home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Daftar Buah yang Mengenyangkan dan Memanjakan Lidah

7 Daftar Buah yang Mengenyangkan dan Memanjakan Lidah

Buah-buahan merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Anda bahkan disarankan untuk makan buah setiap hari, setidaknya 5 porsi dalam satu hari. Kabar baiknya, ada beberapa jenis buah yang mengenyangkan dan tentu baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Jenis buah yang mengenyangkan

Pada dasarnya, hampir semua jenis buah cocok untuk diet sehat. Namun, ada beberapa buah yang ternyata membuat Anda kenyang lebih lama.

Daftar buah-buahan ini biasanya dijadikan sebagai camilan bagi orang yang menjalani program menurunkan berat badan.

Berikut ini beragam jenis buah yang mengenyangkan dan bisa dimasukkan ke dalam menu makanan harian Anda.

1. Alpukat

alpukat beku

Salah satu jenis buah yang diklaim mengenyangkan perut Anda yaitu alpukat. Dikenal sebagai superfood, alpukat kaya akan lemak sehat dan serat yang membuat tubuh merasa lebih kenyang.

Hal ini dikarenakan sebagian lemak dan serat di dalamnya membantu memperlambat pelepasan makanan dari perut Anda.

Dengan begitu, tubuh akan terasa kenyang lebih lama. Hal ini memungkinkan Anda untuk makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Meski begitu, Anda perlu berhati-hati karena alpukat mengandung kalori yang cukup tinggi. Itu sebabnya, pastikan untuk tidak makan terlalu banyak buah alpukat.

2. Apel

Selain alpukat, buah lainnya yang mengenyangkan yakni apel. Apel merupakan salah satu sumber serat yang paling mudah dijumpai.

Kandungan seratnya yang tinggi ini membuat apel ternyata bisa memperlambat pencernaan dan membantu Anda merasa lebih kenyang.

Terlebih lagi, konsumsi buah yang kaya akan serat dengan indeks glikemik yang rendah, seperti apel, dikaitkan dengan jumlah kenaikan berat badan yang paling sedikit.

7 Makanan Tinggi Serat yang Harus Ada dalam Menu Diet Anda

3. Buah pir

Tak jauh berbeda dengan apel, buah pir kaya akan serat yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Pir mengandung serat larut yang disebut pektin. Serat ini memelihara bakteri usus dan meningkatkan kesehatan usus, sehingga pencernaan Anda lancar.

Sementara itu, banyak ahli yang menyarankan bahwa asupan serat yang cukup dapat meningkatkan fungsi usus dan membuat perasaan kenyang lebih lama.

Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian yang dimuat dalam Annals of Internal Medicine. Studi tersebut melaporkan bahwa peningkatan asupan serat dapat menurunkan berat badan pada penyandang obesitas.

4. Pisang

Sudah bukan rahasia umum lagi bila konsumsi pisang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Tak jauh berbeda dengan buah yang mengenyangkan lainnya, kandungan serat dalam pisang menjadikannya primadona dalam menjalani diet buah.

Serat membantu Anda merasa kenyang yang dapat mengurangi jumlah total kalori harian. Pasalnya, tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna jenis serat tertentu.

Hal ini yang memungkinkan tubuh mengatur asupan makanan dengan lebih baik sehingga tujuan menurunkan berat badan bisa tercapai.

5. Jeruk

manfaat jeruk mandarin

Jeruk merupakan buah sumber vitamin C yang bisa Anda jumpai di toko buah terdekat. Selain mudah didapat, harganya yang murah membuat buah citrus ini cukup populer.

Terlebih lagi, jeruk dianggap buah yang mengenyangkan karena buah tersusun sebagian besar oleh serat pembentuk gel.

Kandungan air yang tinggi dalam jeruk pun berkontribusi pada mekanisme pencernaan yang membuat Anda kenyang lebih lama.

Cobalah mengonsumsi jeruk dengan sumber protein lain, seperti telur rebus, guna meningkatkan asupan lemak dan mengurangi lapar.

6. Blackberry

Blackberry sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Buah beri berwarna hitam ini dapat dijadikan sebagai camilan atau makanan penutup yang mengenyangkan.

Meski termasuk buah yang manis, secangkir blackberry mengandung sekitar 8 gram dan 7 gram gula. Hal ini ternyata membuat blackberry lebih rendah gula dibandingkan kebanyakan buah lainnya.

Serat tinggi dan rendah gula ini tidak hanya membuat Anda kenyang lebih lama, melainkan juga menjaga kadar gula darah. Alhasil, Anda semakin merasa puas setelah makan.

7. Semangka

Siapa yang tak senang dengan kesegaran yang dihasilkan dari buah semangka? Faktanya, buah yang paling sering dikonsumsi di tengah musim panas ini cukup mengenyangkan.

Bagaimana tidak, semangka kaya akan air, yaitu sekitar 92 persen. Sementara itu, air dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuang racun.

Bahkan, air pada semangka membantu menahan nafsu makan karena mengunyah dan menelannya membuat tubuh merasa mendapatkan lebih banyak kalori.

Meski tidak memiliki banyak serat, semangka termasuk buah yang rendah kalori, sehingga Anda mungkin bisa mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Konsumsi buah-buahan memang baik bagi tubuh. Namun, pastikan Anda mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya melalui pedoman gizi seimbang agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Wien, M., Haddad, E., Oda, K., & Sabaté, J. (2013). A randomized 3×3 crossover study to evaluate the effect of Hass avocado intake on post-ingestive satiety, glucose and insulin levels, and subsequent energy intake in overweight adults. Nutrition Journal, 12(1). doi: 10.1186/1475-2891-12-155. Retrieved 11 June 2021. 

Apples. (n.d). Harvard University. Retrieved 11 June 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/apples/ 

Ma, Y., Olendzki, B., Wang, J., Persuitte, G., Li, W., & Fang, H. et al. (2015). Single-Component Versus Multicomponent Dietary Goals for the Metabolic Syndrome. Annals Of Internal Medicine, 162(4), 248. doi: 10.7326/m14-0611. Retrieved 11 June 2021. 

Mandl, E. (2019). The 11 Best Fruits for Weight Loss. Healthline. Retrieved 11 June 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/best-weight-loss-fruits 

Weight loss: Feel full on fewer calories. (2020). Mayo Clinic. Retrieved 11 June 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/weight-loss/art-20044318 

Sissons, B. (2019). Can bananas help you lose weight?. Medical News Today. Retrieved 11 June 2021, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/325879 

Zahed, R. (n.d). 6 Fruits That Can Help You Lose (Or Maintain Your) Weigh. Keck Medicine. Retrieved 11 June 2021, from https://www.keckmedicine.org/7-fruits-that-can-help-you-lose-or-maintain-your-weight/ 

Feintuch, S. (2018). The Watermelon Diet: What’s the Deal?. Healthy Women. Retrieved 11 June 2021, from https://www.healthywomen.org/your-wellness/watermelon-diet-whats-deal

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 2 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x