Aturan Minum Obat Cefadroxil 500 mg

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Obat cefadroxil 500 mg dapat mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri selama dikonsumsi sesuai aturan pakai dan dosis yang aman. Hal ini penting karena pengonsumsian obat sefadroksil yang sembarangan bisa berisiko menyebabkan efek samping bagi kesehatan.

Cefadroxil 500 mg termasuk jenis obat keras yang memerlukan resep dokter. Ada banyak merek obat-obatan yang mengandung cefadroxil. Selalu ingat untuk memeriksa kandungan dan membaca aturan pemakaian obat yang tertera pada kemasan.

Cara pakai obat cefadroxil 500 mg

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi cefadroxil. Jangan mengubah dosis cefadroxil kecuali disarankan oleh dokter Anda. Sangat disarankan untuk menghabiskan semua dosis yang sudah diberikan oleh dokter, walau Anda sudah merasa sehat. Hal ini dilakukan untuk mencegah kembalinya infeksi.

Minumlah cefadroxil dengan air putih. Jangan mengunyah atau membuka kapsul cefadroxil. Cefadroxil bisa diminum sebelum atau sesudah makan. Untuk memaksimalkan keefektifannya, konsumsi cefadroxil tiap hari pada jam yang sama. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya.

Ketika tidak sengaja melewatkan dosis cefadroxil, segera minum begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis cefadroxil pada jadwal berikutnya. Jangan berbagi antibiotik dengan orang lain. Obat yang Anda konsumsi belum tentu cocok dengan orang lain dan bahkan bisa membahayakan kesehatan mereka.

Dosis yang dianjurkan untuk obat cefadroxil 500 mg

Di apotek, obat cefadroxil tersedia dalam bentuk tablet untuk dewasa dan sirup untuk anak-anak. Masing-masing memiliki komposisi pada obat tablet yaitu cefadroxil 500 mg dan cefadroxil 1 gram. Sementara untuk cefadroxil sirup tersedia dalam cefadroxil 125 mg untuk setiap 5 ml. Berikut dosis cefadroxil 500 mg yang dianjurkan.

  • Obat infeksi pada saluran pernapasan atas. Dosis dewasa yang dianjurkan adalah tablet 500 mg yang diberikan sebanyak dua kali sehari atau tablet 1 gram yang diberikan sebanyak satu kali sehari selama 7 sampai 10 hari berturut-turut.
  • Mengobati infeksi pada tenggorokan dosis dewasa yang dianjurkan adalah tablet 500 mg yang diberikan sebanyak dua kali sehari atau tablet 1 gram yang diberikan sebanyak satu kali sehari selama 10 hari berturut.
  • Obat infeksi pada kulit dan jaringan lunak dosis dewasa yang dianjurkan adalah tablet 500 mg yang diberikan sebanyak dua kali sehari atau tablet 1 gram yang diberikan sebanyak satu kali sehari.
  • Antibiotik infeksi saluran kemih dan kelamin dosis dewasa yang dianjurkan adalah tablet 1 gr yang diberikan sebanyak dua kali dalam sehari atau 2 tablet 1 gram yang diberikan sebanyak satu kali dalam sehari.
  • Obat penyakit infeksi pada anak dosis anak – anak yang dianjurkan adalah cefadroxil sirup 30 mg/kg berat badan/hari yang pemberiannya dibagi dalam dua dosis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Bahaya Beli Antibiotik Tanpa Resep Dokter

Banyak orang merasa sudah "kenal" dengan antibiotik tertentu, sehingga ia sering cuek beli antibiotik tanpa resep dokter. Padahal, ini bisa berbahaya, loh!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Penyakit Infeksi 10 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Daftar Obat Kusta yang Kerap Diresepkan Dokter

Obat kusta diminum untuk mencegah terjadinya penyebaran infeksi dan risiko komplikasi. Apa saja obat yang biasa diresepkan dokter untuk mengobati kusta?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Kulit, Penyakit Infeksi Kulit 10 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Amankah Minum Antibiotik Saat Hamil? Ini Penjelasannya

Ada yang bilang minum antibiotik saat hamil berbahaya. Padahal dalam kasus tertentu, ibu hamil boleh kok, minum antibiotik. Tapi perhatikan hal-hal ini, ya.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 4 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Daftar Antibiotik yang Ampuh untuk Mengobati Jerawat

Jerawat ternyata bisa disembuhkan dengan antibiotik. Namun, apa saja antibiotik yang biasanya digunakan untuk mengobati jerawat? Lihat daftarnya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Jerawat, Kesehatan Kulit 1 November 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat infeksi saluran kencing

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
cara mengobati usus buntu tanpa operasi

Cara Mengobati Radang Usus Buntu Melalui atau Tanpa Operasi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
gambar giardiasis adalah

Giardiasis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
terlalu banyak minum obat

5 Tanda Anda Sudah Terlalu Banyak Minum Obat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit