9 Manfaat Melon, dari Cegah Hipertensi Hingga Menyehatkan Mata

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Melon adalah salah satu jenis buah yang paling sering dikonsumsi sebagai makanan selingan atau penutup. Kebanyakan orang biasanya menyukai buah ini karena rasa khasnya yang manis dan menyegarkan. Padahal, melon sebenarnya memiliki banyak manfaat yang jauh lebih beragam.

Kandungan gizi melon

kandungan melon

Melon merupakan buah yang berasal dari jenis Cucumis melo. Ciri khasnya tampak pada warna kulitnya yang hijau kekuningan dan daging buahnya yang berwarna hijau terang. Selain varian ini, ada pula melon jingga yang dikenal sebagai cantaloupe.

Kandungan gizi melon termasuk yang paling beragam bila dibandingkan dengan buah-buahan sejenisnya. Buah berdaging lembut ini juga tinggi kandungan air. Bahkan, hampir 90% dari daging buah melon adalah air.

Dengan mengonsumsi sepotong melon seberat 100 gram, Anda bisa mendapatkan asupan gizi sebagai berikut.

  • Energi: 36 kkal
  • Protein: 0,5 gram
  • Lemak: 0,15 gram
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 9 gram
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,04 miligram
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,01 miligram
  • Niasin (Vitamin B3): 0,4 miligram
  • Asam pantotenat (Vitamin B5): 0,16 miligram
  • Vitamin B6: 0,09 miligram
  • Vitamin C: 18 miligram
  • Kalsium: 6 miligram
  • Besi: 0,17 miligram
  • Fosfor: 11 miligram
  • Kalium: 228 miligram
  • Natrium: 18 miligram
  • Zinc: 0,09 miligram

Khasiat melon bagi kesehatan

khasiat melon

Berkat kandungan gizinya yang sangat beragam, buah melon berpotensi memberikan manfaat berikut bagi kesehatan.

1. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi terjadi bila tubuh Anda kekurangan cairan sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya. Selain minum air putih, satu lagi cara mudah untuk mencegah dehidrasi adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi kandungan air seperti melon.

Dua potong melon mengandung 159 gram air, atau setara dengan setengah gelas air. Berbagai mineralnya pun dapat memulihkan elektrolit dalam tubuh Anda. Jadi, agar Anda tidak lagi kekurangan cairan, jangan lupa jadikan buah ini sebagai snack harian.

2. Menurunkan tekanan darah

Pola makan yang banyak mengandung sayur dan buah dapat membantu menurunkan tekanan darah serta penyakit jantung. Terlebih lagi bila makanan yang Anda konsumsi rendah natrium dan kaya akan kalium.

Natrium di dalam tubuh dapat mengikat cairan dan menambah volume darah sehingga tekanan darah menjadi naik. Kalium dalam melon dapat membantu menyeimbangkan kembali volume darah. Dengan begitu, tekanan darah berangsur menurun.

3. Melancarkan pencernaan

Buah melon dapat menjadi solusi bagi Anda yang susah buang air besar. Manfaat ini tidak lain berasal dari kandungan air dan serat pada melon. Asupan air dan serat akan membuat feses lebih berisi, tapi cukup lunak untuk dikeluarkan dari tubuh.

Kandungan serat melon memang tidak setinggi buah-buahan lain, tapi ini justru bagus untuk orang yang belum terbiasa makan makanan tinggi serat. Dengan menambah asupan serat sedikit demi sedikit, perut akan mulai terbiasa mengeluarkan feses secara teratur.

4. Memperkuat sistem imun dan mencegah infeksi

Melon mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients, vitamin C mempercepat perpindahan sel-sel imun ke area infeksi dan merangsang sel tertentu untuk memakan bakteri.

Vitamin C juga memperkuat sel imun yang melindungi jaringan tubuh dari kerusakan selama melawan kuman. Agar sistem imun Anda lebih kuat dan tubuh senantiasa terlindungi dari infeksi, makanlah setidaknya satu potong melon setiap hari.

5. Membuat kulit lebih cerah dan kenyal

Jika Anda ingin mencerahkan kulit secara alami, cobalah mengonsumsi melon setiap hari. Melon mengandung vitamin C yang penting untuk pembentukan kolagen. Kolagen adalah protein yang menyusun, memelihara, dan memperbaiki jaringan kulit Anda.

Selain itu, vitamin C pada melon juga memiliki khasiat sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan akan melindungi sel kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas. Hasilnya, kulit pun tetap kenyal, sehat, dan cerah.

6. Membuat tidur lebih nyenyak

Melon mengandung vitamin B6 yang membantu merangsang pembentukan serotonin. Serotonin adalah zat kimia otak dengan banyak fungsi, di antaranya membuat mood stabil, menimbulkan rasa bahagia, dan membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Vitamin B6 juga memicu produksi melatonin, hormon yang membuat Anda mengantuk pada malam hari. Jadi, jika Anda memiliki masalah tidur, mungkin Anda bisa mencoba mengonsumsi beberapa potong melon sebelum memilih untuk minum obat tidur.

7. Memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil

Selama kehamilan, ibu memerlukan asupan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari biasanya. Ibu hamil mungkin juga sedang tidak berada pada kondisi terbaiknya karena sistem imun yang cenderung lebih lemah.

Buah melon memiliki sejumlah manfaat bagi ibu selama hamil. Kalium pada buah ini membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung, vitamin C memperkuat sistem imun, dan vitamin B6 mendukung pertumbuhan tulang belakang janin.

8. Membantu mengontrol gula darah

Walaupun rasanya manis, melon termasuk buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Ini karena kandungan air dan serat pada melon memperlambat penyerapan gula dalam tubuh sehingga mencegah kenaikan gula darah dengan cepat.

Sebuah laporan studi di Tiongkok pun menyebutkan, konsumsi buah secara rutin bisa menurunkan risiko diabetes sebesar 12 persen. Pada penderita diabetes, kebiasaan sehat ini juga dapat menurunkan risiko komplikasi pada jantung, ginjal, dan saraf.

9. Menyehatkan mata

Tak kalah dari wortel, buah melon ternyata juga berpotensi menyehatkan mata Anda. Manfaat melon yang satu ini berasal dari lutein dan zeaxanthin. Keduanya tergolong sebagai karotenoid, yakni zat yang merupakan bahan baku vitamin A.

Lutein dan zeaxanthin juga merupakan antioksidan yang mampu melindungi jaringan mata. Perlindungan ini mungkin dapat mengurangi risiko kerusakan mata akibat sinar matahari, pertambahan usia, dan lingkungan.

Melon adalah buah dengan khasiat yang beragam, dari menyehatkan mata, mencegah dehidrasi, hingga meningkatkan kualitas tidur. Anda bahkan tak perlu repot mengolah buah ini untuk mendapat manfaatnya. Cukup jadikan melon sebagai camilan harian Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bahaya Mie Instan Jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Mie instan mungkin makanan favorit masyarakat Indonesia, terutama anak kos di akhir bulan. Namun, tahukah Anda bahaya makan mie instan?

Ditinjau oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Tikus terkenal sebagai hewan yang jorok karena bisa menyebabkan penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh tikus yang perlu diwaspadai.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Pernahkah Anda tiba-tiba mengeluarkan air mani meski tak menerima rangsangan apapun? Berikut ini penjelasannya secara medis.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Beberapa orang memilih bleaching untuk memutihkan gigi. Namun adakah efek bleaching gigi yang perlu diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit


Direkomendasikan untuk Anda

tidak tumbuh jenggot dan kumis

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
obat sariawan

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
sakit kepala setelah cabut gigi

Kenapa Bisa Sakit Kepala Setelah Cabut Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
manfaat yoga untuk kesehatan

Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fitriana Deswika
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit