7 Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Anda yang Sedang Diet

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Karbohidrat merupakan zat gizi utama yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Tubuh kita memperoleh energi untuk beraktivitas dengan cara membakar karbohidrat yang kita dapatkan dari makanan. Namun, jika Anda sedang diet, pilihlah sumber karbohidrat yang tepat. Hal ini akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Lalu, makanan sumber karbohidrat seperti apa yang harus dikonsumsi saat sedang diet?

Asupan karbohidrat sangat berpengaruh pada diet Anda. Jika Anda memilih sumber karbohidrat yang tepat, diet Anda akan berjalan lebih lancar. Saat sedang diet atau ingin menurunkan berat badan, lebih tepat untuk memilih sumber karbohidrat yang mengandung serat tinggi.

Karbohidrat dengan serat tinggi atau juga biasa disebut dengan karbohidrat kompleks dapat bertahan dalam tubuh lebih lama karena mereka lebih sulit untuk dicerna tubuh. Sehingga, dengan memakan karbohidrat jenis ini, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, asupan makan Anda juga bisa lebih sedikit.

Serat dalam karbohidrat juga dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol karena serat dapat mengikat kolesterol darah dan akan dibuang bersama feses. Sedangkan, dalam perannya dalam membantu menurunkan berat badan, serat terbukti dapat melancarkan sistem pencernaan. Hal ini juga membantu Anda terhindar dari sembelit, hemoroid, radang usus buntu (apendisitis), dan divertikulosis.

Makanan sumber karbohidrat dengan serat tinggi

Berikut ini merupakan makanan sumber karbohidrat dengan serat tinggi yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

1. Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sudah sering kita ketahui. Mungkin Anda sering memakan kentang sebagai lauk, tetapi sebenarnya kentang bisa dijadikan makanan utama Anda. Bagi Anda yang sedang diet, mungkin Anda bisa mengganti nasi Anda dengan kentang. Kentang memiliki kandungan pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna), sehingga bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Lebih baik lagi jika Anda memakan kentang bersama dengan kulitnya, karena di dalam kulit kentang terkandung banyak serat yang bermanfaat untuk Anda. Selain itu, kentang juga kaya akan vitamin C dan kalium.

Namun, jangan menggoreng kentang karena ini akan menambah asupan lemak Anda, yang justru dapat menyumbang kenaikan berat badan, sehingga menggagalkan diet Anda. Pilih memasak kentang dengan cara dikukus atau direbus.

2. Beras merah

Seperti kentang, beras merah juga mengandung serat yang tinggi, lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Jika Anda tidak bisa lepas dari nasi, mungkin Anda bisa mencoba nasi merah saat sedang diet. Nasi merah bisa membuat diet Anda lebih berhasil.

Selain untuk yang ingin menurunkan berat badan, nasi merah juga bisa menjadi makanan untuk para penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam nasi merah dapat membantu Anda mengontrol gula darah.

3. Pasta gandum

Pasta gandum mengandung lebih banyak serat daripada pasta putih. Kandungan seratnya bisa mencapai dua sampai tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan pasta putih. Jadi, jika Anda sedang menurunkan berat badan, lebih baik untuk memilih pasta gandum daripada pasta putih. Kandungan serat yang lebih banyak dalam pasta gandum dapat membantu Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa makan lebih sedikit.

4. Roti gandum

Sama seperti pasta gandum, roti gandum juga mengandung serat yang lebih tinggi daripada roti putih. Sehingga roti gandum lebih bisa direkomendasikan untuk Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan. Roti gandum mengandung serat mencapai 7 gram, sedangkan roti putih hanya mengandung serat sebanyak 2,7 gram (keduanya dalam 100 gram roti).

5. Oatmeal

Oatmeal juga bisa menjadi menu makanan Anda saat Anda sedang diet. Serat dalam oatmeal dapat membantu Anda kenyang lebih lama, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah Anda. Namun, biasanya Anda memakan oatmeal dengan ditemani oleh makanan lain. Nah, hati-hatilah, kadang makanan yang Anda tambahkan ke dalam oatmeal ini justru memiliki lebih banyak kalori dan gula dibandingkan oatmeal itu sendiri.

6. Quinoa

Mungkin Anda jarang mendengar makanan ini. Namun, quinoa ternyata menyimpan manfaat yang kaya. Quinoa mengandung serat tinggi, selain itu juga mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lain. Quinoa bisa menjadi pengganti sumber karbohidrat bagi Anda yang sedang dalam penurunan berat badan.

7. Buah-buahan

Buah-buahan juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa membantu Anda saat sedang diet. Buah-buahan mengandung gula alami yang akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Pilihlah buah-buahan yang kaya serat sehingga Anda bisa kenyang lebih lama, seperti raspberry, pir, apel, dan pisang. Selain serat, buah-buahan juga banyak mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C dan kalium. Anda bisa mencampurkan buah-buahan ini ke dalam yogurt atau oatmeal Anda, atau bisa juga dijadikan salad.

 

BACA JUGA

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berat Badan Turun, Bukan Berarti Lemak Tubuh Berkurang

Meski timbangan menunjukkan berat badan Anda 3 kg lebih ringan, kalau dietnya salah, jangan-jangan jumlah lemak tubuh tidak berkurang sama sekali.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Nutrisi, Hidup Sehat 3 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

6 Dampak Buruk Akibat Makan Tidak Teratur

Memang benar makan tidak teratur bisa bikin Anda cepat gemuk. Tapi dari sisi kesehatan, ada banyak efek samping buruk lainnya. Apa saja?

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Nutrisi, Hidup Sehat 3 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Tahukah Anda bahwa lemak paha adalah lemak yang sulit dihilangkan dibandingkan dengan lemak yang ada di bagian tubuh lain? Lalu apa penyebabnya?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 30 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

Banyak yang mengira makan makanan sehat itu susah dan perlu banyak usaha, jadi orang yang sibuk tidak akan bisa. Padahal, kenyataannya tidak begitu.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 22 Juli 2020 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diet tinggi serat

Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
porsi makan ideal

Cara Menghitung Porsi Makan Ideal untuk Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
diet saat hamil

Bolehkah Ibu Menjalani Diet Saat Hamil?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 19 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit
oatmeal bikin gemuk

4 Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Malah Naik

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit