Biasanya, Kapan Ibu Hamil Mulai Merasakan Ngidam?

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/05/2019 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Hampir semua ibu merasakan ngidam saat hamil. Mulai dari ingin makan buah masam, sampai makanan yang tidak disukai. Fenomena ini pasti membuat para calon ibu jadi manja pada suami karena keinginannya pada makanan tertentu harus dituruti. Sebenarnya, kapan ngidam saat hamil terjadi? Apakah ngidam selalu harus dituruti? Cari jawabannya pada ulasan berikut ini.

Kenapa, sih, ibu hamil suka ngidam?

Ngidam adalah istilah untuk menggambarkan kondisi ibu hamil yang menginginkan makanan atau minuman tertentu. Kondisi ini tidak diketahui secara pasti penyebabnya, Namun, para ahli kesehatan sepakat bahwa perubahan hormon yang terjadi sangat cepat selama kehamilan adalah salah satu faktor penyebabnya.

Selain perubahan hormonal, tubuh ibu hamil bekerja ekstra untuk memproduksi lebih banyak dan lebih cepat darah kemungkinan juga berpengaruh pada ngidam saat hamil.

“Tidak ada yang tahu kenapa ibu hamil mengalami ngidam. Meski ada teori yang menjelaskan bahwa ngidam menandakan bahwa tubuh sang ibu kekurangan nutrisi tertentu saat hamil”, ungkap Andrei Rebarber, MD, Direktur Divisi Kesehatan Ibu dan Janin di NYU Medical Center, New York, seperti dikutip dari WebMD.

Studi lain yang dipimpin oleh Valerie Duffy, PhD, dari University of Connecticut menunjukkan bahwa keinginan ibu hamil untuk makan sesuatu yang rasanya asam, manis, asin, dan pahit kemungkinan menandakan tubuh membutuhkan tambahan kalori, vitamin, natrium, dan nutrisi lainnya pada makanan. Fenomena ini mungkin pernah Anda lihat, ketika ibu hamil sangat ingin makan buah-buahan yang rasanya asam.

Kapan ngidam saat hamil ini akan terjadi?

Rata-rata ibu hamil akan merasakan ngidam di awal pada trimester pertama. Fantasi terhadap makanan tertentu ini, dapat memuncak ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua.

Untungnya, kondisi ini akan mulai membaik setelah kehamilan memasuki trimester ketiga. Jadi, ibu hamil tidak perlu khawatir karena kondisi ini hanya akan terjadi selama masa kehamilan saja.

Apakah ngidam harus selalu dituruti?

Meski hamil membuat kebutuhan nutrisi meningkat, bukan berarti ibu hamil dapat makan apa saja tanpa aturan. Malah sebaliknya, ibu hamil harus ekstra hati-hati untuk mengelola nafsu makan dan membatasi porsi makanan tertentu. Pasalnya, mengonsumsi sesuatu secara berlebihan tentu tidak akan baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Berat badan dan tekanan darah bisa naik jika ibu hamil menuruti keinginan untuk makan makanan manis atau asin tanpa aturan. Dua kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes gestasional dan juga hipertensi.

Ngidam yang boleh dituruti adalah keinginan makan buah, sayur, dan makanan sehat lainnya. Namun, khusus untuk produk susu, ibu hamil harus memilih susu yang dipasteurisasi untuk mencegah terjadinya keracunan. Sementara untuk cokelat, es krim, atau kentang goreng oleh saja dikonsumsi namun porsinya harus dibatasi.

Yang perlu diwaspadai adalah ngidam sesuatu yang bukan makanan. Kondisi ini disebut juga dengan pica, yaitu keinginan untuk makan kotoran, sabun, atau benda lain yang bukan makanan karena berpotensi menyebabkan keracunan. Termasuk juga dengan alkohol atau obat-obatan tertentu. Bila kondisi ini terjadi pada Anda, segera periksa ke dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13/06/2020 . 6 mins read

Apa Akibatnya pada Janin Jika Ibu Merokok Saat Hamil?

Merokok saat hamil adalah ancaman nomor satu untuk kesejahteraan anak. Ada hubungan antara ibu perokok dan anak berbibir sumbing. Masih kurang seram?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Bukanlah hal yang mustahil jika Anda ingin segera kembali hamil setelah mengalami keguguran, tapi ketahui dulu beberapa hal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kesuburan, Kehamilan 18/05/2020 . 5 mins read

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 9 mins read
tidak cepat lapar

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . 5 mins read
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 mins read
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . 5 mins read