home
Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

FAQ

Apa itu ovulasi?

Ovulasi adalah periode dalam siklus menstruasi wanita ketika telur yang matang dilepaskan dari ovarium dan berpindah ke tuba fallopi. Di sana, telur menunggu untuk difertilisasi (dibuahi). Apabila tidak terfertilisasi, telur akan terurai dan lapisan rahim luruh selama periode menstruasi wanita berlangsung.

Berapa lama ovulasi dan masa subur berlangsung?

Siklus menstruasi setiap wanita tidak sama, maka masa subur juga berbeda-beda. Seorang wanita dapat memiliki masa subur selama 6 hari, tetapi ovulasi terjadi hanya sekali dan bertahan antara 12 hingga 28 jam.

Masa paling subur wanita terdapat pada tiga hari menjelang ovulasi dan termasuk hari ovulasi.

Memantau Siklus Haid

Penting bagi Anda untuk rutin memantau siklus haid. Bila ada yang berubah dalam siklus, seperti terlambat haid, pendarahan berat atau nyeri yang berlebihan, bisa menjadi sinyal untuk memeriksa kondisi Anda, termasuk kemungkinan hamil.

Menstruasi saya tidak teratur, bagaimana cara mengetahui jika saya sedang berovulasi?

Bila menstruasi Anda tidak teratur, akan lebih sulit untuk mengetahui waktu ovulasi. Pasalnya, Anda tidak berovulasi di waktu yang sama, atau masa ovulasi Anda berbeda-beda tiap bulannya. Untuk itu, Anda dapat mencoba metode lain untuk memprediksi waktu subur dan ovulasi, seperti mengukur suhu basal tubuh Anda.

Merencanakan Kehamilan

Kehamilan terjadi saat sperma masuk ke dalam vagina, lalu menyusuri rahim dan masuk ke dalam tuba falopi untuk membuahi sel telur. Sangat penting bagi Anda untuk tahu masa subur supaya bisa hamil, karena saat itulah sel telur siap untuk dibuahi.

Bila Anda berusia di bawah 40 tahun dan melakukan hubungan seks secara rutin tanpa kontrasepsi, 8 dari 10 orang yang melakukannya kemungkinan akan hamil dalam waktu setahun.

 

Apakah kalkulator ovulasi dapat membantu dalam perencanaan kehamilan?

Kalkulator ini membantu menentukan kapan kemungkinan Anda berovulasi. Menurut penelitian, mengetahui hari subur dapat meningkatkan peluang pembuahan. Dengan kata lain, kalkulator ovulasi adalah perkiraan – tidak dapat 100% menjamin wanita untuk hamil.

Mencegah Kehamilan

Dengan mengetahui masa subur, Anda juga bisa mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Metode ini bisa disebut dengan KB alami atau KB kalender. Untuk menjalankan ini, Anda harus memantau siklus haid dan masa subur sebelumnya selama beberapa bulan.

Apakah kalkulator ovulasi merupakan salah satu upaya dalam mengontrol kehamilan?

Kalkulator ovulasi tidak direkomendasikan sebagai alat untuk mengontrol kehamilan. Meski metode penghitungan kalender atau metode ritme mirip seperti perencanaan kehamilan secara alami, kalkulator ini kurang efektif jika digunakan untuk mengontrol kehamilan dengan tingkat akurasi sebesar 76%. Metode penghitungan hari melacak siklus menstruasi untuk memprediksi hari subur dan tanggal ovulasi Anda.

Apakah kalkulator ovulasi dapat membatu memengaruhi jenis kelamin janin?

Umumnya, tidak direkomendasikan untuk menggunakan kalkulator ovulasi sebagai alat untuk mencoba menentukan jenis kelamin. Beberapa studi telah dilakukan selama beberapa tahun mengenai hal ini.

Satu dari beberapa ide dalam upaya menentukan gender yang paling populer adalah metode Shettles, yang mengklaim bahwa Anda dapat menentukan jenis kelamin melalui beberapa faktor, termasuk waktu pembuahan. Dengan kata lain, metode ini kurang memiliki data medis atau ilmiah untuk menjamin kemanjurannya.

Referensi dan Sumber

Gestational age. MedlinePlus US National Institute of Health. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://medlineplus.gov/ency/article/002367.htm

Why is 40 weeks so Important? New York Department of Health. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://www.health.ny.gov/community/pregnancy/why_is_40_weeks_so_important.htm#:~:text=Pregnancy%20lasts%20for%20about%20280,between%2029%20and%2033%20weeks.

Baby due date. Better Health Channel Victoria Department of Health. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/baby-due-date

Know Your Terms – Full Term Pregnancy. US National Institute of Child and Health Development. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://www.nichd.nih.gov/ncmhep/initiatives/know-your-terms/moms

ACOG Committee Opinion No. 764: Medically Indicated Late-Preterm and Early-Term Deliveries. US National Institute of Health National Library of Medicine. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30681545/