home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Vitamin B3 Termasuk Manfaat dan Sumber Makanannya

Mengenal Vitamin B3 Termasuk Manfaat dan Sumber Makanannya

Termasuk jenis vitamin larut air, vitamin B3 alias niasin (niacin) menawarkan ragam manfaat untuk tubuh. Vitamin B kompleks ini tidak hanya mengubah makanan menjadi energi, tapi juga kaya khasiat. Perdalam informasi seputar vitamin B3 berikut ini.

Apa itu vitamin B3?

Vitamin B3 adalah jenis vitamin B kompleks yang dapat Anda jumpai di beberapa makanan. Selain itu, vitamin ini biasanya dimasukkan ke dalam makanan tertentu dan bisa Anda konsumsi sebagai suplemen.

Ada dua jenis niasin yang paling umum, yakni asam nikotinat dan nicotinamida. Bila Anda mengonsumsi niacin terlalu banyak, tubuh akan mengeluarkannya melalui urine karena vitamin ini larut di dalam air.

Sama seperti jenis vitamin B lainnya, niasin bekerja sebagai koenzim bersama dengan lebih dari 400 enzim lainnya. Dengan begitu, fungsi vitamin B3 pun berjalan dengan baik, yakni mengubah makanan menjadi energi.

Kebutuhan harian vitamin B3

Setiap orang membutuhkan vitamin B3. Namun, terlalu banyak mengonsumsi vitamin tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Itu sebabnya, Anda perlu mengetahui dahulu berapa kebutuhan harian niasin agar fungsi tubuh berjalan dengan baik.

Berikut ini angka kebutuhan niasin harian pada orang dewasa menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

  • Pria (18 s/d 60 tahun): 16 mg
  • Wanita (18 s/d 60 tahun): 14 mg

Bila ragu, tanyakan kepada dokter atau ahli gizi terkait kebutuhan vitamin harian sesuai dengan kondisi Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengatur pola makan dengan baik untuk memenuhi kecukupan niasin.

Fungsi vitamin B3

ciri kulit sehat

Setelah mengenali berapa banyak kebutuhan harian niasin Anda, jangan lupa untuk mencari tahu apa saja fungsinya. Fungsi vitamin B3 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan manfaat vitamin B kompleks lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat niasin yang tentu sayang Anda lewatkan.

1. Membantu mengendalikan kolesterol

Salah satu fungsi vitamin B3 yaitu membantu mengendalikan kolesterol. Para peneliti percaya bahwa niasin dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Hanya saja, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen niasin, terutama ketika menjalani pengobatan kolesterol tinggi.

2. Mengurangi risiko diabetes

Berkat khasiat vitamin B3 yang membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL), risiko penyakit diabetes pun ikut berkurang. Pasalnya, vitamin ini membantu menyeimbangkan kadar kolesterol yang bisa menjadi penyebab diabetes.

Meski begitu, vitamin ini disinyalir dapat meningkatkan kadar gula darah (glukosa). Namun, para ahli menyimpulkan bahwa jenis vitamin ini masih aman digunakan para penderita penyakit diabetes.

15 Pilihan Makanan dan Minuman untuk Diabetes, Plus Menunya!

3. Meningkatkan fungsi otak

Nyatanya, otak manusia membutuhkan vitamin B3 sebagai bagian dari koenzim NAD dan NADP. Keduanya diperlukan untuk memperoleh energi sehingga fungsi otak berjalan dengan baik.

Tidak hanya itu, niasin juga telah terbukti dapat membantu mengatasi gangguan skizofrenia. Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam Shanghai archives of psychiatry.

Para peneliti dalam studi ini mengungkapkan bahwa vitamin ini dapat membantu memperbaiki kerusakan sel otak. Maka dari itu, niasin diperlukan guna mencegah terjadinya kerusakan pada otak.

4. Memperlambat proses penuaan

Bila ingin awet muda, usahakan untuk memenuhi kebutuhan niasin harian Anda. Pasalnya, vitamin B3 digadang-gadangkan dapat memperlambat proses penuaan. Bagaimana bisa?

Pada saat tubuh mendapatkan niasin, vitamin ini akan diubah menjadi dua bentuk yang berbeda, yakni nikotinamida adenin dinukleotida (NAD) dan nikotiniamida dinukleotida fosfat (NADP).

Kedua bentuk niacin tersebut mampu menjadi antioksidan kuat yang dapat melindung tubuh dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, bentuk vitamin ini juga menghasilkan energi yang dibantu oleh sirtuin.

Sirtuin memiliki kemampuan untuk memperlambat sejumlah gen dalam tubuh yang berkontribusi terhadap proses penuaan.

Ragam Jenis Vitamin untuk Kulit Sehat, Cerah, dan Awet Muda

5. Memelihara kesehatan kulit

Selain memperlambat proses penuaan, manfaat lainnya vitamin ini yang tak boleh Anda lewatkan yaitu menjaga kesehatan kulit.

Menurut penelitian dari Photochemical & photobiological sciences, niacin membantu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Hal ini ternyata bisa Anda peroleh baik melalui konsumsi suplemen atau dioleskan sebagai losion.

Tidak heran bila Anda sering menemukan beberapa produk perawatan kulit yang mengandung niacin mengingat manfaat yang diberikan.

Sumber vitamin B3

Kabar baiknya, Anda bisa menemukan niasin dalam sejumlah makanan. Selain itu, ada beberapa makanan yang diperkaya oleh niasin.

Beberapa jenis makanan yang menjadi sumber vitamin ini antara lain:

  • protein hewani, seperti ayam, daging sapi, dan ikan,
  • kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian, serta
  • roti dan sereal yang diperkaya oleh niasin.

Efek samping niacin

Jenis vitamin B kompleks yang ada dalam makanan ini memang terbilang aman. Namun, suplemen niasin yang mengandung lebih dari 30 mg asam nikotinat dapat menimbulkan masalah kulit, seperti ruam dan gatal pada kulit.

Terlebih bila Anda mengonsumsi asam nikotinat sebagai obat dalam dosis 1.000 mg atau lebih dalam satu hari, ada beberapa efek samping yang muncul, seperti:

Vitamin B3 memang penting bagi tubuh. Namun, selalu diskusikan dengan dokter kebutuhan harian vitamin yang diperbolehkan. Hal ini terutama berlaku pada orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau tengah menjalani pengobatan.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Niacin. (n.d). National Institute of Health. Retrieved 25 March 2021, from https://ods.od.nih.gov/factsheets/Niacin-HealthProfessional/ 

Damian D. L. (2010). Photoprotective effects of nicotinamide. Photochemical & photobiological sciences : Official journal of the European Photochemistry Association and the European Society for Photobiology, 9(4), 578–585. https://doi.org/10.1039/b9pp00146h. Retrieved 25 March 2021. 

Wang, W., & Liang, B. (2012). Case report of mental disorder induced by niacin deficiency. Shanghai archives of psychiatry, 24(6), 352–354. https://doi.org/10.3969/j.issn.1002-0829.2012.06.008. Retrieved 25 March 2021. 

Niacin – Vitamin B3. (n.d). Harvard University. Retrieved 25 March 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/niacin-vitamin-b3/ 

Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia. (2019). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia [PDF File]. Retrieved 25 March 2021, from http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi pada 11/04/2021
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x