home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

15 Manfaat Jambu Biji, Diperoleh Mulai dari Buah Sampai Daun

15 Manfaat Jambu Biji, Diperoleh Mulai dari Buah Sampai Daun

Tentu Anda sudah mengenal buah jambu biji. Biasanya, Anda membawa buah ini saat akan menjenguk rekan atau saudara yang sakit demam berdarah, karena dipercaya bisa mempercepat penyembuhan penyakit ini. Namun, sebenarnya manfaat jambu biji tidak hanya itu. Buah jambu biji memiliki segudang khasiat berkat kandungan gizinya, yang mungkin belum Anda ketahui.

Kandungan gizi buah jambu biji

Jambu biji, atau dengan nama latin Psidium guajava, adalah buah trpois asal Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara. Buah ini memiliki warna kulit kuning kehijauan dengan daging buah berwarna merah muda atau putih. Pada bagian tengah, terdapat banyak biji yang berukuran kecil. Hal ini membuat buah ini terkenal dengan sebutan jambu biji di Indonesia.

Konsumsi buah jambu biji, terutama yang berwarna merah, biasanya dalam bentuk jus. Namun, buah ini juga bisa Anda makan langsung sebagai camilan sehat sehari-hari.

Meski demikian, apapun bentuk konsumsinya, buah jambu biji, baik merah maupun putih, sama-sama memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Adapun mengenal kandungan nutrisi ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi Anda sehari-hari.

manfaat jambu biji untuk ibu hamil

Berikut adalah kandungan gizi yang tersimpan pada tiap 100 gram buah jambu biji berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia:

  • Air: 86 gram
  • Energi: 49 kal
  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 12,2 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Abu: 0,6 gram
  • Kalsium: 14 mg
  • Fosfor: 28 mg
  • Zat besi: 1,1 mg
  • Natrium: 10 mg
  • Kalium: 52,8 g
  • Tembaga: 0,02 mg
  • Seng (zinc): 0,3 mg
  • Beta karoten: 27 mcg
  • Karoten total: 25 mcg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,02 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,03 mg
  • Niasin: 0,8 mg
  • Vitamin C: 87 mg

Selain nutrisi di atas, buah jambu biji juga mengandung jenis vitamin lainnya, seperti vitamin A dan folat (vitamin B9). Sementara itu, kandungan karoten di dalam buah jambu biji adalah likopen, yang merupakan senyawa pemberi warna merah pada buah.

Dilansir dari Food Insight, likopen merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Adapun radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis, seperti kanker atau penyakit kardiovaskular.

Berbagai manfaat buah jambu biji untuk kesehatan

Berdasarkan kandungan gizi tersebut, berbagai manfaat atau khasiat buah jambu biji, baik yang berwarna merah maupun putih, antara lain:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

Jambu biji adalah salah satu buah dengan kandungan tinggi vitamin C, bahkan kadarnya empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk. Adapun vitamin C merupakan salah satu senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Senyawa ini bekerja dengan memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh serta melawan radikal bebas.

2. Meredakan flu dan batuk

Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C dalam jambu biji juga bagus untuk meredakan batuk dan flu. Kandungan ini bersifat antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu memecah lendir serta menghilangkan kuman yang bersarang pada tenggorokan dan sistem pernapasan. Namun, tidak hanya dari buah, manfaat ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi teh dari daun jambu biji.

3. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah jambu biji secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda. Kandungan antioksidan dalam jambu biji dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan kalium di dalamnya dapat membantu mengontrol tekanan darah, dan serat bisa menurunkan kolesterol yang dapat membahayakan kesehatan jantung.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam jambu biji juga dapat membantu melancarkan pencernaan Anda. Satu buah jambu biji bisa mengandung 12 persen serat dari rekomendasi harian Anda. Dengan demikian, mengonsumsi buah jambu biji dapat membantu mencegah sembelit, mengurangi durasi diare, dan untuk menjaga kesehatan usus Anda secara keseluruhan.

5. Membantu mencegah kanker

Jambu biji adalah tumbuhan yang dimanfaatkan untuk membantu mengobati penyakit kanker. Pasalnya, berbagai penelitian menemukan, seluruh bagian tumbuhan jambu biji, baik dari ekstrak buah, biji, maupun daun, memiliki khasiat untuk melawan sel kanker, termasuk kanker prostat, kanker usus besar, leukemia, dan melanoma. Ini karena kandungan vitamin C, likopen, dan quercetin di dalamnya bersifat antioksidan dan antikanker.

6. Menurunkan kadar gula darah

Buah jambu biji, baik merah maupun putih, memiliki khasiat untuk menurunkan kadar gula darah, sehingga buah ini baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pasalnya, jambu biji memiliki indeks glikemik yang rendah serta tinggi serat, yang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah. Tak hanya itu, para ahli meyakini minum teh daun jambu biji pun dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus tipe 2.

7. Menurunkan berat badan

Anda sedang menurunkan berat badan? Jika ya, Anda bisa mengonsumsi buah jambu biji atau jusnya setiap hari sebagai camilan sehat untuk diet. Sebab, kadar kalori buah jambu biji sangat rendah, tetapi kaya akan serat serta vitamin dan mineral yang cocok untuk diet. Tak hanya itu, kandungan gula dalam jambu biji pun tidak setinggi buah lainnya, seperti jeruk atau apel.

8. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A adalah salah satu nutrisi penting untuk dapat menjaga kesehatan mata. Adapun buah jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin A yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaat tersebut. Pasalnya, vitamin A dalam buah jambu biji dapat membantu meningkatkan penglihatan sekaligus mencegah degenerasi makula dan perkembangan katarak.

9. Meningkatkan kesehatan mulut

Tidak hanya manfaat dari buah jambu biji. Daun jambu biji mengandung senyawa antioksidan dan antibakteri yang dapat membunuh kuman dan melawan infeksi, sehingga bisa membantu meredakan gigi dan gusi yang meradang serta nyeri. Hanya saja, khasiat ini bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi teh atau jus dari ekstrak daun jambu biji.

10. Meredakan stres

Jika Anda sedang stres, minum jus jambu biji merah atau mengonsumsi buahnya sebagai camilan bisa membantu Anda rileks. Manfaat ini bisa diperoleh karena kandungan magnesium yang ada di dalam buah jambu biji. Adapun magnesium dapat membantu mengendurkan saraf yang lelah serta otot yang tegang.

11. Mencegah penyakit tiroid

Wajah bengkak akibat kelenjar tiroid

Penyakit tiroid adalah gangguan pada kelenjar tiroid yang terkadang menyebabkan pembengkakan di area leher (penyakit gondok). Untuk membantu mencegah penyakit tiroid, mengonsumsi buah jambu biji secara rutin bisa menjadi salah satu caranya. Pasalnya, buah ini mengandung mineral tembaga serta serat yang membantu mengatur, melindungi, serta meningkatkan fungsi kelenjar tiroid.

12. Memperlambat penuaan pada kulit

Manfaat jambu biji untuk kesehatan kulit berasal dari berbagai nutrisi. Kandungan antioksidan, seperti betakaroten dan likopen, membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Hal ini bisa memperlambat proses penuaan, mencegah keriput, serta mengencangkan kulit. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi buahnya langsung atau menjadikan sebagai masker wajah.

13. Mengobati jerawat

Kegunaan jambu biji untuk kulit yang kedua adalah membantu mengobati jerawat. Khasiat tersebut berkat efek antiinflamasi dan antibakteri dalam daun jambu biji, serta kandungan vitamin K yang membantu mengatasi jerawat, memudarkan flek hitam, serta menghilangkan perubahan warna kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengoleskan ekstrak daun jambu biji ke area wajah Anda.

14. Meningkatkan daya ingat

Buah jambu biji juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan otak Anda. Sebagai contoh, vitamin B dan kalium dalam buah ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi ke otak. Kedua zat gizi ini bisa meningkatkan fungsi kognitif, termasuk konsentrasi dan daya ingat. Sementara itu, kandungan antioksidannya pun bisa membantu menyehatkan otak Anda.

15. Mengobati demam berdarah

Manfaat jambu biji untuk DBD (demam berdarah) tentu sudah sering Anda dengar. Penemuan dari beberapa penelitian, ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus dengue, menghindari perdarahan pada penderita DBD, serta meningkatkan trombosit. Tak hanya daunnya, buah atau jus jambu biji merah pun memiliki khasiat untuk membantu menyembuhkan DBD.

https://wp.hellosehat.com/cek-kesehatan/kebutuhan-kalori/

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to add more fiber to your diet. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 18 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983#:~:text=Dietary%20fiber%20increases%20the%20weight,Helps%20maintain%20bowel%20health.

How Vitamin C Supports a Healthy Immune System. Eatright.org. (2021). Retrieved 18 February 2021, from https://www.eatright.org/food/vitamins-and-supplements/types-of-vitamins-and-nutrients/how-vitamin-c-supports-a-healthy-immune-system.

What is Lycopene? – Food Insight. Food Insight. (2021). Retrieved 18 February 2021, from https://foodinsight.org/what-is-lycopene-antioxidant-carotenoid-health-nutrition/.

Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda. Panganku.org. (2021). Retrieved 18 February 2021, from http://panganku.org/id-ID/view.

Deckard, A. (2021). 13 Proven Benefits of Guava – Healthy Focus. Healthy Focus. Retrieved 18 February 2021, from https://healthyfocus.org/guava-benefits/.

The Medicinal Properties Of Guava And Its Leaves [INFOGRAPHIC]. Well Org. (2021). Retrieved 18 February 2021, from https://well.org/healthy-body/medicinal-guava/.

Itfnet.org. (2021). Retrieved 18 February 2021, from http://itfnet.org/Download/tfnetsymposium2015/5-India.pdf.

15 Health Benefits Of Guava Leaves That You Shouldn’t Miss. Lifehack. (2021). Retrieved 18 February 2021, from https://www.lifehack.org/295655/15-health-benefits-guava-leaves-that-you-shouldnt-miss.

Abd Kadir, S. L., Yaakob, H., & Mohamed Zulkifli, R. (2013). Potential anti-dengue medicinal plants: a review. Journal of natural medicines67(4), 677–689. https://doi.org/10.1007/s11418-013-0767-y

Ryu, N. H., Park, K. R., Kim, S. M., Yun, H. M., Nam, D., Lee, S. G., Jang, H. J., Ahn, K. S., Kim, S. H., Shim, B. S., Choi, S. H., Mosaddik, A., Cho, S. K., & Ahn, K. S. (2012). A hexane fraction of guava Leaves (Psidium guajava L.) induces anticancer activity by suppressing AKT/mammalian target of rapamycin/ribosomal p70 S6 kinase in human prostate cancer cells. Journal of medicinal food15(3), 231–241. https://doi.org/10.1089/jmf.2011.1701

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal diperbarui 10/03/2021
x