Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Garis Samar pada Test Pack, Apakah Saya Hamil?

Garis Samar pada Test Pack, Apakah Saya Hamil?

Saat telat haid, melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack jadi salah satu kunci untuk menjawab kegundahan. Namun, ada kalanya hasil test pack tersebut tidak jelas atau samar. Apa sebenarnya arti garis samar pada test pack? Apakah Anda sebenarnya hamil atau tidak? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Mengenal dua garis dalam test pack

Salah satu tanda kehamilan yang bisa Anda rasakan adalah telat haid atau menstruasi.

Maka dari itu, sebagian besar wanita biasanya melakukan tes kehamilan sendiri dengan test pack setelah menyadari bahwa ia mengalami terlambat haid yang cukup lama.

Test pack itu sendiri digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam tubuh wanita.

Hormon hCG merupakan satu-satunya hormon yang hanya berkembang selama kehamilan. Ini artinya, wanita disebut positif hamil bila di dalam tubuhnya terdeteksi hormon tersebut.

Bila hormon hCG terdeteksi, alat test pack yang Anda gunakan akan menunjukkan tanda bahwa Anda positif hamil. Tanda ini biasanya berupa dua garis atau simbol plus pada layar alat Anda.

Di antara dua garis tersebut, salah satunya disebut dengan indikator atau garis kontrol. Indikator ini umumnya akan muncul terlebih dahulu saat pengujian dilakukan.

Fungsinya untuk memberi tahu Anda bahwa tes telah bekerja dengan benar. Jika hasilnya positif hamil, garis kedua atau yang disebut dengan garis tes akan muncul setelahnya.

Namun, jika hasilnya tidak hamil, garis tes ini tidak muncul. Pada layar alat, hanya ada satu garis atau simbol minus yang muncul bila hasilnya Anda negatif hamil.

Apa artinya garis samar pada hasil test pack?

arti garis samar pada test pack

Walaupun test pack menunjukkan hasil dua garis, ada kalanya satu garis terlihat jelas sedangkan satu garis setelahnya atau garis kedua terlihat samar.

Hal ini tentu membuat beberapa wanita bingung, apakah dirinya positif hamil atau tidak dengan hasil tes tersebut.

Nah, faktanya, hasil test pack yang tidak jelas ini bisa menunjukkan beragam arti. Apa saja itu? Berikut adalah beberapa kemungkinan mengapa garis dari hasil test pack Anda terlihat samar.

1. Positif hamil

Meskipun salah satu garis pada test pack terlihat samar, peluang kehamilan tetap ada.

Dalam kasus ini, hasil garis atau tanda yang samar terjadi karena kadar hormon kehamilan atau hormon hCG dalam tubuh Anda masih tergolong rendah.

Itulah mengapa beberapa ahli menyarankan untuk melakukan tes kehamilan sampai hari pertama menstruasi Anda benar-benar terlewat.

Hal ini untuk memastikan bahwa hormon hCG dalam tubuh sudah memasuki aliran darah dan urine agar terdeteksi lebih tepat oleh alat test pack.

Mayo Clinic menyebut, pada masa awal kehamilan, hormon hCG memang mengalami peningkatan dengan cepat hingga dua kali lipat setiap dua hingga tiga hari.

Semakin dini Anda melakukan tes kehamilan di rumah, semakin sulit alat test pack dapat mendeteksi hormon hCG dalam tubuh Anda.

2. Mengalami keguguran

Selain kehamilan, hasil garis kedua yang samar pada test pack juga dapat menjadi salah satu tanda bahwa Anda mengalami keguguran.

Mengapa saat keguguran hasil test pack garis kedua terlihat samar? Hal ini terjadi karena kemungkinan dalam tubuh Anda masih tersisa hormon kehamilan walaupun hanya sedikit.

Sisa jaringan akibat keguguran pun mungkin masih berada di dalam rahim atau belum keluar, sehingga masih terdeteksi positif oleh alat test pack Anda.

Itulah mengapa wanita yang mengalami keguguran biasanya akan diminta untuk melakukan test pack kembali setidaknya tiga minggu setelah keguguran terjadi.

Hal ini untuk memastikan apakah sisa jaringan sudah keluar secara alami atau perlu tindakan medis, seperti obat-obatan atau operasi, untuk mengeluarkannya.

Selain keguguran, hasil test pack satu garis jelas sedangkan satu garis samar juga mungkin terjadi karena kondisi lainnya, seperti kehamilan ektopik atau masalah pada ovarium Anda.

3. Masalah lainnya

Penyebab lainnya yang dapat membuat hasil garis samar adalah alat test pack yang rusak hingga kedaluwarsa.

Oleh karena itu, perhatikan kembali alat tes kehamilan yang Anda miliki sebelum menggunakannya karena bisa menjadi salah satu kesalahan penggunaan test pack.

Tak hanya itu, obat kesuburan atau obat lainnya dengan kandungan hCG juga bisa memengaruhi hasil tes seperti garis samar.

Selain itu, penggunaan pil KB juga kerap menjadi penyebab hasil test pack samar meski jarang terjadi.

Apa yang harus Anda lakukan saat muncul garis samar pada test pack?

hal yang dilakukan saat mengalami garis samar pada test pack

Apabila Anda tidak merasa yakin dengan hasil test pack pada garis kedua yang terlihat samar, tidak ada salahnya untuk melakukan tes ulang.

Namun, sebaiknya lakukan tes dalam beberapa hari untuk memberikan jeda sekaligus memastikan tubuh memang sedang memproduksi hormon hCG.

Jika pada beberapa hari setelahnya Anda juga tidak mengalami menstruasi tetapi hasil test pack tetap samar, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Mungkin dokter akan melakukan USG kandungan untuk memastikan kehamilan Anda apakah benar di rahim dan apakah sudah mulai terlihat kantong gestasi.

Ini perlu Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Apalagi, selain melakukan tes urine, dokter juga bisa melakukan tes darah untuk memastikan kehamilan.

Begitu juga saat tes kehamilan menunjukkan hasil negatif, tetapi Anda tidak juga mengalami menstruasi. Periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan jawaban yang tepat.


Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Symptoms of pregnancy: What happens first. (2022). Retrieved 12 April 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853

Pregnancy Test Information. (2022). Retrieved 12 April 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9703-your-guide-to-pregnancy-tests#hic-home-pregnancy-test

Home pregnancy tests: Can you trust the results?. (2022). Retrieved 12 April 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/home-pregnancy-tests/art-20047940

Miscarriage: Signs, Symptoms, Treatment and Prevention. (2022). Retrieved 12 April 2022, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-complications/signs-of-miscarriage-916/

Pregnancy Test Instructions | Time to Conceive. (2022). Retrieved12 April 2022, from https://www.med.unc.edu/timetoconceive/study-participant-resources/pregnancy-test-instructions

When to Take a Pregnancy Test | Options, Cost and Accuracy. (2022). Retrieved 12 April 2022, from https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pregnancy-tests

Miscarriage – What happens. nhs.uk. (2022). Retrieved 12 April 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/miscarriage/what-happens/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 2 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Amanda Rumondang Sp.OG