6 Tanda Hamil yang Mungkin Mengejutkan Anda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum.

Mual dan muntah serta telat datang bulan adalah gejala hamil yang paling umumgejala hamil yang paling umum terjadi. Biasanya tanda-tanda ini sudah muncul bahkan jika usia kehamilan Anda baru dua minggu. Itu karena segera setelah sel telur Anda dibuahi, tubuh akan mulai mengalami berbagai perubahan untuk menyesuaikan diri. Meski begitu, ada berbagai tanda hamil lainnya yang mungkin tidak pernah Anda sadari sebelumnya.

Berbagai tanda hamil yang sudah umum

Ciri hamil yang biasanya terjadi pada wanita ternyata tak hanya telat haid saja, tapi berikut adalah gejala lainnya:

  • Payudara nyeri dan membengkak. Perubahan hormon pada awal kehamilan bisa membuat payudara Anda melunak, sensitif, atau sakit. Payudara Anda juga bisa terasa lebih penuh dan berat.
  • Mual, dengan atau tanpa muntah. Morning sickness, yang bisa menyerang setiap saat, baik siang atau pun malam, kadang-kadang dimulai paling awal tiga minggu setelah pembuahan. Penyebab mual selama kehamilan masih belum jelas, tapi hormon kehamilan mungkin menjadi penyebabnya. Wanita hamil juga mungkin mendapati bahwa aroma yang sebelumnya tidak pernah mengganggu akan menyebabkan mual.
  • Sering buang air kecil. Anda bisa saja mendapati diri Anda buang air kecil lebih sering daripada sebelumnya.
  • Merasa lebih lelah. Rasa lelah juga menduduki peringkat tertinggi dari gejala awal kehamilan. Selama awal kehamilan, tingkat hormon progesteron melambung. Hal inilah yang dapat membuat Anda mengantuk.
  • Hilang nafsu makan atau malah mengidam. Saat Anda hamil, Anda mungkin mendadak malah tidak menyukai beberapa makanan. Mengidam juga merupakan hal yang umum. Seperti kebanyakan gejala kehamilan yang lain, keinginan makan makanan tertentu ini mungkin berhubungan dengan perubahan hormon.

tanda-tanda kehamilan selain telat haid

Tanda-tanda hamil yang tidak banyak orang tahu

Selain tanda-tanda yang sudah diketahui banyak orang seperti yang disebutkan di atas, ada juga beberapa gejala yang mungkin Anda tak sadar bahwa itu berhubungan dengan kehamilan. Apa saja tanda hamil yang tak banyak orang tahu?

1. Perdarahan vagina

Terkadang bercak atau perdarahan dari vagina merupakan salah satu tanda awal kehamilan, yang dikenal sebagai perdarahan implantasi. Implantasi terjadi saat telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim yaitu sekitar 10 sampai 14 hari setelah pembuahan. Umumnya, kondisi ini berlangsung dalam durasi yang singkat dan terjadi di waktu yang sama saat menstruasi Anda seharusnya terjadi. Namun, perdarahan implantasi biasanya jauh lebih ringan dari perdarahan menstruasi.

2. Kram perut

Beberapa wanita mengalami kram ringan pada rahim saat awal kehamilan. Meski kadang hal ini kerap kali membingungkan para wanita, karena hampir mirip dengan gejala PMS.

3. Perubahan mood

Meluapnya jumlah hormon dalam tubuh di awal masa kehamilan dapat membuat Anda menjadi luar biasa emosional dan cengeng. Perubahan suasana hati juga merupakan hal yang biasa dalam awal masa kehamilan.

4. Pusing

Kehamilan menyebabkan pembuluh darah Anda melebar dan tekanan darah Anda menurun. Akibatnya, Anda mungkin akan sering merasa pusing dan sakit kepala.

5. Sembelit

Perubahan hormon dapat memperlambat kerja sistem pencernaan Anda. Hal ini kemudian menyebabkan Anda susah buang air besar dan jadwal BAB jadi kacau.

6. Suhu tubuh tinggi

Suhu tubuh basal, alias suhu tubuh, saat baru saja bangun di pagi hari dapat memberikan petunjuk awal dari kehamilan. Suhu tubuh basal akan sedikit meningkat setelah ovulasi dan menetap pada suhu yang sama sampai menstruasi berikutnya.

Jika Anda telah mengukur suhu tubuh basal Anda untuk menentukan kapan Anda berovulasi, dan setelah dua minggu kemudian suhu tubuh Anda masih terus naik, ini dapat menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil.

Sayangnya, tanda dan gejala ini tidak selalu berarti Anda hamil. Beberapa gejala di atas juga dapat berarti Anda akan sakit atau baru akan menstruasi. Begitu juga sebaliknya. Anda bisa hamil tanpa mengalami tanda-tanda dan gejala apapun.

Namun, jika Anda telat datang bulan sekaligus merasakan beberapa gejala di atas, mungkin ini saatnya Anda melakukan tes kehamilan di rumah, terutama jika Anda tidak mencatat siklus menstruasi Anda atau jika siklus menstruasi Anda bervariasi dari satu bulan ke bulan yang lain. Jika hasil dari tes kehamilan yang Anda lakukan di rumah adalah positif, berkonsultasilah dengan dokter Anda. Semakin cepat kehamilan Anda dipastikan, semakin cepat Anda dapat mulai perawatan prenatal.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca