5 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh Anda

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Oatmeal tengah naik daun di kala masyarakat sedang rajin-rajinnya menjalankan diet. Mereka berupaya menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga berat badan, rajin berolahraga, serta menyehatkan pola makan sehari-hari. Dari segi pola makan, sarapan diyakini sangat berpengaruh pada kesehatan. Dan oatmeal adalah salah satu makanan sehat untuk sarapan. Apa saja manfaat oatmeal? Simak artikel ini.

Sarapan dan manfaat oatmeal untuk kesehatan

Banyak ahli medis dan ahli gizi menyarankan pasien penyakit jantung maupun diabetes untuk rutin mengonsumsi oatmeal. Karena oatmeal dapat menjaga kadar kolesterol serta gula darah agar tetap normal. Oatmeal kaya akan serat, dan juga dilengkapi protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 yang berfungsi untuk menghasilkan energi.

Di samping kandungan-kandungan bergizi dalam oatmeal, Anda juga perlu mempertimbangkan sejumlah alasan mengapa oatmeal adalah pilihan sarapan yang baik. Berikut adalah manfaat oatmeal sebagai menu sarapan setiap hari.

1. Menurunkan kolesterol

Oatmeal kaya akan serat larut yaitu jenis serat yang juga terdapat pada apel dan pir. Jenis serat larut sanggup menghambat penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol “jahat”. LDL diketahui merupakan salah satu pemicu serangan stroke dan jantung. Manfaat oatmeal inilah yang dapat menurunkan kolestrol Anda.

2. Melindungi kesehatan jantung

Oatmeal mengandung senyawa kimia lignan yang mampu mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung. Selain oatmeal, lignan juga terdapat pada aprikot, biji rami, serta brokoli. Sebuah studi menyatakan bahwa pria yang memiliki risiko gagal jantung dapat menurunkan risikonya dengan mengonsumsi setidaknya 1 mangkuk oatmeal setiap hari.

3. Bisa kenyang lebih lama

Manfaat oatmeal yang satu ini menjadi keunggulan dibandingkan menu sarapan lainnya. Oatmeal mengandung banyak serat sehingga mencegah Anda merasa kelaparan sampai waktu makan siang. Penelitian di tahun 2014 yang dipublikasikan Nutrition Journal menunjukkan bahwa partisipan yang sarapan oatmeal merasa lebih lama kenyang dibandingkan partisipan yang makan sereal dalam porsi sama.

4. Harganya terjangkau

Ada banyak produk oatmeal yang tersedia di berbagai pasar swalayan dan harganya rata-rata tidak mahal. Selain menyehatkan tubuh, Anda juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan semangkuk oatmeal.

5. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Disamping memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, kandungan serat dalam oatmeal juga mampu menurunkan risiko hipertensi. Ada rekomendasi bagi wanita menopause yang lebih rentan memiliki darah tinggi agar mengonsumsi setidaknya 6 porsi oatmeal maupun sereal biji-bijian lain setiap minggu.

Mungkin banyak yang enggan mencoba sarapan dengan oatmeal karena rasanya yang hambar. Padahal, jika Anda mengolahnya dengan kreatif, rasa oatmeal dapat dibuat menjadi lezat dan bervariasi. Misalnya Anda bisa mencampurkannya dengan berbagai buah untuk menambah rasa dan kelezatan. Ada juga yang menambahkan irisan daging ayam dan rempah-rempah sehingga rasanya mirip seperti bubur ayam. Jadi, berkreasilah untuk mempersiapkan sarapan oatmeal Anda agar Anda mendapatkan manfaat oatmeal.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Tidak hanya bermanfaat bagi orang yang sehat, olahraga juga harus dilakukan oleh mantan penderita kanker. Apa saja manfaatnya? Olahraga apa yang dianjurkan?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kebugaran 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

11 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Penderita Sakit Maag

Beberapa jenis makanan dan minuman ternyata bermanfaat untuk meringankan keluhan pada penderita sakit maag. Apa saja daftarnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis & Maag 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

4 Alternatif Sehat Pengganti Kopi di Pagi Hari

Tahukah Anda bahwa minum kopi sebaiknya tidak dilakukan di pagi hari? Lalu apa yang bisa jadi alternatifnya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Tips Makan Sehat, Nutrisi 5 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

7 Minuman Penurun Kolesterol yang Baik untuk Kesehatan dan Nikmat Dikonsumsi

Ternyata tidak hanya makanan yang dapat menjadi penurun kolesterol, tapi minuman juga. Yuk, simak berbagai minuman sehat yang dapat menurunkan kolesterol.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Jantung, Kolesterol 31 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perbedaan mentega dan margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
resep oatmeal sehat

7 Resep Oatmeal Sehat dan Mudah untuk di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
pilihan beras untuk menurunkan berat badan

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit