Terapi Musik: Alternatif Perawatan Bagi Penderita Kanker

Oleh

Mendengarkan musik bagi sebagian orang merupakan hobi yang menyenangkan, kita dapat berbagi lagu-lagu favorit atau bernyanyi bersama teman-teman atau pasangan tercinta. Namun tidak hanya sebagai penghibur di kala bosan, musik juga dapat membantu proses perawatan bagi penderita kanker.

Dilansir dari Cancer Research UK.org, sebuah penelitian pada tahun 2013  di Turki menggunakan terapi musik yang dilakukan pada 40 penderita kanker yang merasakan mual, muntah akibat kemoterapi menunjukkan bahwa musik terapi dapat mengurangi tingkat kecemasan mereka. Hal ini terlihat dari citra visual yang memberikan efek positif pada penderita kanker tersebut. Saat ini, beberapa negara telah menerapkan terapi musik yang merupakan bagian dari perawatan terintegratif bagi penderita kanker di 30 Pusat Kanker Nasional.

Apa itu terapi musik?

Terapi musik adalah terapi yang menggunakan musik dan suara-suara yang membantu mengekspresikan emosi dan memberikan relaksasi dan kenyamanan bagi penderita. Terapi musik bukanlah belajar menyanyi atau memainkan alat musik. Dalam terapi musik, penderita hanya mendengarkan musik, berdiskusi terhadap lirik lagu, bernyanyi, memainkan instrumen sederhana yang diberikan oleh terapis. Terapi musik dapat membuat pasien merasa lebih baik dan nyaman serta mengurangi efek samping seperti nyeri, ketakutan, depresi, dan kesakitan akibat pengobatan yang timbul. Di Inggris saat ini terdapat lebih dari 600 terapis musik terdaftar yang bekerja di beberapa institusi kesehatan atau perawat rumahan.

Manfaat terapi musik bagi penderita kanker

Mengurangi kecemasan dan peningkatan suasana hati

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak musik pada perubahan suasana hati dan kecemasan pada penderita kanker. Kesimpulan besar dari berbagai penelitian tersebut adalah musik mengurangi rasa cemas dan memiliki dampak positif yang kuat bagi penderita dalam melawan kankernya.

Subyek penelitian yaitu orang-orang yang mengikuti terapi musik di rumah sakit serta orang-orang yang hanya mendengarkan rekaman musik. Salah satu penelitian juga menemukan bahwa musik dapat membantu dalam mengurangi depresi karena kanker.

Peningkatan kualitas hidup

Sebuah studi meninjau khusus pada pasien dengan perawatan paliatif memberikan manfaat lebih yaitu musik dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan bagi penderita kanker.

Mengurangi nyeri

Penderita yang melakukan terapi musik dan menjalani operasi kanker paru-paru memberikan efek yang menggembirakan dengan berkurangnya rasa nyeri akibat pengobatan. Pasien tersebut mengalami sedikit rasa sakit daripada mereka yang tidak menjalani musik terapi, selain itu juga mengurangi kebutuhan terhadap obat-obatan penghilang rasa sakit.

Meringankan sesak napas

Sebuah studi mempelajari pengaruh musik pada sensasi sesak napas. Musik dapat mengurangi sensasi sesak napas dan juga memberikan dukungan spiritual yang berarti pada saat yang sama.

Meningkatkan jumlah sel-sel pembunuh kanker secara alami

Beberapa penelitian pada sukarelawan yang masih sehat menemukan bahwa mendengarkan musik berakibat terhadap peningkatan jumlah aktivitas sel pembunuh kanker secara alami di dalam tubuh. Sel pembunuh alami tersebut merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh kita yang membantu menghilangkan sel-sel kanker.

Musik apa yang terbaik untuk penyembuhan?

Tentu saja, tidak semua musik akan membantu proses penyembuhan. Musik keras seperti heavy metal bukanlah musik yang disarankan. Dalam studi melihat fungsi kekebalan tubuh, ditemukan bahwa “musik alkaline” adalah salah satu yang terbaik. Musik dalam kategori ini akan mencakup hal-hal seperti musik yang klasik yang menenangkan klasik, musik India timur, musik harpa, dan gitar Brasil untuk pemula.

Beberapa pusat kanker menyediakan terapi musik. Misalnya, Universitas Michigan Comprehensive Cancer Center menyediakan beberapa lagu yang dapat Anda unduh dari situs web mereka.

YouTube juga menyediakan beberapa banyak kumpulan lagu-lagu relaksasi sebagai musik terapis. Anda dapat mencarinya dengan keyword “music therapy for cancer” di mesin pencarian.

Seni lainnya juga bisa

Jika musik bukanlah sesuatu yang Anda suka, Anda dapat melakukan ide-ide kreatif lainnya dalam melakukan perawatan kanker. Misalnya, terapi seni adalah salah satu cara lain dalam menjalani perawatan kanker. Atau mungkin Anda akan menulis tentang keseharian perjuangan melawan kanker yang dapat menginspirasi orang lain.

BACA JUGA:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 23, 2016 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca