Obat Cefadroxil untuk Mengobati Berbagai Infeksi

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Obat cefadroxil adalah obat antibiotik yang masuk ke dalam jenis sefalosporin. Obat ini digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri seperti radang tenggorokan, kulit, dan infeksi saluran kemih. Cara kerja obat ini adalah dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Antibiotik ini hanya dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri dan tidak dapat bekerja untuk infeksi virus seperti pilek dan flu. Penggunaan antibiotik seperti obat cefadroxil dapat meningkatkan resistensi atau kekebalan bakteri terhadap obat.

Kegunaan obat cefadroxil

Cefadroxil atau sefadroksil merupakan salah satu obat antibiotik dengan penggunaan yang lebih luas. Obat ini efektif melawan bakteri gram negatif maupun positif. Obat cefadroxil diketahui ampuh mengatasi beragam infeksi yang disebabkan oleh beberapa jenis kuman dan bakteri.

Dari hasil uji klinis diketahui obat antibiotik yang termasuk dalam golongan obat keras dan membutuhkan resep dokter ini bisa digunakan untuk mengobati infeksi kulit, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, infeksi tulang, infeksi darah, dan juga infeksi saluran kemih.

Perlu diingat bahwa obat cefadroxil tidak dianjurkan untuk mengobati sakit flu, pilek, atau penyakit lain yang disebabkan virus, karena obat ini hanya bekerja optimal menghambat pembentukan dinding sel bakteri bukan virus agar tidak bisa berkembang ataupun bertahan hidup. Beberapa jenis bakteri dan kuman yang bisa dibunuh oleh antibiotik cefadroxil antara lain staphylococcus aureus, streptococcus betahemolytic, streptococcus pneumoniae, proteus mirabilis, moraxella catarrhalis, klebsiella sp, dan escherichia coli.

Aturan pakai obat cefadroxil

Di apotek, obat cefadroxil tersedia dalam bentuk tablet untuk dewasa dan sirup untuk anak-anak. Masing-masing memiliki komposisi pada obat tablet yaitu cefadroxil 500 mg dan cefadroxil 1 gram. Sementara pada cefadroxil sirup tersedia dalam komposisi cefadroxil 125 mg untuk setiap 5 ml.

Dosis dan lama waktu minum obat cefadroxil yang diresepkan oleh dokter akan tergantung pada jenis infeksi yang sedang diobati, tingkat keparahannya dan kondisi kesehatan pasien. Umumnya, 1-2 gram cefadroxil dikonsumsi per hari untuk 5-10 hari. Dosis maksimum adalah 4 gram per 24 jam. Bagi anak-anak, dosis juga akan didasari pada berat badan anak per kilogram dan akan ditentukan oleh dokter.

Untuk mengurangi berkembangnya bakteri yang resisten dan menjaga efektivitas obat cefadroxil sebagai antibiotik, maka penggunaan obat ini harus digunakan sesuai dengan petunjuk dokter. Habiskan semua dosis yang diberikan sesuai aturan pakai. Jangan sembarangan membeli obat ini tanpa menggunakan resep dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Hati-hati Overdosis Ibuprofen! Ketahui Gejala dan Takaran Dosis yang Aman

Mengonsumsi obat secara berlebihan bisa mengakibatkan overdosis. Berikut gejala overdosis ibuprofen yang perlu diketahui berikut dosis amannya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 5 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Stroke Berdasarkan Jenis dan Berbagai Faktor Risikonya

Stroke dapat terjadi akibat berbagai sebab, tergantung jenisnya. Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel Hello Sehat berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Stroke, Kesehatan Otak dan Saraf 6 Mei 2018 . Waktu baca 8 menit

Aturan Minum Obat Cefadroxil 500 mg

Cefadroxil 500 mg adalah salah satu jenis antibiotik yang berguna untuk menghentikan pertumbuhan bakteri. Cari tahu dosis dan cara penggunaannya.

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 31 Januari 2017 . Waktu baca 3 menit

Paracetamol vs Ibuprofen: Harus Minum Obat yang Mana?

Keduanya dikenal sebagai obat generik yang dimiliki semua orang di rumah. Tapi, apa bedanya? Kapan harus minum paracetamol, kapan ibuprofen?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan, Informasi Kesehatan 8 Oktober 2016 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

terlalu banyak minum obat

5 Tanda Anda Sudah Terlalu Banyak Minum Obat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
tips minum obat pereda nyeri

5 Tips Minum Obat Pereda Nyeri Agar Tetap Aman Tanpa Efek Samping

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 5 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit
efek samping obat pereda nyeri

Efek Samping Minum Obat Pereda Nyeri, dari Ringan Hingga yang Fatal

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 19 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit
obat Novalgin

Novalgin

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 11 Maret 2019 . Waktu baca 7 menit