home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Segudang Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Anda Plus Kandungan Gizinya

Segudang Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Anda Plus Kandungan Gizinya

Oatmeal tengah naik daun di kalangan masyarakat yang sedang semangat menjalankan diet. Dari segi pola makan, sarapan diyakini sangat berpengaruh pada kesehatan dan oatmeal cukup populer sebagai salah satu makanan sehat untuk sarapan. Selain untuk diet, oatmeal juga memilih segudang manfaat lainnya. Apa sajakah manfaat oatmeal dan kandungan gizinya yang baik untuk tubuh? Yuk, simak ulasannya di artikel ini.

Kandungan oatmeal yang penting bagi tubuh

Banyak yang mengira oatmeal terbuat dari gandum. Padahal oatmeal adalah makanan yang terbuat dari oat (Avena sativa). Oat dikenal juga dengan nama “haver” yaitu jenis tanaman serealia yang tumbuh di negara-negara subtropis.

Oat berbeda dengan gandum. Oat diolah dalam bentuk utuh dengan tetap mempertahankan serat dan kulit arinya sedangkan gandum diolah dalam bentuk tepung untuk membuat roti, kue, dan sebagainya.

Selain kaya akan serat, terdapat sejumlah nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam oat. Dilansir dari Food Data Central, 1 cangkir oat mengandung berbagai nutrisi sebagai berikut.

  • Air: 8,78 gr
  • Energi: 307 Kcal
  • Protein: 10,7 gr
  • Karbohidrat: 54,8 gr
  • Lemak total: 5,28 gr
  • Kalsium: 42,1 gr
  • Serat pangan: 8,18 gr
  • Gula: 0,80 gr
  • Zat besi: 3,44 mg
  • Magnesium: 112 mg
  • Fosfor: 332 mg
  • Kalium: 293 mg
  • Zink: 2,95 mg
  • Natrium: 4,86 mg
  • Vitamin B-6: 0.081 mg
  • Vitamin E (alpha tocopherol): 0.34 mg
  • Vitamin K: 1,62 µg
  • Asalm lemak tak jenuh: 1,86 gram

saran penyajian oatmeal

Sejumlah manfaat oatmeal untuk kesehatan

Jika dilihat dari kandungannya, oatmeal mampu menyediakan energi yang cukup. Oleh karena itu, semangkuk oatmeal saat sarapan dapat membantu Anda memulai hari dengan semangat dan penuh energi.

Selain memenuhi kebutuhan energi, oatmeal juga memiliki sejumlah manfaat penting bagi tubuh. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Membantu menurunkan kolesterol

Manfaat oatmeal yang pertama adalah membantu menurunkan kolesterol. Hal ini karena oatmeal kaya akan serat larut.

Serat larut berperan dalam menghambat penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol “jahat” yang merupakan salah satu pemicu serangan stroke dan jantung.

Menurut Anne Whitehead dalam jurnal yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, serat larut pada oatmeal mengandung zat beta glucan.

Beta glucan pada oatmeal inilah yang efektif menurunkan kolesterol dalam darah.

2. Membantu menjaga kesehatan jantung

Oatmeal mengandung avenanthramide, yakni zat antioksidan yang mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli kardiologi di Taipei menyimpulkan bahwa konsumsi oatmeal secara rutin sangat membantu pemulihan kondisi pasca serangan jantung.

3. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Manfaat oatmeal selanjutnya adalah mencegah hipertensi. Hal ini karena oatmeal kaya akan serat dan antioksidan serta rendah natrium.

Sodium adalah salah satu zat yang perlu dihindari oleh penderita hipertensi. Zat ini biasanya terdapat pada garam dapur dan penyedap rasa.

Oleh karena itu, selain mengonsumsi oatmeal, penderita hipertensi sebaiknya juga mengurangi konsumsi garam.

4. Menurunkan risiko diabetes

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi oatmeal akan sangat bermanfaat dalam membantu mengontrol gula darah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi Université de Lyon di Perancis, oatmeal terbukti efektif menurunkan glukosa dalam darah dan memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh.

5. Membantu menurunkan berat badan

Khasiat oatmeal berikutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan serat larut pada oatmeal mampu memberikan efek kenyang lebih lama.

Beta glucan pada oatmeal dapat memicu hormon kenyang sehingga Anda tidak makan secara berlebihan.

Selain itu, karbohidrat yang terdapat pada oatmeal dapat menyuplai energi yang cukup sehingga Anda tidak merasa lesu meskipun sedang diet.

6. Membantu merawat kulit

Selain sebagai menu makanan, ternyata oatmeal juga dapat dimanfaatkan sebagai skin care. Anda dapat membuat lulur atau masker yang terbuat oatmel dengan cara menghaluskannya, memasaknya hingga mendidih lalu membalurkannya ke permukaan kulit.

Selain itu, Anda juga dapat mengatasi berbagai penyakit kulit dengan cara mandi oatmeal. Selain untuk merawat kulit, oatmeal ternyata juga dapat diolah menjadi gel pencukur dan bahan untuk shampoo.

7. Menurunkan risiko penyakit asma pada anak

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh para peneliti dari National Institute of Health and Welfare di Helsinki, Finlandia, pemberian oatmeal pada anak sebelum memasuki usia 5 tahun akan mengurangi resiko penyakit asma dan rhinitis alergi.

Para ahli tersebut menyarankan agar oatmeal mulai diperkenalkan sejak anak berusia 6 bulan berupa bubur lunak sebagai makanan pendamping ASI.

8. Mengatasi gangguan pencernaan pada manula

Manfaat berikutnya dari oatmeal adalah menyediakan zat-zat seperti vitamin B-6, vitamin B-12 dan folat yang dapat mencegah gangguan pencernaan, terutama pada manula.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para pakar gizi dari University of Vienna, Austria. Manula yang mengonsumsi oatmeal secara rutin dapat terbebas dari ketergantungan pada obat-obatan pencahar.

Cara penyajian oatmeal

Mungkin banyak yang enggan mencoba sarapan dengan oatmeal karena rasanya yang hambar. Padahal, jika Anda mengolahnya dengan kreatif, rasa oatmeal dapat dibuat menjadi lezat dan bervariasi.

Untuk menikmati oatmeal, Anda dapat menyajikannya dengan beberapa cara, antara lain.

1. Bubur oatmeal

Bubur oatmeal adalah salah satu cara termudah dalam menikmati oatmeal. Anda cukup menyiapkan bahan-bahan sederhana seperti: ½ cangkir oat giling, 1 cangkir air atau susu, dan sejumput garam.

Masukkan semua bahan ke dalam panci lalu didihkan. Kecilkan api lalu aduk hingga lembut. Anda dapat menambahkan potongan ayam agar rasanya lebih enak.

2. Bubur seduh

Selain mendidihkannya, Anda juga dapat membuat bubur oatmeal dengan cara menyeduhnya dengan air panas.

Agar rasanya lebih enak dan lebih kaya nutrisi, Anda dapat menambahkan sedikit bubuk kayu manis, beberapa buah beri, kacang-kacangan ataupun yoghurt.

3. Roti dan cake

Selain disajikan dalam bentuk bubur, oatmeal juga dapat dicampur dengan tepung, telur dan bahan-bahan lainnya untuk dijadikan roti atau cake.

Saat membuat roti atau cake oatmeal, sebaiknya Anda tidak menambahkan terlalu banyak gula agar kue yang Anda buat tetap baik untuk kesehatan.

4. Smoothie oatmeal

Selain sebagai makanan, oatmeal juga dapat Anda sajikan sebagai minuman yaitu dengan membuat smoothie.

Anda dapat mengkombinasikan oatmeal dengan buah-buahan seperti pisang, buah beri, dan lain-lain kemudian menghaluskannya dengan blender.

smoothies oatmeal

Keunggulan oat dibanding bahan makanan lainnya

Di samping memiliki sejumlah kandungan protein, vitamin dan mineral, oatmeal juga memiliki sejumlah kelebihan lainnya yaitu sebagai berikut.

1. Harga yang terjangkau

Harga oatmeal cukup terjangkau. Bahkan relatif lebih murah daripada makanan pokok lainnya seperti beras dan roti. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan makanan yang sehat.

2. Mudah diolah

Selain harganya yang terjangkau, oatmeal juga cukup mudah diolah menjadi berbagai menu makanan yang praktis dengan segudang manfaat.

3. Mudah didapatkan

Meskipun oat bukan tanaman yang tumbuh di negara tropis, tetapi saat ini oatmeal bukan lagi produk yang langka. Anda dapat dengan mudah mendapatkan produk di berbagai supermarket.

4. Gluten free

Banyak yang salah mengira bahwa oatmeal terbuat dari gandum. Padahal ia terbuat dari tanaman oat. Oleh karena itu, oatmeal cenderung aman dikonsumsi bagi mereka yang alergi terhadap zat gluten yang ada pada gandum.

5. Awet

Keunggulan oat lainnya adalah awet. Hal ini karena oat dikemas dalam bentuk kering dan bebas kandungan air. Jika disimpan dalam wadah kedap udara, oat dapat bertahan hingga 24 bulan pada suhu kamar.

Itulah segudang manfaat oatmeal yang perlu Anda ketahui. Jadi tunggu apalagi? Jagalah kesehatan Anda dengan sarapan sehat oatmeal.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

FoodData central. (n.d.). FoodData Central. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1101825/nutrients

Cholesterol-lowering effects of oat β-glucan: A meta-analysis of randomized controlled trials. (December). PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25411276/

High levels of Avenanthramides in oat-based diet further suppress high fat diet-induced atherosclerosis in Ldlr -/- Mice. (2018, January 17). PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29298067/ 

The benefit of secondary prevention with oat fiber in reducing future cardiovascular event among CAD patients after coronary intervention. (2019, February 28). PubMed Central (PMC). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6395719/

Modulation of the postprandial phase by beta-glucan in overweight subjects: Effects on glucose and insulin kinetics. (2009, March). PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18837470/

The role of meal viscosity and oat β-glucan characteristics in human appetite control: A randomized crossover trial. (n.d.). PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24884934/ 

The role of meal viscosity and oat β-glucan characteristics in human appetite control: A randomized crossover trial. (n.d.). PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24884934/#affiliation-1

Colloidal oatmeal: History, chemistry and clinical properties. (2007, March 1). ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/6434542_Colloidal_Oatmeal_History_Chemistry_and_Clinical_Properties

The status of vitamins B6, B12, folate, and of homocysteine in geriatric home residents receiving laxatives or dietary fiber. (2010, March 14). PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20191257/

Early introduction of oats associated with decreased risk of persistent asthma and early introduction of fish with decreased risk of allergic rhinitis. (2010, January). PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19674492/#affiliation-1

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui seminggu yang lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x