home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Methylthioninium Chloride

Penggunaan|Dosis|Efek Samping|Pencegahan & Peringatan|Interaksi|Overdosis

Penggunaan

Untuk apa methylthioninium chloride?

Methylthioninium klorida adalah obat yang digunakan dalam terapi perawatan methaemoglobinaemia kronis, profilaksis formasi batu kemih oksalat, dan methaemoglobinaemia akut.

Bagaimana cara penggunaan methylthioninium chloride?

Gunakan produk ini sesuai arahan. Ikuti semua petunjuk pada kotak produk. Apabila Anda tidak yakin tentang informasi apapun, konsultasikan dengan dokter atau apoteker. Beri tahu dokter jika kondisi tidak kunjung atau semakin memburuk atau jika gejala baru berkembang. Bila Anda berpikir Anda mungkin memiliki masalah medis serius, dapatkan pertolongan medis secepatnya.

Bagaimana cara penyimpanan methylthioninium chloride?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis methylthioninium chloride untuk orang dewasa?

Oral

Terapi perawatan methaemoglobinaemia kronis

Dewasa: 100-300 mg per hari.

Infeksi saluran kemih

Dewasa: 65-130 mg tid. Dosis maksimal: 390 mg/hari.

Profilaksis formasi batu kemih oksalat

Dewasa: 65-130 mg tid. Dosis maksimal: 390 mg/hari.

Intravena

Methaemoglobinaemia akut

Dewasa: sebagai 1% larutan dalam dosis 1-2 mg/kg atau 25-50 mg/m2 selama beberapa menit. Ulangi dosis setelah 1 jam bila perlu. Dosis naik sampai 300 mg setiap hari telah digunakan.

Bagaimana dosis methylthioninium chloride untuk anak-anak?

Intravena

Methaemoglobinaemia akut

Anak-anak: sebagai 1% larutan dalam dosis 1-2 mg/kg atau 25-50 mg/m2 selama beberapa menit. Ulangi dosis setelah 1 jam bila perlu. Dosis naik sampai 300 mg setiap hari telah digunakan.

Dalam dosis apakah methylthioninium chloride tersedia?

Larutan, suntikan: 5 mg/ml

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena methylthioninium chloride?

Efek samping termasuk:

  • Air liur, urin, kotoran, dan kulit berwarna biru
  • IV (dosis tinggi): Mual, muntah, nyeri perut dan dada, sakit kepala, pusing, kebingungan mental, banyak berkeringat, dyspnea, hipertensi, methaemoglobinaemia, hemolisis.
  • Oral: gangguan GI, dysuria, demam (dosis tinggi), iritasi kantong kemih.
  • Intra-amniotik: Anemia hemolitik dan hiperbilirubinemia pada bayi baru lahir.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda ingin tahu tentang efek samping, konsultasikan kepada dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan methylthioninium chloride?

Sebelum menggunakan Methylthioninium klorida, beri tahu dokter dan apoteker:

  • Jika Anda alergi Methylthioninium klorida atau obat-obatan lainnya.
  • Jenis obat resep dan tanpa resep yang sedang Anda minum, termasuk vitamin.
  • Jika Anda hamil, berencana hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil saat menggunakan Methylthioninium klorida, hubungi dokter.

Apakah methylthioninium chloride aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori X menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko,
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C=Mungkin berisiko,
  • D=Ada bukti positif dari risiko,
  • X=Kontraindikasi,
  • N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan methylthioninium chloride?

Interaksi obat mungkin mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Dokumen ini tidak terdiri dari semua interaksi obat yang mungkin terjadi. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/tanpa resep dan produk herbal) dan berikan kepada dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan methylthioninium chloride?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan ahli penyedia layanan kesehatan profesional tentang penggunaan obat Anda bersama makanan, alkohol, atau rokok.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan methylthioninium chloride?

Adanya masalah medis lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama gangguan ginjal parah.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala: Mual, muntah, sakit prekordial, hipertensi, methaemoglobinaemia, sianosis. Penanganan: gejala dan suportif.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, dapatkan sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis untuk menggantikan dosis yang terlewatkan.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

MIMS. Methylthioninium Chloride. 2016. http://mims.com/Indonesia/Home/GatewaySubscription/?generic=Methylthioninium+Chloride Accessed February 18th, 2016

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 18/03/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team