banner

Wajib Dibaca!

Diabetes Lebih Jauh

Manajemen

Asupan Makanan dan Olahraga

Hal Penting Lainnya

Cek Risiko Kesehatan Anda

Subot Icon

Deteksi Dini Prediabetes

Subot Icon

Skrining Manajemen Diabetes Melitus

Subot Icon

Pengingat Vaksin Dewasa

Pertanyaan Seputar Diabetes

Apa saja tipe-tipe diabetes?

Icon Chevron

Ada berbagai jenis diabetes. (1) Diabetes tipe 1 merupakan suatu kondisi autoimun. Antibodi menyerang pankreas Anda, mengganggu kemampuannya untuk memproduksi insulin. (2) Diabetes tipe 2 yang dianggap lebih ringan daripada diabetes tipe 1, dan biasanya merupakan hasil dari gaya hidup. Obesitas seringkali dapat menyebabkan resistensi insulin, yang terjadi ketika sel tidak merespons insulin. Ini membuat insulin yang diproduksi oleh pankreas tidak cukup untuk mengatur kadar gula darah. (3) Diabetes gestasional pada beberapa ibu hamil, yang kehamilannya menyebabkan resistensi insulin. Karena gula darah mengalir melalui plasenta wanita ke bayi, penting untuk mengontrol diabetes gestasional agar bayi tetap aman dan sehat.

Apa saja gejala diabetes yang paling umum?

Icon Chevron

Anda mungkin menderita diabetes jika Anda menunjukkan gejala: merasa lebih haus dari biasanya atau rasa haus yang meningkat; penurunan berat badan yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan; sering buang air kecil atau menemukan semut tertarik untuk buang air kecil; merasa sangat lapar terus-menerus; penglihatan kabur atau terganggu; kerap merasa lelah dan lekas marah; serta penyembuhan lambat dan sering luka.

Bagaimana diabetes didiagnosis?

Icon Chevron

Diabetes didiagnosis menggunakan tes darah dengan memeriksa gula darah atau kadar glukosa darah Anda. Anda dapat menguji kadar glukosa darah Anda melalui tiga tes: tes gula darah puasa, tes gula darah sewaktu, dan tes HbA1c. Jika kadar glukosa darah Anda lebih tinggi dari kisaran normal, Anda kemungkinan didiagnosis menyandang diabetes. Tanyakan kepada dokter tentang tes ini dan kisaran apa yang harus Anda perhatikan.

Seharusnya berapa kadar gula darah saya?

Icon Chevron

Umumnya, kadar gula darah normal Anda berkisar antara 80 hingga 130 mg/dL sebelum makan, dan kurang dari 180 mg/dL dua jam setelah makan. Meskipun demikian, angka tersebut mungkin berbeda berdasarkan usia, kondisi kesehatan, dan faktor lainnya. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui kadar gula darah Anda yang masuk ukuran sehat atau normal.

Apa yang bisa saya makan saat menyandang diabetes? Perlukah saya diet rendah karbo?

Icon Chevron

Meski diperkenankan untuk makan beberapa makanan favorit, Anda mungkin harus melakukannya dalam jumlah sedang. Dokter akan menganjurkan pola makan khusus untuk Anda dengan menyusun rencana makan seimbang yang berfokus pada sayur-mayur, buah-buahan, biji-bijian, protein, dan produk susu rendah lemak. Anda mungkin juga harus membatasi asupan makanan yang digoreng, makanan asin, dan asupan manis seperti jus, soda, atau dessert.

Apakah penderita diabetes dilarang mengonsumsi gula?

Icon Chevron

Meski pola makan buruk seperti makan terlalu banyak makanan manis dapat memperbesar risiko terkena diabetes, bukan berarti Anda harus meninggalkan gula sama sekali ketika Anda didiagnosis menyandang diabetes. Anda dapat menikmati camilan sesekali selama itu merupakan bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang. Gula juga membantu menaikkan kadar gula darah Anda yang terlalu rendah.

