backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

9 Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Sulit Sembuh

Ditinjau secara medis oleh dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Sp.DV · Spesialis Kulit dan Kelamin · Mydervia Dermatology


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

9 Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Sulit Sembuh

Berbeda dengan jerawat biasa, jerawat batu atau jerawat kistik dikenal sebagai bentuk jerawat yang paling parah dan dalam. Karena cukup mengganggu penampilan dan menyebabkan ketidaknyamanan, ketahui cara menghilangkan jerawat batu berikut agar segera sembuh.

Daftar cara menghilangkan jerawat batu

Berikut beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan jerawat batu.

1. Tea tree oil

Mengoleskan tea tree oil pada jerawat bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami.

Salah satu penelitian dalam jurnal Antioxidants mengatakan bahwa tea tree oil bersifat antibakteri, antiradang, dan antioksidan.

Hal ini dapat mengurangi jumlah jerawat, mempercepat penyembuhan, dan mengurangi kemerahan.

Itulah sebabnya tea tree oil atau minyak pohon teh sering dicampurkan pada produk face wash atau pelembab kulit untuk kulit berjerawat.

2. Gunakan masker kunyit

Cara mengatasi jerawat batu juga bisa dengan menggunakan masker kunyit.

Manfaat kunyit wajah dikenal sebagai bahan alami dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat batu.

Kunyit mengandung kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit yang terkena jerawat.

Sifat peradangan pada rempah yang sering digunakan memasak ini juga dapat mempercepat penyembuhan jerawat sehingga cepat kering dan hilang.

3. Gunakan pimple patch

Menggunakan pimple patch atau stiker jerawat bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi jerawat kistik.

Pimple patch mengandung bahan hidrokoloid yang membantu menyerap cairan dari jerawat dan melindungi area tersebut dari bakteri dan iritasi. 

Patch juga melindungi jerawat dari bakteri dan kotoran sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Dengan menutupi jerawat, patch membantu Anda untuk mengurangi keinginan memencet jerawat, yang dapat memperburuk kondisinya.

4. Asam salisilat

jerawat batu

Asam salisilat (salicylic acid) adalah bahan aktif yang banyak digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat, termasuk jerawat batu.

Asam salisilat bekerja dengan cara menembus pori-pori kulit dan membantu mengurangi peradangan serta mencegah pori-pori tersumbat.

Kandungan ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang terkait dengan jerawat batu.

Karena efektivitas asam salisilat untuk jerawat, tak heran kandungan ini banyak ditemukan pada produk skincare, seperti cleanser, toner, krim jerawat, hingga masker.

5. Benzoil peroksida

Cara menyembuhkan jerawat batu selanjutnya yaitu dengan mengoleskan produk yang mengandung benzoil peroksida pada jerawat.

Kandungan ini biasa ditemukan pada obat jerawat atau produk perawatan kulit untuk menyembuhkan jerawat. Merek yang paling umum untuk kandungan ini yaitu Benzolac.

Benzoil peroksida efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga membantu mengurangi jumlah bakteri di kulit dan mengurangi peradangan.

Selain membunuh bakteri, benzoil peroksida mengurangi produksi minyak berlebih dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Pasalnya, minyak berlebih dan sel kulit mati merupakan pemicu terbentuknya jerawat batu.

Berapa lama jerawat batu bisa hilang?

Kurang lebih jerawat batu dapat hilang hingga 1 bulan. Namun, kondisi ini tergantung tingkat keparahan, cara penanganan, dan respons tubuh setiap orang.

6. Ekstraksi

Ekstraksi adalah prosedur medis yang digunakan untuk mengatasi jerawat batu atau jerawat kistik yang sulit diobati, besar, menyakitkan, dan dalam.

Cara ini harus dilakukan oleh tenaga profesional atau dokter kulit terlatih untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada kulit dan mengurangi risiko bekas luka.

Untuk melakukannya, dokter akan menggunakan alat penjepit untuk membuka dan mengeluarkan isi dari jerawat batu.

Setelah ekstraksi, dokter akan memberikan perawatan tambahan seperti antibiotik topikal atau oral untuk mencegah infeksi dan membantu proses penyembuhan.

7. Konsumsi obat kontrasepsi oral

Selain mencegah kehamilan, pil KB untuk jerawat sering digunakan jika jerawat disebabkan oleh gangguan hormon.

Selama siklus menstruasi, kadar hormon dalam tubuh berubah, dan jerawat hormonal merupakan salah satu cara tubuh merespons perubahan kadar hormon ini.

Ketika kadar estrogen menurun, kadar testosteron dapat meningkat, yang kemudian memicu produksi sebum berlebih.

Konsumsi pil KB yang mengandung estrogen dapat membantu mengurangi kadar testosteron dalam tubuh, sehingga mengurangi produksi minyak dan membantu mengontrol jerawat.

Artikel terkait

8. Intense pulsed light therapy

Salah satu cara menghilangkan jerawat batu di pipi dan bagian tubuh lainnya juga bisa dengan melakukan intense pulsed light therapy (IPL).

Terapi ini bekerja dengan mengarahkan cahaya berdenyut intens ke kulit, yang dapat memiliki beberapa efek positif terhadap jerawat.

Cahaya IPL dapat meredakan peradangan di sekitar jerawat, termasuk jerawat batu yang seringkali terasa nyeri dan meradang.

Perawatan IPL juga dapat membantu mengurangi kemerahan pada jerawat batu. Namun, biasanya membutuhkan beberapa sesi IPL untuk mendapatkan hasil maksimal.

9. LED light therapy

LED light therapy atau terapi cahaya LED adalah terapi cahaya yang menggunakan lampu LED dengan panjang gelombang tertentu.

Terapi ini memiliki berbagai jenis, seperti LED cahaya merah, kuning, dan cahaya biru. Terkadang kedua jenis lampu digunakan sesuai dengan kondisi kulit.

Namun, biasanya terapi cahaya biru yang digunakan untuk mengatasi jerawat batu.

Cahaya biru memiliki efek antimikroba yang membantu membunuh bakteri Propionibacterium acnes yang menyebabkan peradangan.

Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, jadi penting untuk mencoba berbagai metode dan melihat cara yang paling efektif untuk menghilangkan jerawat batu.

Jika jerawat batu tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter kulit untuk perawatan yang lebih intensif.

Ringkasan

Berikut ini berbagai cara menghilangkan jerawat dari yang alami hingga medis.
  • Gunakan tea tree oil.
  • Gunakan masker kunyit.
  • Pakai pimple patch.
  • Oleskan asam salisilat.
  • Pakai benzoil peroksida.
  • Lakukan ekstraksi.
  • Konsumsi pil KB.
  • Lakukan perawatan IPL.
  • Lakukan LED light therapy.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Dinda Saraswati Murniastuti, Sp.DV

Spesialis Kulit dan Kelamin · Mydervia Dermatology


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan