home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Ambeien (Wasir)

Definisi|Tanda dan gejala|Penyebab dan faktor risiko|Diagnosis dan pengobatan|Pengobatan di rumah
Ambeien (Wasir)

Definisi

Apa itu ambeien (wasir)?

Ambeien adalah kondisi meradang atau bengkaknya pembuluh darah vena di sekitar anus. Kondisi juga sering disebut sebagai hemoroid atau lebih terkenalnya disebut sebagai wasir.

Pembengkakan dapat muncul di dalam rektum, yaitu saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus, atau di sekitar anus. Biasanya penyakit ini disebabkan karena mengejan terlalu sering dan dalam waktu yang lama saat buang air besar.

Ambeien terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • internal hemorrhoid, muncul di dalam saluran rektum, tidak nyeri tapi bisa menyebabkan feses yang berdarah, serta
  • external hemorrhoid, muncul di luar anus, terasa gatal atau nyeri, terkadang bisa robek dan berdarah.

Ambeien adalah kondisi yang tidak berbahaya dan tidak menular. Biasanya kondisi ini dapat sembuh sendiri atau dapat disembuhkan dengan mudah menggunakan obat ambeien.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Ambeien merupakan gangguan pencernaan yang termasuk umum dan pernah dialami oleh banyak orang. Berdasarkan penelitian, pada usia 50 tahun, hampir setengah populasi pernah mengalami wasir.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tapi lebih sering terjadi pada ibu hamil, pasien sembelit, atau pasien diare kronis.

Tanda dan gejala

Apa saja tanda dan gejala ambeien?

Berdasarkan jenisnya, gejala ambeien yang akan dirasakan berbeda. Bila Anda memiliki jenis eksternal, maka Anda akan mengalami:

  • kemunculan benjolan yang keras dan terasa lembut saat disentuh di dekat anus,
  • anus terasa gatal, serta
  • anus terasa nyeri, terutama saat duduk.

Biasanya, gejala ini dapat menghilang dalam beberapa hari. Meski demikian, bila Anda terbiasa membersihkan anus dengan kasar atau terlalu sering mengejan, gejalanya bisa bertahan lebih lama.

Sedangkan pada jenis yang internal, biasanya Anda tidak akan merasakan nyeri atau gatal. Namun, feses yang keluar bisa saja disertai darah.

Bila wasir berkembang atau benjolannya keluar dari anus, akibatnya Anda akan merasa perih dan susah buang air besar.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter bila Anda mengalami gejala-gejala seperti:

  • ambeien terasa nyeri dan tidak kunjung membaik walau sudah diobati di rumah,
  • BAB berdarah atau berwarna hitam atau berdarah, serta
  • anda merasa pusing atau kliyengan.

Hemoroid adalah kondisi kesehatan yang cukup serius. Penting untuk memeriksakan diri ke dokter agar tidak berujung kepada komplikasi.

Perlu diketahui, tubuh setiap orang berbeda-beda, maka respons terhadap suatu penyakit pun juga bisa berbeda. Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar gejala wasir, konsultasikanlah ke dokter.

Penyebab dan faktor risiko

Apa penyebab ambeien (wasir)?

Pada dasarnya, penyebab ambeien adalah adanya gangguan dalam aliran darah menuju saluran pembuangan feses.

Gangguan ini bisa muncul karena berbagai kebiasaan, di antaranya mengejan saat buang air besar atau terlalu lama duduk di toilet.

Kebiasaan tersebut mengganggu jalannya aliran darah, sehingga akhirnya menumpuk di pembuluh darah dekat anus dan menimbulkan pembengkakan.

Apa saja faktor-faktor risiko terkena penyakit ini?

Berikut adalah berbagai faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena wasir.

1. Mengalami sembelit kronis

Feses yang mengeras akibat sembelit membuat Anda harus mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk mengejan. Tekanan ekstra tersebut akhirnya bisa memicu pembengkakan pembuluh darah di anus, yang kemudian menjadi penyebab hemoroid.

2. Kehamilan

Seiring usia kehamilan yang semakin membesar, rahim akan ikut berkembang mengikuti perkembangan janin. Tekanan rahim ini kemudian akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar hingga memicu munculnya benjolan di daerah anus.

3. Duduk terlalu lama

Kebiasaan duduk yang terlalu lama bisa menjadi penyebab kondisi ini, sebab pembuluh darah di sekitar anus akan banyak terisi darah.

Aliran darah yang konstan tersebut akhirnya akan menekan dinding pembuluh darah hingga semakin membesar.

4. Mengangkat benda berat

Berulang kali mengangkat benda yang berat bisa jadi penyebab wasir. Hal ini lantara adanya penumpukan tekanan di bagian rektum yang akan memengaruhi aliran darah sehingga membuat pembuluh darah menjadi bengkak.

5. Usia

Kondisi tubuh yang semakin menua secara alami menyebabkan jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus semakin melemah dan meregang sehingga rentan membengkak. Inilah yang akhirnya jadi penyebab hemoroid.

Diagnosis dan pengobatan

Pemeriksaan apa yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis penyakit ini?

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Biasanya, dokter bisa langsung mendiagnosis penyakit bila jenis ambeien yang Anda alami adalah jenis eksternal.

Pada saat tersebut, dokter juga menanyakan gejala, kebiasaan saat buang air besar, serta makanan yang Anda konsumsi. Informasi yang Anda berikan akan membantu dokter dalam mengetahui penyakit yang diderita.

Lain lagi bila kondisi yang Anda alami dicurigai sebagai ambeien internal, dibutuhkan prosedur khusus untuk melihat keadaan di dalam anus dan rektum Anda.

Terdapat dua pilihan prosedur pemeriksaan yang bisa dilakukan, yaitu anoskopi dan proktosigmoidoskopi.

Pada prosedur anoskopi, dokter akan memasukkan alat berupa tabung kecil bernama anoscope melalui anus untuk melihat jaringan dan rektum di dalamnya. Untuk menjalani pemeriksaan ini, pasien biasanya tidak memerlukan bius.

Sedangkan prosedur proktosigmoidoskopi hampir serupa dengan anoskopi.

Hanya saja dokter juga menggunakan proktoskop, sebuah alat berupa teropong besi yang berfungsi untuk melihat lapisan rektum dan usus besar bagian bawah. Anda juga tidak memerlukan anestesi untuk menjalaninya.

Bagaimana cara mengatasi ambeien (wasir)?

Beberapa kondisi hemoroid ini dapat sembuh sendiri. Namun terkadang gejala yang ditimbulkan lebih parah sehingga membutuhkan penanganan dari dokter. Berikut berbagai pilihan perawatan wasir.

Minum suplemen serat

Penambah serat seperti psyllium (Metamucil) atau methylcellulose (Citrucel) dapat membantu pengeluaran feses Anda dan mengobati sembelit.

Obat ambeien

Obat dalam bentuk krim dan obat supositori dapat membantu meredakan gejala-gejala seperti rasa nyeri dan gatal akibat wasir.

Operasi pengangkatan ambeien

Operasi pengangkatan ambeien disebut juga dengan hemoroidektomi. Hemoroidektomi adalah cara mengobati ambien berat dan kambuhan yang paling efektif.

Hemoroidektomi akan mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan perdarahan. Operasi ambeien ini dapat dilakukan dengan bius lokal yang dikombinasikan dengan obat penenang, bius spinal, atau bius umum.

Kebanyakan orang akan mengalami rasa sakit setelah operasi ambeien. Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengatasinya.

Waktu pemulihan biasanya sekitar 2 minggu, tapi mungkin butuh waktu sekitar 3 – 6 minggu sampai Anda bisa beraktivitas normal lagi.

Trombektomi ambeien eksternal

Jika gumpalan darah yang menyakitkan (trombosis) terbentuk di dalam ambeien eksternal, dokter Anda akan melakukan sayatan dan drainase sederhana, untuk menghilangkan gumpalan darah. Prosedur ini paling efektif dilakukan dalam waktu 72 jam setelah berkembangnya gumpalan darah.

Ligasi pita karet

Dokter akan mengikat satu atau dua pita karet kecil di area sekitar ambeien internal untuk memotong aliran darah. Tanpa aliran darah, ambeien akan terlepas setelah seminggu Anda menjalankan prosedur ini.

Cara mengobati ambeien yang satu ini efektif untuk banyak orang dan tidak memerlukan pembiusan. Pasien dapat kembali beraktivitas normal keesokan harinya.

Rasa tidak nyaman, nyeri, dan perdarahan mungkin akan muncul 2 – 4 hari setelah melakukan prosedur ini. Namun, cara mengatasi ambeien ini jarang menyebabkan komplikasi yang parah.

Suntikan (skleroterapi)

Pada prosedur mengobati ambeien ini, larutan kimia khusus akan disuntikkan ke dalam jaringan ambeien untuk mengecilkannya.

Suntikan ini akan menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf menjadi mati rasa pada lokasi penyuntikan. Setelah sekitar satu setengah bulan, ukuran ambeien akan mengecil atau menyusut.

Koagulasi dengan inframerah, laser, atau bipolar

Teknik koagulasi ini menggunakan sinar laser atau inframerah untuk membakar jaringan ambeien. Prosedur ini berfungsi untuk memotong aliran darah.

Namun, prosedur ini juga dapat membuat ambeien muncul kembali (kambuh), berlaku jika dibandingkan dengan prosedur ligasi pita karet. Selain itu, prosedur ini dapat menyebabkan sedikit rasa tidak nyaman.

Apakah ada obat wasir alami?

Sayangnya, belum terbukti seberapa efektif bahan-bahan alami dapat mengatasi wasir.

Namun, jika Anda telah berkonsultasi dan dokter memberikan lampu hijau, terdapat beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat alami wasir.

Cuka apel

Cuka apel adalah salah satu obat wasir alami yang bisa Anda gunakan. Caranya mudah, cukup dengan merendam kapas pada sari cuka apel, lalu oleskan perlahan ke daerah wasir.

Ulangi proses tersebut sampai peradangan menghilang dan rasa sakit mereda. Anda juga bisa mencampurkan air dengan cuka apel saat membilas bagian anus ketika mandi.

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung zat sifat antiradang. Dengan tekstur gel yang sejuk, lidah buaya juga dapat menjadi obat wasir alami yang menenangkan dan melemaskan pembuluh darah meradang sekaligus memperkecil ukuran ambeien di anus.

Anda juga dapat menggunakan lidah buaya dengan cara mengonsumsinya. Kandungan arakuinon pada lidah buaya mampu mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak.

Hal ini membuat lebih feses pada usus akan lebih mudah bergerak, mencegah penyumbatan yang akan jadi penyebab ambeien.

Bawang putih

Bawang putih atau Allium sativum ternyata juga bisa menjadi obat wasir alami.

Bawang putih sangat kaya akan kandungan belerang, yang mengandung asam amino, mineral, serta enzim seperti allinase, peroksidase, dan myrosinase. Tumbuhan ini juga memiliki zat antiradang dan antibakteri.

Pada asam amino yang disebut alliin, ketika bawang putih dihancurkan, alliin diubah menjadi allicin oleh enzim, allinase. Allicin bertanggung jawab sebagai zat antibakteri yang ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap.

Fungsi bawang putih untuk ambeien juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan berbagai bakteri usus, dan melindungi pembuluh darah.

Untuk mengobati ambeien, bawang putih bisa dioleskan langsung ke daerah yang terkena, atau dimakan secara mentah sebagai obat wasir alami.

Kulit pohon ek putih

Mungkin Anda jarang mendengar nama kulit ek putih, tapi jika Anda mencari di toko herbal, ek putih mudah ditemukan. Obat wasir alami yang satu ini berasal dari kulit kayu ek yang berwarna putih dan dikenal dengan nama Quercus alba.

