Kenapa Jerawat Terus Muncul di Tempat yang Sama?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Jerawat yang muncul di wajah memang menyebalkan, apalagi kalau munculnya selalu di tempat yang itu-itu saja. Setelah sembuh sembuh, lalu muncul lagi di tempat yang sama. Apabila hal ini terus terjadi, area kulit yang jadi “langganan” jerawat lama-lama bisa rusak. Apa, sih, penyebab jerawat muncul terus di tempat yang sama? Bagaimana mengatasi jerawat yang membandel seperti ini? Simak jawabannya di bawah, yuk!

Penyebab jerawat muncul terus di tempat yang sama

1. Pakai kosmetik yang salah

Bila area tertentu pada wajah Anda pecah-pecah disertai jerawat muncul terus di tempat yang sama, kosmetik yang Anda gunakan bisa jadi penyebabnya.

Kosmetik dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan penumpukan komedo di tempat yang sudah berjerawat. Inilah sebabnya jerawat Anda bisa muncul di tempat yang sama terus-menerus.

Jika kulit Anda memang rentan berjerawat, pilihlah jenis kosmetik yang berlabel khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat (for oily and acne-prone skin). Pastikan juga kosmetik pilihan Anda memiliki label non-komedogenik yang tidak menyumbat pori.

4. Menggunakan riasan wajah secara tidak tepat

makeup bikin jerawatan

Munculnya jerawat berulang di tempat yang sama bisa terjadi jika Anda memulas riasan wajah dengan cara yang tidak tepat. Misalnya, ketika Anda mengoleskan bedak tebal-tebal dan juga digosokkan ke wajah, atau saat menggunakan eye shadow.

Adanya tekanan berlebih dan gesekan kasar pada kulit yang berjerawat bisa menyebabkan jerawat muncul terus di area yang sama. Jadi, perlakukan kulit wajah Anda dengan lembut baik saat membersihkan atau menerapkan riasan wajah.

3. Pakai hair spray atau minyak rambut

Jerawat yang muncul di dahi atau di sekitar garis rambut bisa disebabkan oleh produk perawatan rambut yang Anda gunakan. Contohnya, minyak rambut atau hair spray. Begitu Anda menyemprotkan atau mengoleskan produk tersebut ke rambut Anda, kemungkinan besar sisanya bisa mengenai kulit di sekitar dahi. Produk tersebut tidak dibuat untuk kulit wajah sehingga bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori dan munculnya jerawat di tempat yang sama.

Jadi, gunakan minyak rambut secukupnya, jangan terlalu banyak. Kemudian, atur jarak penyemprotan hair spray dan tutupi wajah dengan tangan Anda ketika menyemprotkannya.

4. Sering menyentuh dan memencet jerawat

Menyentuh atau memencet jerawat, menyandarkan wajah pada tangan Anda, atau mengusap wajah dengan tangan bisa menjadi penyebab kulit berjerawat. Tangan Anda terpapar dengan berbagai macam kotoran dan bakteri. Kuman-kuman tersebut akhirnya menempel di kulit dan menyumbat pori-pori.

Untuk menghindarinya, kurangi kebiasaan menyentuh wajah atau gunakan tisu bersih saat menyentuh jerawat. Gunting selalu kuku Anda atau selalu dibersihkan bila Anda ingin memiliki kuku panjang. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan dengan rutin cuci tangan.

5. Jerawat kistik

Jerawat batu (kistik) adalah jerawat yang meradang dan membengkak di bawah permukaan kulit. Jenis jerawat ini biasanya selalu muncul di tempat yang sama, ungkap Joshua Zeichner, M.D., seorang direktur kosmetik dan klinik dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York, seperti dilansir dari Women’s Health.

Awalnya jerawat adan membentuk pembengkakan panjang di bawah permukaan kulit dan dikelilingi oleh minyak. Mengempisnya jerawat bergantung seberapa banyak jumlah minyak yang dihasilkan oleh tubuh.

Jerawat ini dapat mengubah struktur kulit jika Anda terus memencetnya. Tidak ada pengobatan sendiri yang bisa menghilangkan jerawat, ini bergantung pada kondisi kulit dan keseimbangan hormon Anda. Biasanya dokter akan menyuntikkan kortison jika jerawat terus muncul.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca