home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

8 Jenis Buah yang Mengandung Protein Tinggi

8 Jenis Buah yang Mengandung Protein Tinggi

Telur, daging, dan susu mungkin adalah yang pertama kali terlintas di pikiran ketika mendengar kata “protein”. Akan tetapi, ada banyak buah yang juga mengandung protein. Berbagai buah tinggi protein ini tentunya dapat Anda jadikan alternatif camilan yang lebih sehat dan pasti mengenyangkan. Terlebih buah-buahan juga mengandung serat yang lebih tinggi, sehingga bila dimakan secara teratur justru dapat membantu menurunkan kolesterol.

Daftar buah tinggi protein untuk camilan sore yang lebih sehat

1. Aprikot kering

Kandungan aprikot kering lebih tinggi daripada versi segarnya. Satu porsi 200 gram aprikot kering mengandung sekitar 3,4 gram, sementara dengan takaran yang sama aprikot segar hanya mengandung 2,8 gram.

2. Jambu

Buah jambu termasuk salah satu buah tinggi protein. Dalam satu porsi buah jambu menyediakan 112 kalori dan 2,6 gram protein. Selain kaya akan protein, kandungan likopen dan antioksidan dalam buah jambu juga bermanfaat sebagai antioksidan penangk kanker.

Tak hanya itu, dengan rutin mengonsumsi buah jambu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda karena kaya akan vitamin C yang bahkan lebih baik daripada jeruk.

3. Kurma

Kurma merupakan buah tinggi protein, yakni sebanyak 2,4 gr protein. Tidak hanya itu, kurma juga mengandung kalium tinggi yang membantu menghindari beberapa masalah kesehatan dan sumber serat yang baik untuk menstabilkan gula darah.

4. Alpukat

Kandungan protein dalam 100 gram alpukat bisa mencapai 2 gram. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak baik yang membantu menangkal penyakit jantung dan membuat kenyang lebih lama. Magnesium dalam alpukat yang cukup tinggi juga bermanfaat untuk meredakan ketegangan otot dan menyembuhkan kelelahan.

5. Nangka

Nangka adalah salah satu buah tinggi protein serta kaya akan zat gizi baik, diantaranya mengandung kadar protein sekitar 1,7 gr, kalium, antioksidan, serta vitamin C dan sedikit vitamin A untuk membantu tubuh melawan kerusakan radikal bebas.

6. Kismis

Per 100 gram kismis mengandung protein sebanyak 3 gram. Kismis juga kaya akan serat dan vitamin C. Dengan mengonsumsi kismis, maka asupan protein harian Anda bisa tercukupi sekaligus membantu memperlancar proses pencernaan.

7. Jeruk

Buah jeruk dapat dengan mudah Anda temui di swalayan, pasar, maupun pedagang buah. Biasanya orang mengenal buah jeruk karena tinggi akan vitamin C yang berguna untuk menyembuhkan sariawan. Tapi disamping itu manfaat lain buah jeruk bisa untuk kecantikan seperti mencegah kerusakan kulit. Per 100 gram buah jeruk mengandung 1 gram protein.

8. Pisang

Pisang kaya akan zat gizi seperti potassium dan protein. Kadar protein yang terkandung dalam 100 gram pisang adalah 1,1 gram. Manfaat lain dari pisang untuk kesehatan adalah mempertahankan berat badan sehat, menjaga sistem pencernaan bekerja optimal, dan membantu menjaga tekanan darah berkat kandungan kalium di dalamnya.

 

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

15 Fruits Highest in Protein. https://bembu.com/high-protein-fruits/ Diakses pada 22 Februari 2018.

Top 10 Fruits Highest in Protein. https://www.myfooddata.com/articles/fruits-high-in-protein.php Diakses pada 22 Februari 2018.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 21/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x