Tanaman tersebut memiliki kandungan zat kuat yang berguna untuk mengobati wasir internal dan eksternal.

Kulit kayu ek putih memiliki sifat antiseptik, tonik, dan hemostatik yang mampu mengurangi gejala ambeien pada tingkatan parah, seperti sampai mengeluarkan darah.

Tingginya kandungan kalsium dan tanin dari kulit kayu ek dapat memperkuat kapiler usus dan menjaga jaringan lunak dari rektum yang terdapat pada lubang anus.

Selain itu, ekstrak kulit kayu ek putih memiliki efek pembersihan pada permukaan mukosa (selaput lendir) yang bengkak dan sakit, sehingga bisa meredakan gatal dan iritasi yang disebabkan oleh ambeien.

Kulit pohon ek putih biasanya direbus atau dikukus untuk menghasilkan cairan yang dapat dioleskan pada daerah anus yang terdapat ambeien atau dijadikan teh herbal sebagai obat hemoroid alami.

Akar batu

Akar batu juga dikenal dengan nama Collinsonia canadensis. Racikan minuman tanaman akar batu ini dapat bermanfaat untuk mengurangi ambeien dan mengurangi tekanan yang terlalu besar pada pembuluh darah pada anus.

Efek tersebut mengurangi peradangan wasir dan bahkan bisa mencegah varises.

Tanaman ini juga dikenal memiliki sifat diuretik, antioksidan, antikejang, astringent, tonik, dan sifat sedatif. Itu semua berguna untuk melindungi dan memperkuat lapisan usus serta pembuluh darah pada dinding anus.

Cara pemakaian akar batu sebagai obat wasir alami adalah dengan menggunakan ekstrak air akar batu yang telah direbus dapat dioleskan langsung pada anus yang ambeien.

Pengobatan di rumah

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi wasir.

  • Konsumsi makanan tinggi serat dan minum banyak air.
  • Duduk di bak mandi berisi air hangat selama 10 menit beberapa kali dalam sehari.
  • Banyak olahraga.
  • Jagalah agar area anus tetap bersih.
  • Jangan gunakan kertas pembersih toilet kering. Untuk menjaga kebersihan daerah anus setelah BAB, gunakan handuk kecil lembap atau kertas pembersih toilet basah yang tidak mengandung parfum atau alkohol.
  • Gunakan es. Kompres dingin anus Anda dengan menggunakan kantong es untuk meredakan bengkak.

Makanan untuk mencegah ambeien di rumah

Selain melakukan berbagai cara di atas, Anda juga dapat mengatasi ambeien (wasir) di rumah dengan memperhatikan apa yang Anda makan.

Untuk mengatasi hemoroid, pastikan makanan Anda mengandung zat gizi seperti serat dan air. Anda bisa mendapatkan keduanya dari buah dan sayur.

Beberapa sayuran yang kaya flavonoid dan serat umumnya berwarna hijau gelap.

Beberapa makanan untuk mengatasi ambeien atau mencegahnya memburuk adalah sebagia berikut.

  • Buah-buahan: apel, anggur, pisang, kurma, tomat, ceri, semangka, mentimun
  • Sayur: kentang, wortel, kembang kol, brokoli, bayam, kubis, kangkung
  • Biji-bijian: jagung, gandum, oatmeal, biskuit dan roti yang terbuat dari tepung gandum
  • Kacang-kacangan: almon, kacang polong, kacang hitam, kacang hijau, kacang lentil

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hemorrhoids. (2019). Mayo Clinic. Retrieved 21 December 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268

Hemorrhoids and What to Do About Them. (2020). Harvard Health Publishing. Retrieved 21 December 2020, from https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/hemorrhoids_and_what_to_do_about_them

Hemorrhoids. (n.d.). The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Retrieved 21 December 2020, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/hemorrhoids

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 06/09/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro