home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Decatosin

Decatosin

Beberapa ibu hamil membutuhkan obat-obatan tertentu saat persalinan guna mempercepat proses melahirkan. Salah satu yang mungkin dokter berikan adalah Decatosin, yakni merek dagang dari golongan obat oksitosin.

Namun, penggunaan obat ini tidak boleh sembarang. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah informasi lengkap mengenai Decatosin, mulai dari aturan pakai, dosis, efek samping, dan ketentuan-ketentuan lainnya.

Golongan obat: Oksitosin

Kandungan obat: Hormon oksitosin

Apa itu obat Decatosin?

Decatosin adalah obat yang mengandung hormon oksitosin buatan untuk membantu merangsang kontraksi rahim selama persalinan.

Cara kerja obat ini mirip dengan hormon oksitosin yang secara alami ada di tubuh manusia, terutama pada wanita ketika menjelang melahirkan.

Biasanya, dokter merekomendasikan obat ini ketika tidak ada kontraksi rahim selama persalinan.

Pada kondisi ini, kegunaan dan manfaat obat Decatosin adalah sebagai obat induksi persalinan untuk mempercepat dan mempermudah proses melahirkan demi keselamatan ibu serta janin.

Selain merangsang kontraksi rahim, Decatosin memiliki beberapa fungsi lainnya.

Ini termasuk mencegah dan mengobati perdarahan setelah melahirkan (termasuk operasi caesar) serta merangsang payudara untuk memproduksi ASI.

Obat ini juga mungkin dokter gunakan untuk tujuan lain. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi selengkapnya.

Sediaan dan dosis obat Decatosin

penyebab gagal induksi persalinan

Obat Decatosin tersedia dalam bentuk cairan injeksi yang dikemas dalam bentuk ampul.

Setiap ampul mengandung 1 mililiter (mL) cairan, dengan kekuatan oksitosin sebanyak 10 UI/mL.

Adapun obat ini dijual dalam bentuk box, yang masing-masing box berisi 100 ampul.

Sementara untuk dosis obatnya bisa berbeda tergantung pada tujuan dan kegunaannya.

Berikut adalah gambaran dosis obat Decatosin sesuai kegunaannya dan aturan pakainya.

Induksi persalinan

Melansir MIMS, dosis awal golongan obat oksitosin untuk induksi persalinan adalah sebanyak 1-4 miliunit/menit melalui infus.

Dosis kemudian bisa ditingkatkan secara bertahap sebanyak 1-2 miliunit untuk selang waktu 20 menit hingga pola kontraksi yang diinginkan tercapai (3-4 kontraksi terjadi setiap 10 menit).

Hentikan pemberian obat jika kontraksi belum terjadi secara teratur meski telah mendapat obat hingga 5 unit atau dosis maksimum 20 miliunit/menit.

Pemberian obat kemudian bisa diulang pada hari berikutnya dengan dosis yang sama.

Perdarahan postpartum

Untuk mencegah atau menghentikan perdarahan postpartum, dosis yang digunakan yaitu sebesar 5 unit selama 5 menit melalui infus dengan kecepatan yang dianjurkan untuk atonia uteri.

Atonia uteri adalah kondisi saat rahim sulit berkontraksi setelah melahirkan. Adapun pemberian obat ini dokter lakukan setelah plasenta keluar.

Namun, perlu Anda pahami, Anda tak boleh sembarang menggunakan obat ini. Setiap pasien pun memiliki kondisi yang berbeda, sehingga dosis yang akan dokter berikan bisa berbeda pula.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Efek samping obat Decatosin

Efek samping tidak selalu terjadi pada ibu yang menggunakan obat ini. Namun, beberapa efek samping mungkin terjadi dari yang ringan hingga yang serius.

Berikut adalah beberapa efek samping dari obat Decatosin yang mungkin muncul.

  • Sakit kepala.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Kontraksi rahim yang tidak terkontrol.
  • Denyut jantung yang tidak teratur atau cepat.
  • Iritasi hidung.
  • Perdarahan yang berlebihan setelah melahirkan.
  • Penglihatan buram.
  • Kebingungan atau merasa goyah.
  • Hidung meler.
  • Kejang.
  • Pembengkakan yang tidak biasa.

Efek samping lainnya mungkin saja terjadi.

Jika Anda mengalami satu atau lebih dari efek samping tersebut atau khawatir akan suatu gejala tertentu, segera beritahu dan konsultasikan pada dokter Anda.

Apakah obat Decatosin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

induksi laktasi

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan merk obat ini pada ibu hamil dan menyusui.

Namun, berdasarkan US Food and Drugs Administration (FDA), obat golongan oksitosin, termasuk Decatosin, tergolong dalam kategori C atau mungkin berisiko.

Oleh karena itu, selalu konsultasikan pada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi obat Decatosin dengan obat lain

Obat Decatosin dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu.

Ini menyebabkan obat tidak dapat bekerja dengan baik atau bahkan menimbulkan efek samping tertentu yang mungkin bisa membahayakan kondisi Anda.

Oleh karena itu, beritahu pada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau herbal tertentu sebelum mendapat dosis obat ini.

Berikut adalah beberapa obat yang disebut dapat berinteraksi dengan Decatosin.

  • Prostaglandin, karena dapat meningkatkan efek oksitosin.
  • Obat-obatan yang dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur, karena oksitosin bisa menimbulkan efek tersebut.
  • Anestesi yang dihirup, seperti halothane, cyclopropane, sevoflurane, atau desflurane, karena dapat melemahkan kontraksi atau menimbulkan masalah pada detak jantung,
  • Obat anestesi untuk meredakan nyeri lokal atau regional, khususnya epidural yang digunakan selama melahirkan. Sebab, oksitosin bisa meningkatkan efek penyempitan pembuluh darah dari obat-obatan ini dan meningkatkan tekanan darah.

Mungkin ada beberapa obat lain yang dapat berinteraksi dengan obat ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai interaksi obat ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Decatosin | PIO Nas. Pionas.pom.go.id. (2021). Retrieved 14 October 2021, from http://pionas.pom.go.id/obat/decatosin

Decatosin Injeksi / Decatosin Injection in bahasa Indonesia – Produk – TabletWise.com. (2021). Retrieved 14 October 2021, from https://www.pengobatan.org/indonesia-id/decatosin-injection

OKSITOSIN | PIO Nas. Pionas.pom.go.id. (2021). Retrieved 14 October 2021, from http://pionas.pom.go.id/monografi/oksitosin

Oxytocin: Indication, Dosage, Side Effect, Precaution | MIMS Indonesia. Mims.com. (2021). Retrieved 14 October 2021, from https://www.mims.com/indonesia/drug/info/oxytocin?mtype=generic

Oxytocin Uses, Side Effects & Warnings – Drugs.com. Drugs.com. (2021). Retrieved 14 October 2021, from https://www.drugs.com/mtm/oxytocin.html#warnings

Oxytocin injection. Cleveland Clinic. (2021). Retrieved 14 October 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/19703-oxytocin-injection

Oxytocin 10 IU/ml Concentrate for Solution for Infusion – Summary of Product Characteristics (SmPC) – (emc). Medicines.org.uk. (2021). Retrieved 10 November 2021, from https://www.medicines.org.uk/emc/product/1971/smpc#gref

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh Apt. Seruni Puspa Rahadianti, S.Farm.