah pada pasien yang memakai obat antidiabetik. Lanjut usia.

Apakah obat Trichlormethiazide aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA). (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Trichlormethiazide yang mungkin terjadi?

Ketidakseimbangan elektrolit (mis hipokloremik alkalosis, hiponatremia, dan hipokalemia); hiperglikemia; encok; mulut kering; haus; kelemahan; nyeri otot dan kram; kejang; Gangguan gastrointestinal; anoreksia; sialadenitis; sakit kepala; kelemahan; penglihatan menguning; Reaksi hipersensitivitas; ikterus kolestatik; pankreatitis; diskrasia darah; glikosuria; pusing; reaksi photosensitivity, hipotensi postural, parestesia.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Trichlormethiazide?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sekaligus, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin dapat mengubah dosis atau melakukan tindakan pencegahan lainnya mungkin diperlukan. Beritahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep lainnya yang beredar di pasaran.

Peningkatan aksi pemblokiran neuromuskular pada blocker neuromuskuler kompetitif seperti atracurium. Peningkatan risiko hipokalemia dengan kortikosteroid, corticotropin, β2agonists mis salbutamol, carbenoxolone, amfoterisin B atau reboxetine. Peningkatan risiko hipotensi dengan antihipertensi lainnya , alkohol, barbiturat atau opioid. Mengurangi efek antihipertensi dengan kortikosteroid, NSAID atau carbenoxolone. Peningkatan risiko nefrotoksisitas dengan NSAID. Peningkatan kebutuhan obat hipoglikemik pada pasien diabetes.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Trichlormethiazide?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Trichlormethiazide?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat memengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Trichlormethiazide untuk dewasa?

Oedema

1-4 mg setiap hari atau selang sehari.

Hipertensi

1-4 mg setiap hari saja atau dengan antihipertensi lain.

Berapa dosis obat Trichlormethiazide untuk anak-anak?

> 6 bulan: 70 mcg/kg sehari dalam 1 atau 2 dosis terbagi

Dalam dosis dan sediaan apa Trichlormethiazide tersedia?

Tablet

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Jika Anda akan menyuntikan Trichlormethiazide sendiri di rumah, bicarakan dengan dokter Anda tentang apa yang harus Anda lakukan jika Anda lupa untuk menyuntikkan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Trichlormethiazide. http://www.mims.com/usa/drug/info/trichlormethiazide/?type=full&mtype=generic#Dosage

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
Tanggal diperbarui 28/07/2017
x