Bisakah insulin menyembuhkan diabetes?

Icon Chevron

Insulin tidak dapat menyembuhkan diabetes. Belum ada obat untuk diabetes saat ini. Namun, terapi insulin merupakan cara efektif untuk menurunkan kadar gula darah, mengelola kondisi diabetes Anda, dan mencegah komplikasi kesehatan lain yang berkaitan dengan diabetes. Konon, penyandang diabetes tidak bisa mengandalkan insulin saja. Penting agar perawatan ini dilanjutkan, bersama dengan membuat perubahan gaya hidup yang sehat serta berjangka panjang.

Apakah penyandang diabetes lebih rentan flu dan terkena penyakit lainnya?

Icon Chevron

Karena sistem kekebalan tubuhnya terpengaruh, penyandang diabetes lebih rentan terhadap flu dan penyakit lainnya. Penderita diabetes harus lebih berhati-hati terhadap penyakit yang berkembang seperti flu. Penyandang diabetes, bahkan meskipun dikelola dengan baik, memiliki risiko lebih tinggi terkena komplikasi flu serius yang dapat menyebabkan rawat inap atau, lebih buruk lagi, kematian. Komplikasi terkait flu termasuk pneumonia, bronkitis, infeksi sinus (sinusitis), atau infeksi telinga. Flu juga dapat memengaruhi kadar gula darah Anda dan menyulitkan dalam pengelolaan diabetes. Cara terbaik untuk melindungi diri dari flu dan penyakit lainnya yakni dengan mendapatkan vaksin flu dan terus mempraktikkan pencegahan yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan setempat.

Faktor risiko apa yang meningkatkan kemungkinan diabetes?

Icon Chevron

Beberapa orang yang memiliki faktor risiko tertentu lebih mungkin menyandang diabetes. Faktor risiko tersebut antara lain: keturunan (ada sejarah keluarga yang menyandang diabetes), berat badan, kurangnya aktivitas fisik, tekanan darah tingi atau hipertensi, usia, serta terkena sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko diabetes?

Icon Chevron

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko terkena diabetes: (1) Menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Diet dan olahraga akan membantu Anda menurunkan berat badan. Konsultasikan dengan dokter tentang cara menurunkan berat badan yang aman. (2) Lebih aktif secara fisik. Hanya 30 menit sehari atau total 150 menit aktivitas fisik seminggu dapat membantu Anda mencegah diabetes. Aktivitas fisik juga dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas Anda terhadap insulin. (3) Memperhatikan asupan makanan. Ini berarti merencanakan pola makan yang sehat dan seimbang, termasuk disarankan untuk konsumsi sayur-mayur dan lemak tak jenuh.

Apa fun fact tentang diabetes?

Icon Chevron

(1) Lebih dari 60% penderita diabetes tinggal di Asia. (2) Cina dan India memiliki populasi penyandang diabetes tertinggi di dunia, masing-masing 116 juta dan 77 juta. (3) Jika penglihatan Anda tiba-tiba membaik, itu bisa menjadi gejala diabetes tipe 2. Retensi cairan dapat mengoreksi mata pada beberapa orang! (4) Insulin "manusia" sintetis pertama diproduksi pada 1978 menggunakan bakteri E.coli.

Saya masih memiliki pertanyaan tentang diabetes, apa yang harus dilakukan?

Icon Chevron

Kunjungi halaman Fokus Diabetes ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang diabetes. Anda juga dapat berkonsultasi melalui penyedia layanan kesehatan setempat atau menghubungi ahli endokrinologi untuk informasi lebih lanjut.

Diabetes Lebih Jauh

Manajemen

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita


Anda atau keluarga hidup dengan diabetes?

Anda tidak sendiri. Ayo gabung bersama komunitas pasien diabetes dan temukan berbagai cerita bermanfaat dari pasien lainnya. Daftar sekarang!


Video Seputar Diabetes