Fluorouracil Obat Apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Fluorouracil Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Fluorouracil digunakan?

Fluorouracil adalah obat untuk mengobati pertumbuhan kulit pra-kanker dan kanker. Fluorouracil termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai anti-metabolit. Obat ini bekerja dengan menghalangi pertumbuhan sel tidak normal yang menyebabkan kondisi kulit tersebut.

Bagaimana aturan pakai obat Fluorouracil?

Gunakan obat ini seperti yang diarahkan oleh dokter. Sebelum Anda menerapkan obat ini pada kulit, bersihkan daerah yang terkena dan keringkan dengan baik. Tunggu 10 menit, kemudian terapkan sedikit obat untuk kulit yang terkena, gunakan secukupnya untuk menutupi area dengan film tipis. Cuci tangan Anda segera setelah menerapkan obat ini, bahkan jika Anda menggunakan sarung tangan.

Area yang diobati mungkin menjadi tidak enak dilihat selama pengobatan dan dalam beberapa kasus selama beberapa minggu setelah pengobatan. Jangan menutupi area dengan kain kasa, plester luka, atau perban. Periksakan dengan dokter Anda apakah Anda dapat menutupi area yang diobati dengan kain kasa longgar.

Hindari menerapkan obat ini di atau sekitar mata atau kelopak mata. Selain itu, jangan gunakan obat ini dalam hidung atau mulut. Jika Anda terkena obat ini di area tersebut, bilas dengan air yang banyak.

Gunakan obat ini sesuai yang ditentukan. Jangan berhenti menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Jangan meningkatkan dosis atau menggunakannya lebih sering daripada diarahkan. Kondisi Anda tidak akan pulih lebih cepat dan efek samping akan meningkat.

Jika kondisi Anda semakin memburuk atau tidak membaik, segera konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Fluorouracil?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Fluorouracil?

Sebelum menggunakan fluorouracil,

  • Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap fluorourasil atau obat lain.
  • Beri tahu dokter dan apoteker tentang obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau yang akan Anda gunakan terutama produk topical lainnya. Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau memantau Anda dengan hati-hati untuk adanya efek samping.
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki kekurangan enzim dihidropirimidin dehidrogenase (DPD) (kurangnya enzim alami dalam tubuh Anda).
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan fluorouracil, segera hubungi dokter Anda. Fluorouracil dapat membahayakan janin.
  • hindari paparan sinar matahari dan sinar UV (seperti kamar tanning) yang tidak perlu atau terlalu lama dan gunakan pakaian pelindung, kacamata hitam, dan tabir surya. Fluorouracil dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari.

Apakah obat Fluorouracil aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori X menurut US Food and Drugs Administration (FDA). (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Tidak ada penelitian yang memadai pada wanita untuk menentukan risiko pada bayi ketika menggunakan obat ini selama menyusui. Pertimbangkan potensi manfaat terhadap potensi risiko sebelum menggunakan obat ini saat menyusui.

Efek Samping

Apa efek samping Fluorouracil yang mungkin terjadi?

Efek samping yang serius tidak mungkin terjadi. Hentikan penggunaan fluorouracil topikal dan dapatkan bantuan medis darurat jika Anda mengalami reaksi alergi (sesak napas; pennyumbatan tenggorokan, pembengkakan bibir, wajah, atau lidah, atau gatal-gatal).

Fluorouracil topikal dapat menyebabkan iritasi kulit, kekeringan, kulit bersisik mengelupas, ruam, dan reaksi lokal lainnya. Iritasi mata juga telah dilaporkan. Jika efek samping ini berlebihan atau memburuk dengan pengobatan lanjutan, hubungi dokter Anda..

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Fluorouracil?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut ini tidak dianjurkan. Dokter Anda mungkin memutuskan untuk tidak memperlakukan Anda dengan obat ini atau mengubah beberapa obat lain yang Anda ambil.

  • Rotavirus Vaccine, Live
  • Tegafur

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau mengatur seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Vaksin Adenovirus Type 4, Live
  • Vaksin Adenovirus Type 7, Live
  • Vaksin Bacillus Calmette dan Guerin, Live
  • Vaksin Virus Influenza, Live
  • Vaksin Virus Measles, Live
  • Vaksin Virus Mumps, Live
  • Vaksin Virus Rubella, Live
  • Vaksin cacar
  • Tamoxifen
  • Tinidazole
  • Vaksin Typhoid
  • Vaksin Virus Varicella
  • WArfarin
  • Vaksin demam kuning

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi menggunakan kedua obat mungkin merupakan pengobatan terbaik untuk Anda. Jika kedua obat yang diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau mengatur seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Fosphenytoin
  • Leucovorin
  • Levamisole
  • Levoleucovorin
  • Phenytoin
  • Thiamine

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Fluorouracil?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Fluorouracil?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.:

  • defisiensi enzim dihidropirimidin dehidrogenase (DPD)-Dapat meningkatkan terjadinya efek samping yang serius.
  • masalah kulit lainnyà-kondisi dapat diperburuk.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Fluorouracil untuk dewasa?

Dosis Dewasa Biasa untuk Kanker Kulit

Karsinoma sel basal superfisial (dangkal):

Gunakan 5% krim atau larutan untuk luka dua kali sehari dengan sarung tangan atau aplikator non logam.

Pengobatan harus dilanjutkan selama minimal 3 sampai 6 minggu, dan mungkin diperlukan selama 10 sampai 12 minggu untuk menyelesaikan luka.

Dosis Dewasa Biasa untuk Keratosis

Actinic atau solar keratosis: 0,5% krim (formulasi microsphere):

Gunakan untuk daerah yang terkena sekali sehari. Dapat diterapkan dengan jari dan tangan dan harus dicuci segera sesudahnya.

Krim 1%, 2%,5% atau larutan 2%, 5%: Terapkan untuk daerah yang terkena dua kali sehari dengan sarung tangan atau aplikator non logam, gunakan secukupnya untuk menutupi luka.

Durasi terapi biasa adalah 2 sampai 4 minggu, sampai respon inflamasi mencapai keadaan erosi, di mana waktu pengobatan dihentikan. Luka mungkin tidak sembuh sepenuhnya selama 1 sampai 2 bulan setelah penggunaan fluorouracil telah dihentikan. Keratosis surya yang tidak menanggapi pengobatan harus dibiopsi untuk memastikan diagnosis.

Berapa dosis obat Fluorouracil untuk anak-anak?

Actinic keratosis bukanlah suatu kondisi yang terlihat dalam populasi anak, kecuali dalam hubungan dengan penyakit genetik langka. Fluorouracil tidak boleh digunakan pada anak-anak. Keamanan dan efektivitas dari fluorouracil belum ditentukan pada pasien berusia kurang dari 18 tahun.

Dalam dosis dan sediaan apa Fluorouracil tersedia?

Larutan, intravena: 500 mg/10 ml, 1g/20 mL, 2,5 g/50 mL, 5 g/100 mL

Krim, eksternal: 5%

Larutan, eksternal: 2%, 5

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 28, 2017

Yang juga perlu Anda baca