home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Utama Vitamin E bagi Tubuh Anda

5 Manfaat Utama Vitamin E bagi Tubuh Anda

Vitamin E biasanya identik dengan vitamin untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat vitamin E sebetulnya jauh lebih beragam? Zat gizi ini bahkan tergolong sebagai antioksidan yang memiliki sejumlah kelebihan bagi tubuh.

Tanpa asupan vitamin E yang cukup, tubuh tidak dapat menjalankan fungsi penglihatan, reproduksi, bahkan otak dengan optimal. Mengapa bisa begitu? Simak jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Manfaat vitamin E bagi kesehatan

vitamin e manfaat vitamin e

Vitamin E adalah jenis vitamin larut lemak sekaligus antioksidan alami. Vitamin ini tergolong zat gizi mikro yang berarti dibutuhkan dalam jumlah kecil. Fungsinya beragam seperti untuk kesehatan kulit, kesuburan, dan kesehatan secara menyeluruh.

Selain untuk menjaga kesehatan secara umum, pemberian vitamin E juga bertujuan untuk mengobati atau mencegah kekurangan vitamin ini. Orang-orang dengan penyakit tertentu mungkin juga memerlukan tambahan asupan vitamin E dari suplemen.

Di bawah ini beberapa kelebihan vitamin E untuk kesehatan.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin E termasuk dalam deretan vitamin yang penting bagi sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini bekerja dengan melindungi membran (lapisan terluar) sel kekebalan. Pada membran sel ini, terdapat asam lemak yang mudah rusak akibat radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul yang dapat merusak suatu sel. Fungsi antioksidan seperti vitamin E yakni melawan dampak radikal bebas dan melindungi sel agar tetap sehat. Pada sel-sel imun, hal ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurut beberapa studi terhadap hewan, kekurangan vitamin E juga bisa menurunkan produksi antibodi dan kemampuan sel darah putih dalam melawan penyakit. Masalah ini dapat diatasi dengan pemberian suplemen vitamin E secara rutin.

2. Menghambat penuaan

Penuaan merupakan suatu hal yang alamiah. Namun, proses ini bisa berlangsung lebih cepat bila Anda sering terpapar radikal bebas dari asap rokok, polusi udara, zat kimia, bahan makanan tertentu, maupun sumber lainnya.

Radikal bebas akan melemahkan dan menghancurkan sel tubuh yang sehat. Sel tubuh pun lebih cepat menua sehingga terjadilah penuaan dini. Salah satu kelebihan vitamin E yang paling dikenal adalah mencegah penuaan dini dan segala cirinya.

Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang dapat mengurangi dampak radikal bebas pada sel tubuh. Zat gizi yang juga dikenal sebagai alfa-tokoferol ini menjaga kekuatan dan kesehatan sel sehingga memperlambat proses penuaan.

3. Meningkatkan peluang hamil

Sebuah penelitian pada 2017 menunjukkan bahwa konsumsi vitamin E mungkin dapat meningkatkan peluang hamil. Penelitian ini dilakukan pada 40 wanita yang sebelumnya mengalami gagal implantasi (sel telur yang telah dibuahi gagal menempel pada rahim).

Setelah 12 minggu, kelompok wanita yang meminum suplemen vitamin E mengalami peningkatan ketebalan dinding rahim. Tim peneliti juga melihat penurunan kadar plasma malondialdehyde, penanda adanya stres oksidatif yang dapat merusak sel.

Dinding rahim yang terlalu tipis diketahui dapat memperkecil peluang terbentuknya janin serta meningkatkan risiko keguguran. Dengan menebalnya dinding rahim, diharapkan peluang kehamilan dapat menjadi lebih tinggi.

4. Menyehatkan paru-paru

Manfaat vitamin E lain yakni mencakup sistem pernapasan. Sebuah penelitian dalam European Respiratory Journal menunjukkan bahwa zat gizi ini dapat mencegah peradangan pada penderita penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

PPOK adalah penyakit peradangan yang dapat berkembang sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan paru. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh paparan gas penyebab iritasi dalam jangka panjang, terutama asap rokok.

Sifat antiradang pada vitamin E ternyata dapat membantu meredakan peradangan yang menjadi masalah utama PPOK. Selain itu, asupan vitamin E yang meningkat ternyata juga bermanfaat bagi fungsi paru-paru secara keseluruhan.

5. Menyehatkan rambut dan kulit kepala

Rambut yang sehat dan indah tumbuh dari kulit kepala yang sehat. Salah satu cara menyehatkan kulit kepala yaitu mencukupi kebutuhan vitamin E. Ini karena vitamin E merupakan zat gizi yang penting bagi kesehatan kulit, termasuk kulit kepala.

Sel kulit kepala tidak lepas dari risiko kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebagai senyawa antioksidan, vitamin E melindungi sel kulit kepala dan mencegah kerusakan tersebut.

Vitamin ini membantu memperkuat lapisan lemak yang terdapat pada sel kulit kepala. Dengan begitu, rambut memiliki tempat yang kokoh untuk tumbuh. Rambut Anda akan menjadi lebih kuat dan terbebas dari risiko rontok.

Vitamin E amat dibutuhkan untuk menjaga ketahanan berbagai sel dalam tubuh. Untuk memperoleh berbagai manfaatnya, jangan lupa lengkapi menu harian Anda dengan berbagai makanan yang menjadi sumber vitamin E.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Vitamin E. (2019). Retrieved 23 February 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/002406.htm

Body functions of vitamin E. (2012). Retrieved 23 February 2021, from https://www.nutri-facts.org/en_US/news/body-functions-of-vitamin-e.html

Vitamin E. (2020). Retrieved 23 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-e/art-20364144

Vitamin E. (2020). Retrieved 23 February 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminE-HealthProfessional/

COPD. (2020). Retrieved 23 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/copd/symptoms-causes

3 Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity. (2020). Retrieved 23 February 2021, from https://health.clevelandclinic.org/3-vitamins-best-boosting-immunity/

Hashemi, Z., Sharifi, N., Khani, B., Aghadavod, E., & Asemi, Z. (2017). The effects of vitamin E supplementation on endometrial thickness, and gene expression of vascular endothelial growth factor and inflammatory cytokines among women with implantation failure. The Journal Of Maternal-Fetal & Neonatal Medicine, 32(1), 95-102. https://doi.org/10.1080/14767058.2017.1372413

Hanson, C., Sayles, H., & Bowler, R. (2016). Vitamin E supplement usage and pulmonary outcomes in COPDGene. 6.1 Epidemiology. https://doi.org/10.1183/13993003.congress-2016.pa1148

Schwartz, J. R., Henry, J. P., Kerr, K. M., Mizoguchi, H., & Li, L. (2015). The role of oxidative damage in poor scalp health: ramifications to causality and associated hair growth. International journal of cosmetic science, 37 Suppl 2, 9–15. https://doi.org/10.1111/ics.12289

Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi pada 04/05/2021
x