7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bicara soal buah, alpukat termasuk jenis buah yang banyak digemari karena perpaduan rasa dan nutrisinya baik untuk mulut dan tubuh kita. Alpukat juga merupakan jenis buah yang dapat diolah menjadi banyak jenis sajian makanan. Untuk mengetahui lebih dalam, mari kita kupas lebih dalam manfaat alpukat dan risiko yang mungkin terjadi dari konsumsi alpukat.

Nutrisi apa saja yang terkandung di dalam alpukat?

Seorang ahli nutrisi bernama Charlotte Stirling-Reed mengatakan bahwa alpukat merupakan buah penuh nutrisi.

“Alpukat adalah sumber lemak sehat, asam lemak khusus tak jenuh tunggal dan jumlah yang lebih kecil dari asam lemak tak jenuh ganda, yang dikenal sebagai lemak yang sehat untuk jantung, karena mereka membantu untuk menurunkan kadar kolesterol darah dalam tubuh,” ujarnya.

Untuk membedah nutrisi apa saja yang terkait, seorang terapis gizi Karen Poole menjelaskan beberapa nutrisi yang terkandung sebagai berikut:

  • Vitamin B6, B5, dan B2 yang mendukung proses sintesis pada hormon, mengurangi dampak stress, dan menciptakan sistem kekebalan tubuh yang baik. Selain itu, alpukat mengandung biotin yang baik untuk pertumbuhan kuku dan rambut.
  • Vitamin C, yang penting untuk produksi kolagen, sistem kekebalan tubuh yang juga baik untuk tulang dan gigi.
  • Unsur tembaga, membantu proses penyembuhan luka dan mendukung sistem kardiovaskular.
  • Tirosin, untuk membantu pembentukan hormon tiroid.
  • Magnesium, untuk efek relaksasi dan baik untuk meredakan ketegangan otot dan menyembuhkan kelelahan.
  • Vitamin E, mengandung antioksidan yang kuat, mampu membendung tekanan gaya hidup modern.

“Jika Anda menambahkan alpukat dalam sajian makanan/minuman Anda, Anda akan mengatur pertambahan energi dan berat badan secara efisien, lalu Anda juga menambahkan serat baik dan protein dalam makanan Anda. Alpukat juga membuat rasa kenyang berlangsung lebih lama,” tambah Stirling-Reed.

Risiko gejala alergi yang mungkin ditimbulkan alpukat

Tidak banyak nutrisi buruk yang terkandung dalam alpukat. Poole mengatakan bahwa alpukat memiliki kandungan kalori yang tinggi. Dalam 100 gram alpukat Anda juga akan menemui 190 Kkal. Namun, Poole menyatakan bahwa hal tersebut tidak sebanding dengan nutrisi baik yang terkandung dalam alpukat.

Selain itu, Mayo Clinic mencatat, pada beberapa orang ternyata mengonsumsi alpukat dapat menimbulkan risiko alergi lateks. Gejala yang ditimbulkan adalah hidung tersumbat, batuk, dan edema. Jika gejala-gejala tersebut Anda alami setelah mengonsumsi alpukat, cobalah hindari sejenak mengonsumsi buah alpukat.

Manfaat alpukat bagi kesehatan

Seorang ahli gizi dari San Diego, Laura Flores menjabarkan beberapa manfaat medis dari mengonsumsi alpukat, sebagai berikut:

1. Kesehatan jantung

Manfaat alpukat bagi kesehatan jantung sudah lama diketahui. Kadar lemak tak jenuh yang tinggi pada alpukat dapat mengurangi kolesterol darah dalam tubuh Anda. Hal tersebut otomatis menjauhkan Anda dari risiko penyakit/gangguan pada jantung Anda.

2. Diabetes

Sebuah studi dari Nutrition Journal yang terbit pada 2013 mengatakan bahwa alpukat terkait dengan penurunan risiko sindrom metabolik, hal yang mengacu pada peningkatan risiko stroke, penyakit arteri, dan diabetes.

3. Mengatur gula darah

Dilansir dari Reader Digest, kadar lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat dapat membantu menghentikan resistensi insulin dan mengontrol kadar gula darah.

4. Mencegah cacat lahir pada janin

Studi yang dilakukan California Avocado Comission menemukan manfaat alpukat pada janin di dalam kandungan. Para peneliti mengatakan bahwa alpukat merupakan suntikan nutrisi yang amat cocok untuk ibu yang sedang hamil. Alpukat mengandung sejumlah asam folat yang bagus untuk ibu hamil, yang dapat mencegah bayi dari cacat lahir seperti spina bifida dan neural tube defect.

5. Membantu sistem pencernaan

Studi yang dilakukan oleh Mayo Clinic menyampaikan bahwa alpukat amat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Alpukat dapat membantu Anda buang air besar secara teratur dan berkala.

6. Baik untuk kulit

Manfaat alpukat bagi kecantikan muncul dari kandungan vitamin C dan E, yang sudah terbukti baik untuk kesehatan kulit. Tepatnya, alpukat dapat menjaga kelembapan kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bolehkah Ibu Menjalani Diet Saat Hamil?

Sebagai perempuan, Anda memiliki rasa kekhawatiran akan penampilan Anda meski saat hamil. Namun, bolehkah ibu menjalani diet saat hamil?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Malah Naik

Bubur gandum (oatmeal) adalah pilihan makanan yang baik untuk diet. Tapi hati-hati, bisa jadi oatmeal bikin gemuk karena hal-hal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Berat Badan Turun, Bukan Berarti Lemak Tubuh Berkurang

Meski timbangan menunjukkan berat badan Anda 3 kg lebih ringan, kalau dietnya salah, jangan-jangan jumlah lemak tubuh tidak berkurang sama sekali.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Nutrisi, Hidup Sehat 3 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

6 Dampak Buruk Akibat Makan Tidak Teratur

Memang benar makan tidak teratur bisa bikin Anda cepat gemuk. Tapi dari sisi kesehatan, ada banyak efek samping buruk lainnya. Apa saja?

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Nutrisi, Hidup Sehat 3 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
beras merah lebih sehat

Ini Alasannya Kenapa Nasi Merah Jauh Lebih Sehat dari Nasi Putih

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 22 September 2020 . Waktu baca 4 menit
diet tinggi serat

Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
porsi makan ideal

Cara Menghitung Porsi Makan Ideal untuk Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit