Hidup dengan diabetes? Anda tidak sendiri. Ikut komunitas kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Manfaat Sepatu Khusus Diabetes dan Tips Aman Memilihnya

Manfaat Sepatu Khusus Diabetes dan Tips Aman Memilihnya

Pasien diabetes atau diabetesi memerlukan perawatan kulit dan kaki. Dokter umumnya menyarankan Anda untuk memeriksa kaki diabetes secara rutin dan memakai sepatu khusus karena memiliki sejumlah manfaat. Bagaimana cara memilih sepatu diabetes yang baik?

Kenapa diabetesi perlu memakai sepatu khusus?

Pasien diabetes umumnya memiliki kadar gula darah tinggi. Saat tidak terkontrol kondisinya, gula darah ini bisa merusak saraf dan pembuluh darah di kaki.

Rusaknya sistem saraf kaki akibat diabetes atau dikenal sebagai neuropati diabetik dapat menyebabkan kaki Anda sering mengalami kesemutan atau mati rasa.

Hal ini membuat Anda sering tidak menyadari lecet, luka, atau cedera. Sirkulasi darah yang buruk juga memperparah proses penyembuhan luka.

Diabetes juga memengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga lecet dan luka lebih mudah terinfeksi. Akibatnya, Anda berisiko terkena luka diabetes (ulkus diabetikum).

Selain terganggunya saraf dan pembuluh darah, komplikasi diabetes pada kaki bisa menyebabkan hammertoe.

Hammertoe adalah bentuk deformitas kaki yang menyebabkan jari-jari kaki tampak menekuk ke bawah.

Oleh karena itu, dokter mungkin menyarankan untuk memakai sepatu khusus diabetes.

Manfaat menggunakan sepatu diabetes

Sepatu khusus ini umumnya dirancang sesuai kondisi pasien berdasarkan anjuran dokter spesialis masalah kaki atau podiatris.

Menurut penjelasan American Orthopaedic Foot & Ankle Society, pasien diabetes bisa mendapatkan berbagai manfaat dari penggunaan sepatu khusus.

  • Menghindari dan meringankan terlalu banyak tekanan pada bagian kaki tertentu yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.
  • Mengurangi tekanan, guncangan, atau pergeseran saat menggunakan alas kaki.
  • Mendukung deformitas atau perubahan bentuk kaki, seperti hammertoe dan amputasi dalam menghilangkan rasa sakit dan mengurangi keparahannya.
  • Membatasi pergerakan sendi kaki tertentu yang dapat mengurangi peradangan, menghilangkan rasa sakit, dan menstabilkan gerakan kaki.

Cara memilih sepatu diabetes

cara memilih sepatu diabetes

Sangat penting untuk memilih bentuk dan ukuran sepatu yang pas.

Bentuk sepatu sebaiknya cukup panjang dan lebar, tetapi tidak terlalu longgar saat digunakan.

Ukuran sepatu yang terlalu pendek punya risiko lebih tinggi untuk menyebabkan lecet, luka, kapalan, hammertoe, dan kerusakan kuku kaki.

Sementara itu, sepatu yang tidak cukup lebar dapat membuat jari-jari kaki saling bergesekan bahkan menyebabkan bunion, yakni melengkungnya ibu jari kaki ke arah dalam.

Hal-hal ini membuat pemilihan sepatu diabetes yang baik lumayan sulit. Maka dari itu, Anda perlu bantuan podiatris untuk menentukan mana alas kaki yang tepat.

Beberapa jenis sepatu diabetes di bawah ini mungkin dokter resepkan sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

1. Orthosis

Orthosis adalah alat bantu khusus yang disisipkan dalam sepatu dan bisa dilepas pasang.

Bentuknya bisa berupa busa atau gel padat yang berfungsi mengurangi tekanan pada kaki.

Alat ini bisa dibuat sesuai dengan model kaki pasien diabetes untuk tingkat kenyamanan yang lebih baik.

2. Healing shoes

Jenis sepatu diabetes ini umumnya pasien gunakan setelah menjalani operasi atau sebagai bagian dari pengobatan ulkus diabetikum pada kaki.

Healing shoes dapat berbentuk sandal terbuka atau tertutup.

Namun, sepatu khusus pasien diabetes umumnya menggunakan model tertutup untuk perlindungan lebih baik.

3. In-depth shoes

In-depth shoes merupakan jenis sepatu diabetes yang umum direkomendasikan dokter.

Jenis sepatu ini memiliki ukuran 0,6 hingga 1,2 cm lebih dalam dari sepatu biasa.

Volume ekstra di dalam sepatu dapat menyesuaikan perubahan bentuk kaki, seperti kapalan atau hammertoe.

Hal ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan orthosis.

Sepatu ini cenderung memiliki bobot yang ringan, bentuk sol yang menyerap guncangan, dan tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk semua bentuk kaki.

4. Custom-made shoes

Jika pasien mengalami kelainan bentuk kaki yang parah, dokter akan meresepkan model sepatu khusus sesuai bentuk kaki Anda.

Dengan modifikasi khusus, jenis sepatu yang juga dikenal sebagai prescription footwear ini dapat membantu pasien diabetes dengan komplikasi parah dalam beraktivitas.

Perhatikan hal ini saat memakai sepatu diabetes

Sebuah artikel dalam Journal of Foot and Ankle Research menyebutkan aturan tentang penggunaan sepatu atau alas kaki untuk orang dengan diabetes.

Peneliti menyarankan pasien diabetes untuk memakai alas kaki yang pas sehingga manfaat sepatu ini dalam melindungi kaki bisa lebih optimal.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memakai sepatu diabetes seperti di bawah ini.

  • Selalu memakai kaus kaki di dalam sepatu untuk mengurangi pergeseran dan gesekan yang bisa menimbulkan lecet atau luka.
  • Orang dengan diabetes yang berisiko mengalami luka kaki lebih baik memakai sepatu setiap saat, baik di dalam maupun di luar ruangan.
  • Memeriksa sepatu sebelum dipakai untuk memastikan tidak ada benda asing di dalam yang bisa melukai kaki.
  • Memeriksa kondisi kaki setiap kali dilepas untuk memastikan tidak adanya tanda-tanda tekanan, trauma, hingga lecet atau luka setelah pemakaian.
  • Tambahkan orthosis atau sisipan tambahan di alas sepatu untuk orang dengan gangguan struktur kaki atau luka pada kaki.
  • Periksa ke podiatris setiap tiga bulan sekali untuk memastikan ukuran sepatu masih cukup pas untuk melindungi dan menopang kaki.

Segera lakukan pemeriksaan apabila bentuk kaki mulai berubah atau timbul tanda-tanda kerusakan kulit, kemerahan, atau pembengkakan.

Sepatu diabetes hanyalah alat bantu penunjang aktivitas bagi pasien diabetes. Anda tetap perlu melakukan pengobatan diabetes atau komplikasi kaki diabetes yang dialami.

Anggota keluarga dan para kerabat pasien sebaiknya juga mengetahui manfaat sepatu diabetes untuk mencegah komplikasi penyakit gula darah.

Jika memiliki pertanyaan lebih lanjut, lebih baik konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan solusi terbaik masalah Anda.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Anda atau keluarga hidup dengan diabetes?

Anda tidak sendiri. Ayo gabung bersama komunitas pasien diabetes dan temukan berbagai cerita bermanfaat dari pasien lainnya. Daftar sekarang!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Foot Complications. American Diabetes Association. Retrieved 8 October 2021, from https://www.diabetes.org/diabetes/complications/foot-complications

Footwear for People with Diabetes. Diabetes. (2019). Retrieved 8 October 2021, from https://www.diabetes.co.uk/foot-care/diabetic-shoes-and-footwear.html

Custom Shoes for Diabetics. American Orthopaedic Foot & Ankle Society. (2020). Retrieved 8 October 2021, from https://www.footcaremd.org/conditions-treatments/the-diabetic-foot/custom-shoes-for-diabetics

van Netten, J., Lazzarini, P., Armstrong, D., Bus, S., Fitridge, R., & Harding, K. et al. (2018). Diabetic Foot Australia guideline on footwear for people with diabetes. Journal Of Foot And Ankle Research, 11(1). https://doi.org/10.1186/s13047-017-0244-z

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 19/10/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan